Jika elmuha diberi kesempatan untuk memilih 3 motor touring terbaik berbagai jenis, motor apa saja yang akan saya pilih? Jawabannya ada di penutup artikel ya.

Sebelum elmuha beritahu motor touring impian, yuk simak dulu, ada motor apa saja yang cocok dan mantap abis buat dibawa touring motor jarak jauh? Dan biar fair, elmuha katakan lagi bahwa semua motor itu pada dasarnya bisa dan cocok2 saja buat touring jarak jauh.

Hanya, kalau misalnya lebih fokus untuk touring, maka pilihan di bawah ini bisa menjadi pilihan. Sesuaikan dengan prioritas juga. Misalnya begini,

Untuk menghajar jalur pantura maupun jalur selatan Jawa, elmuha prefer motor sport non-fairing sih tetap saja. Walau matic praktis banget dan gak pegel, tapi kenikmatan motor manual itu dibutuhin banget untuk menembus jalur selatan yang mulus banget itu. Sepertinya kurang nikmat kalau pakai motor matic. Namun,

Untuk sehari-harinya akan butuh motor matic. Sehingga, kalau disyaratkan hanya boleh punya satu motor untuk semua kebutuhan, maka pilihannya mungkin akan condong ke motor matic agak gede seperti NMAX dan PCX. Syukur2 bisa XMAX dan Forza ๐Ÿ˜€ Eh, enggak juga ding.

Kalau punyanya itu XMAX atau Forza, maka gak bisa cuma punya satu motor. Minimal harus ada matic kecil lagi.. hehe. ya kan? ya kan?

Yasudah, mari kita coba bahas lebih detail per masing-masing motor touring pilihan terbaik berikut.

Di sini akan kita batasi, hanya dari merk terpopuler dan kelas maksimalnya adalah 250cc.

Motor Touring Terbaik dari HONDA

Motor Touring Terbaik Honda ADV150

  • Honda PCX150 (30-33 jutaan)
  • Honda ADV150 (35-38 jutaan)
  • Honda Forza (84 juta)

Untuk 3 motor di atas kita jadikan satu penjelasan saja kali ya. Mirip2 kan?

Bagi kalian pecinta merk Honda, dan sukanya motor matic, pilihan idealnya itu menurut elmuha adalah Honda ADV150, karena kita sedang ngomongin touring. Udah tau kan? Bahwa lubang di jalur Pantura, atau tembusan dari Selatan ke Utara, itu banyak lubang? Nah, travel suspension dari ADV150 yang lebih panjang itu bakal bermanfaat banget. Ukuran ADV150 memang agak2 jumbo sih, tapi masih bisa lah buat jadi kendaraan tempur sehari-hari juga. Kalau Forza itu gede bingit, nikmat banget pasti buat touring, tapi ya begitu, mihil ๐Ÿ˜€

Motor Touring Terbaik Honda Forza

Lalu PCX150, hmm… tetap saja menjadi pilihan masuk akal kalau kalian butuh motor yang “standar” gak mencolok2 amat untuk kendaraan sehari-hari. Desainnya lebih bisa diterima banyak kalangan, Forza juga sih, tapi gede Forza mah, jinjit ๐Ÿ™

Soal mesin, ketiganya cukup lah ya. Tapi PCX dan ADV katanya ada keluhan kurang narik, atau ada bunyi2? Ya itu ada solusinya, cukup mudah. Ganti roller, dll… Gak mahal.

Kelebihan motor matic di atas, selain kenyamanan karena gak cape narik kopling, adalah kemudahan bawa barang karena bagasinya gede, serta kapasitas tangki bahan bakar yang di atas standar motor matic, jadi lebih tentram andai harus lewatin jalur yang minim SPBU atau penjual bensin eceran. Posisi kaki yang bisa lebih selonjoran juga ngebantu bikin kita gak gampang lelah.

  • Honda CB150 Verza (20 jutaan)
  • Honda CB150R Street Fire (28-29 jutaan)
  • Honda CRF250 Rally (83 jutaan)

Motor Touring Terbaik Honda CRF250 Rally

Mesin Verza saya belum pernah nyobain ๐Ÿ™ tapi katanya mirip2 MegaPro gak sih? Ya enak lah ya buat touring2 ke dataran tinggi yang naik turun gitu.. CB150R juga enak mesinnya.. Tapi yang spesial tu tentu saja CRF250 Rally, spesial banget sampai2 aku sama sekali tak ingin memilikinya, jinjit super balet.

Ngebahas tiga motor ini gak bisa panjang2 ya sepertinya. Yaudah pokoknya begitulah, motor laki, mesin cukup, dan bandel2 juga. Kita pindah ke Yamaha, sedulurnya ELMUHA.

