Honda ADV150 nampaknya berhasil memukau jutaan rakyat Indonesia. Dan memang seharusnya begitu.
Kelebihan Honda ADV150 stang siap touring

Honda ADV150 membawa hampir semua hal yang membuat sempurna sebuah motor di kelas ini. Tentu bukan tanpa kekurangan. Namun karena tidak ada rival setara, maka Honda ADV150 adalah pilihan terbaik saat ini.

Meskipun melenggang sendirian, namun beberapa motor di “sekitarnya” akan kena imbas, sebut saja; Nmax, PCX, CB150, Vixion, CBR150R, GSX150, dan R15. Kok motor sport ikut2an?

Kalau satu motor sudah bisa meng-cover semua kebutuhan, kenapa harus punya dua atau tiga ya kan.

Lihat juga: Foto2 detail Honda ADV150Harga & Spesifikasi Honda ADV150

Jadi, apa saja kelebihan Honda ADV150?

Pertama; paling mudah… adalah……

Honda ADV150 2019

DESAIN ADV150 CAKEP!

Kalau pertama kali melihat bisa langsung suka, berarti emang motor cakep. Honda ADV150 ini punya tampang yang sporty abis, sedikit mencomot dari desain dual headlights CBR yang kekinian (intip CBR650R dan CBR500R).

Namun desain sporty ini ada kelemahannya; kadang kurang long-last. Alias, lebih cepat untuk terlihat membosankan.

Keunggulan Honda ADV150 desain lampu rem

Untungnya, Honda ADV150 ini gak cuma sporty, tapi juga ganteng, gahar, kekar, dan modern banget. Terutama stop lamp-nya 😀

Knalpotnya juga gak perlu diganti after market karena desainnya udah keren dan ngepas banget. Dari 1-10, elmuha kasih score 9.5 untuk sektor desain. Ya, no complain sama sekali!

FITUR ADV150 LENGKAP!

Kelebihan Honda ADV150 berikutnya, mari bicara fitur. Kita bikin point aja ya biar gampang;

Kelebihan Honda ADV150 LED headlights

LED Headlights, LED Stoplamp/ Taillights, LED Indicators.. Ya, bagi banyak orang ini merupakan fitur unggulan. Saya pribadi kurang suka karena lebih menyilaukan, tapi harus menerima tren ini.

Kelebihan Honda ADV150 Panel meter digital

Full Digital Panel Meter : Panel ini berisi berbagai info termasuk; Speedometer, fuel-meter, average fuel consumption, instant fuel consumption, odometer, trip-meter, date & time, battery indicator, outdoor temperature indicator dan oil change indicator. Ya, lengkap banget. Hanya, sedikit kelemahan, ukurannya kurang besar karena jarak dari mata kita agak jauh. Di siang hari pun pada kondisi tertentu itu berdasarkan satu test agak kurang jelas terbaca.

Kelebihan Honda ADV150 Keyless smartkey

Smartkey untuk kemudahan dan keamanan motor.

Kelebihan Honda ADV150 power charger hp

Power Outlet atau port Charger dalam console box di depan. Praktis dan sangat berguna ketika dibutuhkan.

Fitur Unggulan Honda ADV150 Windshield adjustable

Windscreen atau Windshield yang bisa dibikin tinggi atau pendek. Manual dengan mekanisme yang cukup mudah.

Kelebihan Honda ADV150 Sub-tank suspension

Twin Rear Suspension with Sub-tank : Kegunaan utamanya adalah, bikin KEREN 😀 Bonusnya, performa tambah mantap namun menjaga agar tetap nyaman.

Kelebihan Honda ADV150 - Ban Dual Purpose Rem ABS

Rem cakram depan-belakang : Biasa sih, tapi kan fitur unggulan juga. Untuk versi CBS maka ada Combi Brake System, sedangkan versi ABS; anti nge-lock, single-channel aja di depan.

