Beli motor bekas itu kadang untung kadang buntung ya.. Harus pinter-pinter milih biar gak kecewa.

Buat yang hapal ama motor, mungkin bisa mudah saja memilih motor bekas yang dalam kondisi bagus. Tapi gimana buat yang newbie macam elmuha ini? So, mari kita sedikit bahas tips membeli motor bekas, khususnya mengetahui motor bekas yang kita incar masih bagus apa tidak.

Sebenarnya kita bisa minta bantuan pada kawan atau bengkel kenalan untuk ikut cek-in motor bekas incaran, namun cara tsb kadang susah dilakuin. Jadi, ini caranya bro.

1. Untuk tau motor tsb pernah nabrak/kecelakaan atau tidak, atau rangka2nya masih bagus atau tidak, pertama kali; cek lurus atau tidak antara sepatbor dengan headlamp. Motor sehat harusnya lurus ya. Lalu pada buritan, cek juga antara ban belakang dengan sepatbor, bisa juga dengan lampu rem.

Saat nabrak, komponen yang sering kena adalah Shock atau suspensi depan. Karena itu, lihatlah seal2nya bocor tidak, lalu sebisa mungkin harus test ride, motor yang sehat, maka akan sangat stabil, lepas tangan dari setir juga akan tetap lurus motornya. Lalu saat melewati jalan gak rata juga enak-enak aja harusnya.

2. Ngecek mesin paling mudah adalah dengan melihat baut-bautnya, dan tentu saja sekitar baut tsb. Jika ada bekas gesekan, maka ada kemungkinan pernah bongkar. Kalau pernah dibongkar, maka ada sesuatu sebelumnya. Pastikan aman sebelum meminang ya.

Tips membeli motor bekas
Showroom MotKas by putratunggalmotor.com

Lalu, hidupkan motor dan dengarkan suara mesinnya. Mulus tidak, ada keganjilan atau tidak, tarik gasnya, dan jangan lupa test ride dulu sebelum bawa pulang.

3. Ngecek body! Tentunya harus ya, karena sesehat apapun mesin dan kondisi komponen utama, kalau body banyak goresan ya gak asik juga bro.

Pastikan gak ada luka atau lecet yang terlalu lebar karena kemungkinan itu akibat jatuh atau bahkan nabrak.

Namun, meski misalnya motor yang kita incar gak sempurna, bukan berarti gak layak sama sekali dipinang dan dibawa pulang. Kalau harganya cocok, serta kekurangannya bisa kita terima, maka ya jangan kelamaan, segera pinang dengan Bismillah bro 😀

Untuk tips lain yang masih terkait membeli motor bekas, monggo intip tulisan saya tentang beli R15 bekas di sini.

Oke, itu sedikit tips membeli motor bekas biar tau masih bagus atau tidak. Akan saya update kalau ada info-info bagus lainnya. Sementara itu, kalau bro semua punya tips yang tidak disebutkan di atas, bagi-bagi dong ya 🙂 Semoga membantu.

LEAVE A REPLY