Google membebaskan siapa saja untuk memasukkan aplikasi buatan mereka ke Play Store namun tentu dengan pengawasan ketat agar tidak melanggar privacy penggunanya.

Namun akibat banyaknya pilihan aplikasi, kadang kita bingung mau pilih yang mana. Akhirnya kita hanya gunakan aplikasi yang itu-itu saja.

Nah kalau kamu bosan dengan aplikasi yang standar aja, berikut 7 pilihan aplikasi lain yang mesti kamu kepoin.

1. Carrot Weather

Aplikasi ini gratis dan memberikan informasi cuaca namun disertai dengan kalimat-kalimat sarkasme yang lucu.

Untuk info cuaca, tentu ponsel kita biasanya sudah dibekali aplikasi cuaca bawaan vendor ponsel atau Google Android. Namun hampir semuanya standar saja dalam memberikan informasi cuaca hari ini, besok, hingga seminggu ke depan.

Carrot Weather memberikan pemanis yang bikin kita tersenyum setiap melihat info cuaca karena adanya kalimat sarkasme tersebut.

Jangan ragukan informasi cuacanya karena aplikasi ini menggunakan data dari Dark Sky sehingga datanya akurat.

2. Contacts+

Ini aplikasi kontak yang anti biasa. Aplikasi ini bisa menyimpan nomor dengan data sosmed, juga memiliki fitur untuk keamanan telepon karena disokong oleh Caller ID dan Spam Block sehingga kalian bisa tau siapa yang menelpon jika tidak terdapat dalam kontak kalian.

Karena adanya dukungan Spam Block, kalian juga lebih terlindungi kenyamanannya dari telepon-telepon yang mengganggu atau SMS yang masuk. Fitur lain seperti pengingat ulang tahun teman yang ada di Contacts+ tentu menjadi nilai lebih dari aplikasi ini.

3. IFTTT

Aplikasi ini bisa sangat berguna jika kalian punya alat-alat perlengkapan rumah yang memiliki teknologi Smart Home system dan bisa terhubung ke ponsel.

IFTTT berarti If This Then That. Fitur utamanya adalah mengatur rutinitas perlengkapan rumah dan ponsel berdasarkan aktivitas kita. Misalnya, kita bisa mengatur lampu smart home yang otomatis hidup ketika kita masuk ke rumah. Atau bisa juga kita atur pemanas ruangan, musik, dan lainnya ketika kita pulang.

Baca juga :  Harga 14-19 Juta Rupiah, Apa Menariknya Samsung Galaxy Note10?

Hal lain yang tak kalah penting, kita bisa atur aplikasi ini untuk membackup setiap kita mengambil foto, atau mengirimkan pesan ke keluarga ketika kita mau berbelanja. Itu semua bisa diatur secara otomatis sehingga kita tidak lagi direpotkan untuk melakukannya secara manual.

4. LastPass

Demi keamanan akun online, kita harusnya membuat password yang berbeda di setiap akun yang kita punya.

Misalnya, password email tentu harusnya berbeda dengan akun facebook, tiktok, atau instagram. Karena jika diketahui satu password, mereka tidak bisa membuka akun kita yang lain.

Namun kadang mengingat password tidak untuk semua orang. Apalagi jika harus berbeda-beda antar akun.

Karena kesulitan itulah aplikasi LastPass ini hadir. Aplikasi ini adalah manajer password yang bisa menyimpan password untuk akun tertentu dan bisa bekerja di berbagai platforms sehingga bisa kita pakai secara mudah untuk berbagai akun.

Tenang saja soal keamanan karena LastPass menyimpan password kita dalam bentuk yang sudah dienkripsi sehingga tidak bisa diketaui dari penglihatan kasat mata. Kita juga bisa menggunakan fitur generate password untuk membuat password yang sulit untuk akun tertentu.

5. Microsoft To Do

Ada banyak aplikasi To Do di Play Store, namun Microsoft To Do sudah dikembangkan bertahun-tahun sehingga bisa menjadi powerful namun sangat mudah digunakan dan menjadi favorit banyak pengguna.

Tampilannya sangat simpel dan mudah digunakan tanpa banyak gangguan yang tidak kita butuhkan. Namun ada fitur powerful untuk memberikan saran berdasarkan deadline yang akan datang atau agenda jangka panjang.

Kita bisa mengatur warna agar mudah dikenali, membuat deskripsi dari tiap list, membuat kategori, atau sekedar simpel menulis catatan.

6. Mint

Pindah ke sektor keuangan, aplikasi Mint adalah tool untuk membantu kita melacak pengeluaran kita, membuat budgeting pengeluaran, dan mengatur keuangan kita dari satu tempat. Aplikasi ini bikin kita yang gak suka Matematika bisa mudah dalam mengatur keuangan.

Baca juga :  Kenapa Sih Harga TV Samsung Selalu Mahal?

Selain itu, ada juga fitur pengingat untuk membayar tagihan dan subscription agar kita jauh dari denda karena telat membayar. Tampilannya juga sangat mudah dipahami dengan adanya ilustrasi dan bantuan grafik.

7. Moon+ Reader

Suka membaca? Aplikasi Moon+ Reader ini menyediakan bahan bacaaan dengan jumlah ribuan secara gratis loh. Kita juga bisa membaca buku di penyimpanan lokal ponsel kita dan bisa ditampilkan dengan lebih baik dan bikin nyaman saat membaca.

Ada banyak pengaturan seperti line spacing, font scale, dll untuk bikin kita nyaman membaca.

Ada lebih dari 10 theme juga termasuk siang atau malam switcher agar menyesuaikan dengan waktu kita membaca agar nyaman tidak mengganggu mata.

Ada banyak fitur lain yang bikin Moon+ Reader ini sangat direkomendasikan buat kalian yang suka membaca.

Nah itu dia 7 aplikasi yang harus kalian coba pakai karena bikin kita lebih produktif dan bisa lakukan aktivitas dengan menyenangkan.

Kita akan bahas juga aplikasi dari genre lainnya yang patut kalian coba. Stay Tuned ya!

Originally posted 2022-03-30 12:54:48.

LEAVE A REPLY