Mobil terlaris biasanya juga adalah mobil pilihan terbaik. Tak mungkin laris jika tidak dianggap terbaik, meskipun fakta terbaik itu tentu bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya.

Memilih produk apapun, tentu ada beberapaMobil terlaris dan terbaik IndonesiaMobil terlaris dan terbaik Indonesia faktor yang membuat kita memilih salah satunya, namun faktor mana yang terpenting ini akan berbeda-beda untuk berbagai selera manusia. Ada yang lebih mementingkan fungsi, ada yang lebih mengutamakan desain, harga, dsb. Ada juga yang mengkombinasikan semua kelebihan dalam satu mobil, mana yang paling ideal!

Berikut adalah mobil terlaris terupdate di bulan Desember 2017, karena bulan ini belum habis jadi yang dipakai adalah data untuk bulan lalu.

Mobil keluarga, MPV 7 seater terlaris;

  1. Toyota Avanza : 10.070 unit
  2. Kijang Innova : 6.079 unit (Medium MPV)
  3. Toyota Calya : 5.493 unit (LCGC)
  4. Mitsubishi Xpander : 4.882 unit
  5. Daihatsu Sigra : 4.816 unit (LCGC)
  6. Suzuki Ertiga : 3.940 unit
  7. Daihatsu Xenia : 3.758 unit
  8. Honda Mobilio : 2.155 unit
  9. Wuling Confero : 803 unit

Yes, Avanza tetap jadi raja di kelas MPV 7 seater. Selain daya tahan yang sudah teruji, faktor lain juga menjadi alasan kenapa mobil ini luaris sekali. Avanza memiliki desain aman, mesin bertenaga dan cukup irit serta bandel banget, akomodasi ruang yang terbilang cukup lapang, harga yang bervariasi, serta jaringan 3S terbaik, Toyota! Mobil ini dipercaya oleh konsumen perorangan, perusahaan, serta pemilik bisnis rental. Tidak seperti kembar Calya-Sigra yang tidak berbeda jauh jumlah penjualannya, Xenia dan Avanza memiliki gap penjualan lebih dari 50%.

Innova menempati nomor dua, tak aneh. Sama seperti Avanza, hanya saja Innova lebih mahal dan kini sudah tergolong mobil kelas berada. Tak seperti Kijang yang dulu. 😀

Lalu posisi tiga dan lima, ada dua si kembar, Calya dan Sigra. Menuruni Avanza dan Innova, orang kita sangat percaya soal daya tahan mobil dari merk naungan Astra ini. Keduanya jika digabung, sudah mengalahkan penjualan Avanza dalam sebulan. Mobil LCGC murah 7 seater? Pasti laris.

Xpander yang masih diantri oleh ribuan orang, berhasil masuk 5 besar dari top 20 mobil terlaris, lihat daftar di bawah halaman. Mobil ini memiliki kelebihan di berbagai aspek. Desain cakep, mesin halus dan irit, akomodasi superb, kualitas tinggi, suspensi mantap, fitur lengkap, serta harga yang masih cukup bersahabat.

Ertiga, Mobilio, dan Confero masuk dalam 20 besar mobil terlaris dan menjadi mobil terlaris selanjutnya di kelas MPV. Ertiga punya build quality yang cukup tinggi, meski desainnya sudah mulai terlihat berumur. Mobilio punya karakter fun to drive ala Honda, kabin lapang, dan mesin bertenaga namun irit. Sedangkan Confero, menawarkan banyak kelebihan dengan harga yang terjangkau. Penjualan ketiganya digabung, ternyata belum bisa mengalahkan Avanza.

Mobil City car, Hatchback kecil terlaris:

  1. Honda Brio Satya : 4.647 unit (LCGC)
  2. Toyota Agya : 1.487 unit (LCGC)
  3. Daihatsu Ayla : 1.345 unit (LCGC)

Brio Satya masih memimpin di kelas mobil city car dengan gap penjualan yang jauh dibanding rivalnya, padahal, di kelas ini, selain Agya dan Ayla, masih banyak rival lainnya di rentang harga setara.

Faktornya simpel, Brio Satya punya desain paling keren, mesin asik, karakter yang fun to drive ala Honda, dan kesan mobil murah yang berkurang drastis karena ada Brio versi non LCGC.

Dua rival terkuatnya, Agya dan Ayla punya desain yang juga cukup keren, mesin bandel dan irit, serta harga yang dimulai dari 100 jutaan saja.

