Naik motor ber-fairing full memang langsung menaikkan level ketampanan kita, no doubt about that.

Tapi rasa pegal di lengan pun naik searah, lumayan bro. Apalagi kalau banyak jalan rusak dan gak rata, semakin berasa lagi di lengan. Karena motor sport fairing rata-rata pakai stang jepit yang tentu bikin rider harus lebih nunduk. Beban lengan semakin berat.

Bukan tidak bisa disiati sama sekali, maka berikut ini adalah sedikit tips mengendarai motor sport full fairing biar gak terlalu pegel.

*Semakin ke bawah semakin penting dan mungkin sobat sekalian belum tau.

Nomor 1, pakai gloves alias sarung tangan. Ini bisa mengurangi rasa pegal di telapak tangan secara signifikan bro.

biar naik motor sport fairing gak pegel
Credit; PWangear

Bagi yang sudah terbiasa pakai, ini mungkin udah pada tau. Tapi di sana, bahkan saya sendiri pun masih sering malas pakai sarung tangan, padahal bikin nyaman karena gak bikin cepet berasa pegel. Modal mulai 15 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Nomor 2, Jangan bawa tas punggung yang berat.

Ini harusnya udah pada tau, sayangnya, naik motor sport fairing maka akan semakin ribet untuk bawa barang.

Gak ada bagasi, gak ada tunnel, dan mau dipakein Box carrier pun gak cocok. Terpaksa harus pakai backpack. Maka, sebisa mungkin jangan terlalu berat isinya.

Nomor 3, Posisikan badan berubah-ubah. Kadang agak nunduk, kadang agak tegak. Ini membantu banget bikin beban lengan kita gak terus-terusan berat.

Ada cara yang kurang aman, yakni pakai satu tangan sesekali.. Tapi not recommended. Walau ya memang cukup membantu.

Nomor 4, bagi beban badan ke lutut yang menjepit. Refleks yang perlu dibiasakan saat naik motor sport adalah ini ya; kaki bagian atas hingga lutut untuk menjepit motor.

Ini bisa membantu bermanuver, juga bisa mengurangi beban lengan yang menunduk.

Nomor 5, Dibawa fun aja. Saat Anda memilih motor sport fairing sebagai kendaraan sehari-hari, maka mindset juga harus diatur bahwa setiap naik motor, kalian seakan sedang having fun sehingga gak akan mikirin rasa pegal di tangan. Untungnya motor sport fairing umumnya memang menyenangkan, alias bisa kenceng dan handling juga enak bagi yang udah terbiasa.

Nomor 6, bagi yang bawa motor sport fairing di perkotaan, kan sering macet bentar atau lampu merah kan, itu jangan disia-siakan bro. Netralkan saja gear lalu duduk tegak sambil ngelurusin lengan. Lumayan banget buat menyegarkan walau hanya semenit-dua menit. Kadang kalau di kota besar bisa lama banget.

Nomor 7, sesekali berhenti istirahat saja sejenak. Jangan bawa bekal supaya ada alasan mampir buat minum dulu di warung atau minimarket. Atau melipir aja ke tempat-tempat yang bisa buat nongkrong sejenak, misal halaman Masjid, halaman perkantoran, alun-alun, dsb. Di SPBU bisa juga, tapi sering ada mamang parkir jadi mesti keluar 2 reben. Ya mungkin di pinggirannya bebas biaya parkir.

Itulah sedikit tips dari elmuha untuk mengendarai motor sport fairing supaya gak pegel-pegel banget saat melakukan perjalanan agak jauh atau dalam kemacetan kota.

Alright, semoga berguna bro. Jangan lupa disubscribe. eh, kok.. Dikomen maksudnya, adakah tips dari kalian yang mau dishare?

LEAVE A REPLY