Motor Touring Terbaiknya YAMAHA

Motor Touring Terbaik Yamaha NMax

  • Yamaha NMAX (30-34 juta)
  • Yamaha XMAX (61 jutaan)

Alasan kenapa dua motor matic ini masuk dalam daftar motor touring terbaik mirip dengan alasan PCX dan Forza ya. Praktis, mesin cukup, bagasi lega, dan nyaman ergonominya.

Saya juga jadi ngidam Yamaha XMAX gara-gara terbuai kecantikan headlamp dan stoplamp-nya, hahaha. Not to mention, bagasi yang lega bingits.

Motor Touring Terbaik Yamaha XMAX

Pernah juga touring jarak sedang pakai Yamaha NMAX dan ya memang gak pegel si yah.. Level pegelnya tuh berkurang signifikan dibanding pakai motor sport atau matic kecil. Gak heran da kalau akhirnya motor matic medium tu tambah diminati.

  • Yamaha VIXION (28-31 jutaan)
  • Yamaha XSR155 (36 jutaan)
  • Yamaha MT25 (55 jutaan)

Motor Touring Terbaik Yamaha Vixion

Vixion tetap di hati, hahaha. Tapi kalau sekarang si mesti Vixion R yah. Hmm… agak ngeselin si Yamaha tuh, tapi yaudahlah.

Motor Touring Terbaik Yamaha XSR155

Vixion tu enak. udah, titik! Hahaha.

Yamaha XSR155 tentu lebih mantap lagi meskipun riding ergonomic-nya beda ya ama Vixion. Yang jelas, desain retro modern-nya memikat banget, dan pasti cakep buat foto instagram di tepi jalan atau jurang gitu kan.

Motor Touring Terbaik Yamaha MT25

Lalu kalau butuh yang lebih garang, tentu saja bisa pilih MT-25. Mesin dua silinder 250 cc meskipun gak sekencang punyanya CBR250RR, tetep aja, kenceng bingit.. Tapi pengeluaran BBM bisa dua kali lipatnya Vixion/XSR155. Ya konsekuensi.

Motor Touring Terbaik SUZUKI

Motor Touring Terbaik Suzuki GSX150 Bandit

  • Suzuki GSX150 Bandit
  • Suzuki Inazuma

Suzuki pernah punya Inazuma, salah satu motor favorit untuk touring. Tapi udah discontinue ya kan ya?? Beli bekas bisa.. Harga pasaran bekas Inazuma saat ini mulai 26 juta hingga 40 jutaan rupiah. Tergantung tahun dan kondisi.

Inazuma 250

Suzuki Global punya V-Strom 250, tapi gak dimasuk2in ke Tanah Air ama Suzuki Indonesia. Padahal guanteng banget.

Suzuki-V-Strom-250
V-Strom 250!

Suzuki GSX150 Bandit bisa dijadiin pilihan masuk akal bagi kalian pecinta Suzuki. Mesinnya enak, riding ergonomic juga nyaman.. Dan memang motor ini sepertinya ditujukan juga ke yang hobi touring.

Motor Touring Terbaiknya KAWASAKI

Motor Touring Terbaik Kawasaki W175

  • Kawasaki W175 (30 juta)
  • Kawasaki W250 (75 juta)
  • Kawasaki Versys 250 (64 juta)

Motor Touring Terbaik Kawasaki W250

Soal macho-machoan, Kawasaki rajanya da kalo di Indonesia. Mau yang terjangkau ada W175, ngganteng. Mau yang lebih ganteng ada W250 alias Estrella. Atau yang beneran didesain buat touring motor yang rada ajrut2an, maka sudah ada Versys-X 250, dua silinder mesinnya.

Motor Touring Terbaik Kawasaki Versys-X 250

Versys-X 250 ini memang satu-satunya motor touring sejati ya di kelas 250cc ke bawah. Ketangguhan mungkin kalah dari CRF250 Rally, tapi Versys-X 250 lebih ramah bagi yang tinggi badan pas2an.

Baiklah, tiba di bagian kesimpulan. Menjawab pertanyaan, jika disuruh pilih 3 motor touring terbaik berbagai jenis.. Mana yang dipilih? Maka, saya akan pilihย Forza/ADV250, MT25/XSR250, dan W250/Versys 250.

Jadi, ADV250 dan XSR250 kan belum ada.. Jadi, saya pilih Forza, MT25, dan W250.

Tapi kalau ADV250 dan XSR250 udah ada, maka, pilihannya menjadi ADV250, XSR250, dan Versys 250. Begitu ๐Ÿ˜€

Tapi kalau hanya satu yang boleh dipilih, maka antara ADV150, XSR155, dan W250 sih. Berhubung W250 tu agak serius harganya, yaudah dicoret saja. Jadi, antara ADV150 atau XSR155, atau dua2nya??

LEAVE A REPLY