Mobil SUV dan Crossover Tangguh terlaris;

  1. Honda HR-V : 2.893 unit
  2. Honda CR-V : 2.371 unit
  3. Toyota Fortuner : 2.254 unit
  4. Mitsubishi Pajero Sport : 1.856 unit
  5. Honda BR-V : 1.596 unit
  6. Toyota Rush : 1.164

Honda HR-V yang bisa dibilang favorit anak muda sukses, ternyata memimpin di kelas SUV/ Crossover. Desainnya keren, harganya juga punya rentang yang cukup jauh. Tapi saya gak suka 😀 Mungkin karena saya belum sukses.

Posisi kedua, ada mobil idaman, Honda CR-V yang masuk kelas medium SUV. CR-V terbaru juga sudah punya pilihan yang 7-seater, dan dibanderol dengan harga sekelas Pajero dan Fortuner. Jadi, CR-V ini lawannya big SUV ya, atau, sekalian saja CR-V ini dimasukkan ke big SUV? Lalu HR-V medium, dan small-nya ada BR-V?

Posisi 3 dan 4 ditempati oleh dua SUV ladder frame yang menjadi lambang mapan saat ini. Ya, mapan. Kalau lambang kaya, mungkin Alphard lebih pas ya. Keduanya adalah rival sengit karena memang segment-nya sama, target marketnya sama, dan harganya juga bersaing setara. Saya pernah membandingkan dua mobil ini berjam-jam, kesimpulan saya, pilih Fortuner atau Pajero Sport? Jawabannya, kalau mau yang tipe paling rendah, harga termurah, ambil Fortuner, tapi untuk tipe yang tinggi, ambil Pajero Sport Dakar. Itu kalau Anda suka desain keduanya, kalau hanya suka salah satunya, ya sudah jelas ya pilih yang mana.

Posisi 5 dan 6, ada dua mobil crossover atau low SUV.. Keduanya adalah mobil 7-seater. BR-V dibangun dari Mobilio, harganya mulai 240 jutaan atau hampir mendekati Mobilio termahal. Sedangkan Rush, ini tentu masih model yang lama, bisa jadi yang beli gak tau ada Toyota Rush terbaru model 2018, atau mungkin lebih suka desain yang lama.

Mobil bak/ komersial, Pick-up terlaris;

  1. Daihatsu Gran Max Pick Up : 3.902 unit
  2. Suzuki Carry Pick Up : 3.042 unit

Masuk dalam top 20 mobil terlaris bulan lalu, ada dua mobil untuk niaga atau komersil, dua mobil pick up terlaris dan mungkin pilihan terbaik saat ini. The legend; Suzuki Carry Pick Up, dan Grand Max Pick Up. Menurut saya, kalau lebih mementingkan fungsi dan kemudahan, pilih Carry (tapi katanya ada model baru yang mau keluar tahun depan), tapi kalau pengen yang lebih luas kapasitas angkutannya, pilih Grand Max.

Yang mengherankan, bagaimana bisa Suzuki Mega Carry (APV Pick Up), tidak masuk 20 besar ya, padahal Carry Pick Up posisinya nomor 10. Sebegitu jauhnya beda penjualan keduanya, padahal desain Mega Carry kan lebih keren gitu ya, macam APV dipapas belakangnya 😀

Oke, itu dia mobil terlaris dan tentunya pilihan terbaik menurut masyarakat Indonesia saat ini, dan untuk daftar lengkap 20 terlaris, berikut daftarnya.

Top 20 mobil terlaris di Indonesia, November 2017:

1. Toyota Avanza : 10.070 unit
2. Kijang Innova : 6.079 unit
3. Toyota Calya : 5.493 unit (LCGC)
4. Mitsubishi Xpander : 4.882 unit
5. Daihatsu Sigra : 4.816 unit (LCGC)
…..6. Honda Brio Satya : 4.647 unit (LCGC)
7. Suzuki Ertiga : 3.940 unit
……….8. Daihatsu Gran Max Pick Up : 3.902 unit
9. Daihatsu Xenia : 3.758 unit
……..10. Suzuki Carry Pick Up : 3.042 unit
……………11. Honda HR-V : 2.893 unit
……………12. Honda CR-V : 2.371 unit
……………13. Toyota Fortuner : 2.254 unit
14. Honda Mobilio : 2.155 unit
……………15. Mitsubishi Pajero Sport : 1.856 unit
……………16. Honda BR-V : 1.596 unit
…..17. Toyota Agya : 1.487 unit (LCGC)
…..18. Daihatsu Ayla : 1.345 unit (LCGC)
……………19. Toyota Rush : 1.164
20. Wuling Confero : 803 unit

Semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY