Susah banget ya mau nonton babak Qualifying MotoGP kalau gak bayar 😀 Loncat sana-sini nyari streaming tapi pada akhirnya ya terpaksa cuma bisa lihat tabel, semua streaming di-takedown karena melanggar hak cipta.

Jujur saja elmuha biasanya gak terlalu antusias nonton Qualifying, tapi hari ini berbeda. Ditambah, Kak Ross juga terlihat sangat kompetitif. Kalau The Doctor bisa “menguasai” di Qualifying, harusnya bakal sangat2 kompetitif di Race besok, jam 2 dini hari cuyy.

Marc pasti seperti dugaan ya dapet Pole Position. Namun gap gak terlalu jauh yang artinya pembalap lain cukup punya kans untuk ngrecokin. Soal Marc, kita kesampingkan dulu karena pembalap 93 ini memang penguasa sirkuit COTA. Ada beberapa pembalap yang bagi saya cukup mengejutkan di babak kualifikasi MotoGP Amerika 2019 ini;

Yang pertama adalah merangseknya Pol Espargaró ke posisi 5 menggunakan motor KTM Factory, sedangkan rekan setim dia posisi 19. Ini adalah hasil Qualifying terbaik dari KTM, cmiiw.

Q2 MotoGP Amerika 2019

Yang kedua; performa Dovi yang kurang memuaskan dengan motornya; Ducati Factory. Dovi hanya bisa menorehkan hasil terbaiknya di posisi 13. Bahkan rekan setim dia yakni Petrucci bisa lolos ke Q2 (bersama Lorenzo) dan akhirnya bisa start di grid 8.

Dua hal itu adalah hasil yang di luar dugaan. Namun masih ada beberapa hasil Qualifying yang juga mengejutkan. Coba kita perhatikan tabel hasil Q1 di bawah ini dan Q2 di atas.

Q1 MotoGP Amerika 2019Starting grid 10 besar dihuni mayoritas oleh Yamaha (4 pembalap), Honda (2 pembalap), Ducati (2 pembalap), lalu Suzuki dan KTM masing-masing 1 pembalap. Jika tidak ada problem Tyre, bisa jadi Yamaha adalah yang paling diuntungkan di sirkuit ini meski punya power Top Speed paling rendah. Namun di Top 5 ada dua motor Honda, dan 3 motor lainnya yang berbeda; komplit.

Namun dalam balapan, apapun bisa terjadi dan bisa mempengaruhi hasilnya.

Di barisan depan ada 5 pembalap yang ganas-ganas, bahkan Crutchlow dan Jack Miller yang bukan tim Factory pun punya performa yang gila-gila di 2019 ini.

Jelas; besok bakal jadi salah satu balapan MotoGP Amerika paling seru. Apalagi Rossi tumben2an bisa dapet hasil Qualifying yang terbaik selain Marc si raja COTA.

Mudah-mudahan gak hujan ya, meskipun.. jujur saja dalam hati terdalam elmuha ngarepin sih. Hahaha… Soalnya kalau hujan, itu malah lebih gak bisa diprediksi lagi hasil balapannya, jadi lebih seru.

Kita tunggu saja beberapa jam lagi; ya kira2 22 jam 😀 Gak sabar euyy….

LEAVE A REPLY