Honda Scoopy 2021 yang diluncurkan di akhir 2020 tampaknya akan menjadi salah satu motor Honda yang lama indennya, sebab laris.

Beberapa kali elmuha bahas di blog ini bahwa Scoopy memang merupakan motor yang sangat menarik. Desainnya cakep, dibawanya pun enak. Namun di 2020 ini Honda membawa karakter yang sedikit berbeda dibanding Scoopy 2017.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy 2021?

Kelebihan & Keunggulan Honda Scoopy 2021

Kelebihan Honda Scoopy 2021

  • Sasis baru yang lincah; eSAF. Diawali Genio yang menggunakan sasis baru, Scoopy pun akhirnya menggunakan sasis yang lebih ringan namun kuat ini. Efek positifnya adalah pengendalian yang lincah.
  • Mesin Overstroke yang irit dan menjambak di awal. Kelebihan mesinnya adalah irit karena dibuat overstroke sehingga gak perlu narik gas dalam untuk ngacir.
  • Ban tapak lebar bikin grip lebih baik dari BeAT dan sejenisnya. Ban diameter kecil namun tapak lebar bikin pede ketika nikung. Serta bikin Scoopy gak melayang karena berasa lebih nempel.

Kelebihan Kekurangan Honda Scoopy 2021

  • Desainnya semakin manis dan modern. Sebagian mungkin akan lebih menyukai desain Scoopy gen sebelumnya, namun tak bisa disangkal bahwa desain Scoopy 2021 ini sangat manis dan enak sekali dipandang.
  • Fitur cukup lengkap. Tersedia dua laci di depan, satu dengan penutup dan charging port. Ada gantungan belanjaan yang bisa dilipat juga. Parking brake tentu dipertahankan.
  • Tersedia varian dengan Smartkey dengan perbedaan harga tidak signifikan. Lebih aman dari maling.
Fitur Unggulan Honda Scoopy 2021
Fitur Unggulan Honda Scoopy 2021
  • Busa jok lebih empuk dan permukaan yang lebar tentu bikin lebih nyaman. Finishingnya juga lebih kesat, tidak licin.
  • Lampu LED pada headlights, bukan terangnya yang elmuha suka, namun tampak sangat cantik lampunya.
  • Bagasi cukup oke (15.4 liter), lebih besar sedikit dari gen sebelumnya. Muat helm half face yang visornya tidak besar.
  • Fitur charging outletnya sudah bentuk USB, tidak memerlukan converter lagi.

Kekurangan & Kelemahan Honda Scoopy 2021

Kekurangan Honda Scoopy 2021

  • Mesin overstroke-nya hanya galak di awal, 0 sampai kira-kira 50 Km/jam, setelah itu berat buat naik, cocok untuk dalam kota, tapi akan membosankan untuk ke luar kota yang banyak jalan kosong.
  • Lampu sen masih bohlam, walaupun desainnya cakep sehingga tetap menarik sekali.
  • Jok bagian pembonceng masih agak miring ke belakang ketika dinaiki, konon ini juga adalah kekurangan Scoopy sebelumnya. Tapi tenang, tidak semengerikan itu, biasa saja malah. Ini efek dari jok rata, jadi ketika dinaiki akan turun sedikit.
  • Dudukan lampu plat nomor belakang tidak menyatu desainnya.

Kelemahan Honda Scoopy 2021

Sebenarnya agak sulit untuk mencari kekurangan Honda Scoopy 2021, namun satu hal yang elmuha tidak suka adalah karakter mesin yang agresif di awal tapi lalu lemes di menengah-atas.

Memang sejatinya motor ini adalah motor commuter di perkotaan atau di desa tapi buat sehari-hari yang jaraknya dekat. Jadi pada dasarnya elmuha memaklumi itu.

Namun jika dibuat seimbang, bawah oke, atas lumayan oke, itu akan lebih memenuhi kebutuhan saya pribadi yang sering ke luar kota. Haishhh, kelihatannya kok jadi orang sibuk. Maksudnya suka jalan jauh gitu, gak melulu di dalam kota.

Honda Scoopy 2021

Tentu saja kekurangan tersebut nampaknya tidak akan menjadi masalah bagi masyarakat pada umumnya. PR-nya mungkin merubah sedikit lampu plat nomor belakang jika kurang sreg, selebihnya; motor ini memang layak diburu penginden. Tidak punya saingan! Punya, tapi ah begitulah, komen saja jika ingin bahas 😀

Demikian opini tentang kelebihan Honda Scoopy 2021 dan kekurangannya. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang ingin meminangnya. Elmuha juga mau satu Honda Scoopy 2021 warna item 😀

LEAVE A REPLY