Los Angeles – Masjid Thill menjadi simbol perdamaian Islam

Elmuha.com Los Angeles-Sebuah pesan penting disembunyikan pada upacara peresmian di Masjid Tohill di Los Angeles pada Minggu pagi, waktu setempat (27 Maret 2022). Pesan ini disampaikan Garibaldi Tohill, pendiri pembangunan masjid, yang juga pengusaha nasional.

Dalam pidato pengukuhannya, Garibaldi atau yang akrab disapa Boy Tohil menyerukan agar masjid dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh umat Islam asal Indonesia di Los Angeles. Menurutnya, umat Islam Indonesia harus bisa menjadi panutan yang baik.

“Saya berharap warga Indonesia dapat menghadirkan simbol perdamaian Islam melalui masjid ini,” ujarnya. Bocah itu juga mengingatkan bahwa masjid yang dibangun dari bekas gereja di komunitas Samoa dapat mensejahterakan umat Islam Indonesia di dalam dan sekitar Los Angeles.

 

Isu perdamaian Islam juga diangkat oleh seorang arsitek yang membantu membangun Tarek Abdelhadi, Masjid Thill di Los Angeles. Arsitek Mesir mengungkapkan bahwa Masjid Attohil dibangun dengan banyak jendela. Dengan cara ini, masyarakat umum dapat dengan mudah melihat aktivitas di masjid.

“Masih banyak orang di sini yang curiga dengan Islam,” katanya. Jendelanya banyak dan kami berharap masyarakat bisa langsung melihat aktivitas umat Islam di masjid. Dengan cara ini, prasangka negatif terhadap Islam dapat terus terkikis.

Bangunan masjid merupakan bangunan tua. Pada bagian dinding disebutkan bahwa bangunan yang sebelumnya digunakan oleh gereja komunitas di Samoa ini dibangun pada tahun 1920. Pemerintah setempat telah menetapkan bangunan ini sebagai cagar budaya.

 

Oleh karena itu, Thareq menyatakan bahwa aturan dan peraturan yang ketat harus diikuti untuk perbaikan. Jangan mengubah tampilan bangunan. Dia mengatakan arsitek hanya bisa berkreasi di dalam gedung. Bangunan aslinya memiliki banyak jendela.

Proses pengambilalihan sebuah gedung di kawasan pusat kota Los Angeles ini terbilang mulus. Bangunan ini sudah lama tidak digunakan oleh masyarakat Samoa. Sudah lama warga Indonesia di Los Angeles ingin memiliki masjid sendiri.

 

Dwirana Satyavat, Ketua Yayasan Islam Indonesia (IMFO), menjelaskan bahwa dia berusaha agar masyarakat Indonesia memiliki masjid secara mandiri. Di tengah proses, Boy Thohir memiliki niat yang sama untuk membangun masjid. Dari situ, proses pendirian masjid dipercepat.

Keberadaan Masjid At Thohir merupakan masjid keenam yang dimiliki oleh warga negara Indonesia di Amerika Serikat. Lusan Proslani, Dubes RI untuk Amerika Serikat, mengaku bersyukur dengan diresmikannya Masjid At Tohil. “Tempat ini akan berdampak positif bagi Indonesia,” kata Rusan.

Originally posted 2022-03-28 05:06:51.

LEAVE A REPLY