Ban standar jenis semi Dual purpose : Desain velg selaras.. Diameter depan dan belakang beda satu inci. Ban ADV150 juga lebar; 110/80 di depan dengan diameter 14 inch, dan 130/70 diameter 13 inch di belakang.

KELEBIHAN HONDA ADV150 Lainnya

  • Ergonomi riding bisa biasa aja kaki nekuk, bisa sambil agak selonjoran, gak sesantai NMax, tapi lumayan lah.
  • Tangki bensin 8 liter; Setara PCX, dan ini cukup oke buat touring jarak jauh biar gak terlalu sering was-was kehabisan bensin. Lubang pengisian tentu saja di bagian dek motor.

Kelebihan Honda ADV150 kapasitas bagasi lega

  • Kapasitas bagasi 28 liter; Bisa muat helm full-face (yang biasa aja ukurannya) dan beberapa barang lainnya. Buat touring, ini kapasitas yang lega banget loh buat bawa baju ganti dan perlengkapan. Bahkan gak perlu nambah box udah lumayan banget.
  • Ground Clearance alias jarak terendah ke tanah mencapai 165mm, ini 2.8 Cm lebih tinggi dari PCX. Dan bisa dibilang sih setara motor-motor sport non-fairing macam Vixion atau CB150 ya. Gak perlu takut ngegasruk PolDur.

Honda ADV150 2019

  • Suspensi Honda ADV150 ini berdasarkan pengujian; “dewasa.” Baik depan ataupun belakang punya long travel yang lumayan panjang sehingga terhindar dari “mentok” ketika ngehajar lubang atau poldur.
  • Suspensi depan tergolong empuk jika dibandingkan PCX misalnya, lebih nyaman tentu, namun gak mengorbankan handling. Dibawa nekuk2 masih stabil dan gak ngayun.
  • Suspensi belakang dengan tabung bikin nyaman, dia empuk ketika melakukan compression, namun reboundnya lebih dewasa, thanks to the sub-tank.

Dan mau segimana panjang lebar ngomongin fitur unggulan Honda ADV150, elmuha sih balik lagi; hal paling WOW dari ADV150 ini adalah desainnya yang cakep, gagah, dan memang sesuai peruntukannya banget; Scooter ADVENTURE. Siap touring, siap menjelajah Nusantara.

MESIN HONDA ADV150 Cukup Bertenaga

Mesin CVT Honda ADV150

Mesin 150cc dengan output 14.5 PS @8500rpm dan torsi 13.8 Nm @6500rpm tentu sudah mencukupi untuk menjelajah berbagai kondisi jalan dan tanjakan. Bobotnya hanya 132/133 Kg, beda 1 Kg saja dari PCX. Tentu akan segera menemui keterbatasan kalau kita pakai buat adventure beneran, itumah cuma trail dan motor bebek emak-emak yang mampu.

Tarikan ADV150 ini berdasarkan Test Ride Otomotifnet, tarikannya mirip PCX. Meski torsi lebih gede dikit, tapi mungkin karena bobotnya lebih berat 1 Kg, jadi gak banyak ngaruh.

Kelebihan Motor Honda ADV150 2019

Rangka ADV150 ini juga berbasis punya PCX, namun dengan beberapa perubahan tentunya, terutama bagian belakang dan mounting2nya. Yang dirasakan, ADV150 selevel lebih baik dibanding PCX.

So, there it is!! Kelebihan Honda ADV150 dan fitur-fitur unggulannya. Kelemahan Honda ADV150 juga sudah ditambahkan di atas, kalau kalian gak nemu berarti ngebacanya diloncat2 😀

Besok bakal kita bahas lagi harga cicilan ADV150 ini, serta mungkin kelemahan2 lainnya. Dan doain lah ya biar elmuha bisa test ride, kayaknya nyari event2 peluncuran di daerah oke juga nih. Oke, semoga berguna dan salam santai….

LEAVE A REPLY