MotoGP 2019 sudah dimulai dan pembukaan di Qatar betul2 seru, gak ngantuk sama sekali meski jam 12 malam start-nya. Yang gak sempet nonton, bener deh, cari streaming ulang, wajib nonton saudara2!! Last Lap sangat2 breath taking 😀

MotoGP Qatar 2019

Seperti tahun kemarin, duel sengit terjadi antara Marc dan Dovi..

Dovi akhirnya menang tipis.. Terlihat Top Speed di track lurus RCV sudah nyeimbangin Ducati. Rins juga performanya sangat baik, namun seperti sering terjadi, kesalahan dibuat saat momen sedang genting, jadi gagal podium dah.

Kesulitan Rins paling terlihat adalah performa motor di track lurus yang jauh di bawah Ducati dan RCV, kelihatan gampang banget di-overtake si Dovi. Tapi seperti khasnya Suzuki (dan Yamaha), mereka jago nikung, yang akhirnya lebih cepet makan ban.

Crutchlow however, juga bukan pembalap ecek2. Sejak tahun lalu sudah sangat berpotensi juara di beberapa seri, bahkan harusnya sudah dapat motor pabrikan. Dan di Qatar ini diuntungkan karena Rins yang sempat wide di lap2 akhir.

Di belakang Alex Rins yang posisi 4, ada Rossi yang finish ke-5, start dari posisi 14. Kalau kalian gak ngerti kenapa fans Rossi, termasuk saya mungkin, masih begitu loyalnya, lihat saja hasil balap Qatar 2019 ini 😀

Petrucci, Vinales, dan Joan Mir mengikuti di belakang Rossi. Yang patut diapresiasi banget adalah Joan Mir yang sejak awal2 race posisinya selalu di depan bersama pembalap2 yang lebih senior dan jelas sangat kencang..

Namun secara teratur mundur di-overtake, mungkin karena agak grogi aja sih. Potensi ini bocah (21 tahun) sangat-sangat cemerlang sepertinya.

Yang kasian betul mungkin Jack Miller ya, posisi udah bagus banget di depan, eh ada masalah sadel motor copot, ini MotoGP apa balapan pengkolah dah??! ampyuun.

Lorenzo, hanya mampu finish posisi 13, diikuti Iannone dan Zarko. Nakagami dan Morbidelli finish cukup oke di posisi 9 dan 11, di posisi 10 ada Espargaro. Mungkin cukup maklum ya kalau para rider Aprilia dan KTM finish belakangan, hanya Lorenzo yang mungkin banyak orang pengen liat dia kenceng di HRC.. Tapi sabar saudara2… Lorenzo masih belum FIT, dan waktu di Ducati saja dia butuh cukup lama hingga akhirnya sangat-sangat kompetitif di akhir season, sebelum lalu cidera cukup lama.

Fans Yamaha mungkin bakal gatel liat Vinales yang start Pole alias pertama, dan lalu mundur ke belakang. Elmuha gak tau pasti kenapa, yang jelas start-nya sih lumayan bagus tapi memang keliatan agak keteteran dibanding lainnya, hingga lalu pada tikungan 1-2-3 Vinales mulai ke belakang posisi 8.

Biasanya Vinales bakal kenceng banget di akhir2 balapan, tapi di Qatar ini ternyata tidak. Mungkin ada masalah ban, seperti pembalap2 lainnya.. rata-rata masalahnya degradasi ban akibat cuaca yang ekstrim.

Anyway.. congrats to Dovizioso, you deserve a win! Juga pada Marquez yang kini lebih dewasa gak pecicilan lagi, dapat hasil yang cukup memuaskan. Crutchlow! Awal yang baik untuk memulai MotoGP 2019.

Mudah2an Rossi dan Vinales bisa fight di depan bareng Dovi, Marc, dan Rins. Ya at least si Vinales lah. Rossi mah main santai aja dah.. Santai tapi tiba2 ada di depan gitu loh…

Sampai jumpa 3 minggu lagi di MotoGP Argentina.. Intip jadwal MotoGP 2019.

LEAVE A REPLY