Sejak kemunculan spyshot Yamaha MX King 150 2019 beberapa bulan lalu, elmuha agak kecewa; kok gak banyak berubah ya desainnya. Juga ketika tau mesinnya masih identik.

Yamaha MX King 2019 vs 2018 baru dan lama

Namun lalu akhirnya terpikir, mau gimana-gimana juga, desainnya bagi elmuha masih lebih ganteng dibanding rivalnya; Supra GTR150, Sonic 150, hingga Satria FU. Ya, MX King adalah bebek tercakep zaman now..

Kenapa harus dirubah kalau sudah ganteng maksimal ya kan. MX King pre-facelift punya kekurangan pada desain headlamp yang kurang selaras dengan body sporty, lalu ditutup di model 2019 ini, cukup keren, sudah LED pastinya… walau kami tak suka LED.

Boleh dibilang (Wak haji Taufik style banget nih) MX King 2019 ini memang sekedar facelift, menyempurnakan salah satu bebek terlaris saat ini.

Perubahan major Yamaha MX King 2019 dibanding pre-facelift (hingga 2018) antara lain ukuran ban depan yang kini menjadi 90/80-17, naik dua level dengan profil lebih tipis dibanding model pre-facelift yang pakai ukuran 70/90. Ban belakang ukurannya tetap 120/70, sudah sangat lebar untuk seekor bebek. Mantap!

Spesifikasi MX King 2019 warna biru

Lalu seperti sudah disebutkan, desain headlamp jadi lebih sporty dan irit daya berkat penggunaan LED. Kemudian speedometer full-digital, fitur Hazard lamp untuk kondisi darurat, dan yang paling elmuha suka nih; warna-warnanya cakep brur.

Mau yang khas Yamaha; ada warna biru yang menurut elmuha cuakep banget. Mau yang sporty ada warna merah doff (merah itu racing katanya), ah cakep banget juga.. dan.. bagi yang mau tampil beda, ada warna metallic orange yang tak kalah cakepnya.. Serius bakal bikin galau ini milih warna; tiga2nya cuakep puol. Milihnya mesti pakai undian atau shalat istikharah dulu bray.

Sekilas info spec, MX King 2019 menggunakan mesin 150cc 5 percepatan berpendingin cairan. Mesin tsb mengeluarkan tenaga hingga 11.3 kW pada 8500 rpm dan torsi maksimum hingga 13.8 kW pada 7000 rpm.

Untuk harga, Yamaha MX King 2019 ini dibanderol Rp 22.900.000 dan 300 ribu lebih mahal untuk warna Movistar Livery, OTR Jakarta. Elmuha pikir, perubahan harga ini sepertinya menimbang beberapa fitur yang lebih baik, serta kebiasaan semua produsen naikin harga di tahun baru. Kami belum tau apakah akan ada MX 150 juga yang biasanya 2-3 juta lebih murah.

Untuk siapa sih Yamaha MX King 150 ini?

Kelebihan MX King 2019 metallic orange

Sedikit cerita ya, ada saudara saya yang tampak seperti sepupu padahal itungannya Paman, waktu itu pengen beli motor baru. Dan dia mutusin mau ambil Vixion saja..

Eh dilarang sama ibunya. “Jangan, ntar terlalu narik perhatian.”

Karena memang beliau tinggal di desa, dan ada background story yang melahirkan pemikiran itu. Ayah si Paman saya yang masih remaja ini sudah Almarhum dan salah satu Kyai di desa tsb..

Lalu… ya.. seperti sudah ditebak, akhirnya dia jadinya ngambil Yamaha MX King warna hitam doff ada kuning2nya itu. Motor kenceng, sporty, tapi “low profile.”

Kira-kira begitu. Tentu, cerita di atas mungkin malah bikin orang-orang yang suka “TePe” jadi ragu, mending ini atau nambah duit sekalian Vixion biar bisa nampang, haha.

Harga MX King 2019 merah doff matte red

Maka, ada sudut pandang lain, yakni; MX King selain low profile tapi kenceng, juga lebih praktis dibanding motor batangan, pakai sarung ke masjid naik MX King enak, bawa sedikit barang di dek depan masih memungkinkan, Seat height alias ketinggian jok juga ramah cuma 780 mm.

Harga MX King yang 22 jutaan, lebih murah 3-4 juta dari Vixion, tapi kencengnya mirip, desain malah mungkin lebih cakepan MX King, dan motor ini bisa dimodif sesuka hati, jaminan lebih cakep dari Vixion kalau udah urusan modif, alias… MX King itu Modifiable banget. Sekian…. Gimana menurutmu?

LEAVE A REPLY