Waktu itu saya dan keluarga sedang tamasya (ciyaaa bertamasya bersama keluarga kaya di buku2 SD dulu) ke daerah yang namanya Pasir Pengaraian, Ibu Kota Kab. Rokan Hulu atau biasa disingkat Rohul, Riau.

Sudah mulai masuk ke pusat kotanya, eh tiba-tiba melihat sesuatu yang luar biasa indahnya, yaitu lembah jurang dan bukit perbatasan antara Pasir Pengaraian dengan Sumatra Barat, belum, ntar dulu bahas Hilux warna oren-nya.

Saya pun mulai tertarik dengan kota ini, suasananya tenang, terasa damai, dengan pemandangan sekitarnya yang tak membosankan. Mungkin suatu saat saya akan coba tinggal cukup lama di sini.

Pasir Pengaraian….

Kota yang dikenal sebagai Kota Seribu Suluk, Suluk itu ternyata buku atau kitab, tulisan para tokoh zaman dulu yang tentunya keren-keren dan “sakti.” cmiiw.

Pasir Pengaraian Rokan Hulu Riau

Lalu tiba-tiba, eh eh eh…

Apa itu kok cakep banget. Sesosok truck double cabin dari Toyota yang sudah bertahun-tahun saya hanya bisa ngiler pengen segera memilikinya, ya, sebuah Hilux, tiba-tiba tampak dengan warna yang sangat ngejreng sekali.

Terpampang jelas logo KTM yang diposisikan di bagian yang sama dengan gambar tulisan 4×4 pada kondisi standarnya.

Mobil Hilux punya KTM warna orange keren

Pantas, KTM mah harus semuanya serba ORANGE! Sampai mobil operasionalnya pun (atau mungkin bos dealernya), dilabur ulang cat-nya menggunakan warna orange yang ngepas betul dengan orange-nya KTM. Cakep!

Selain warna yang dilabur menjadi orange, tak tampak ada ubahan berarti lainnya.

Toyota Hilux D-Cab warna orange ini adalah versi V alias yang teratas, dan masih pakai mesin yang lama (dan scoop di atas bonet), sebelum akhirnya diganti mesin baru yang digunakan juga oleh Fortuner, pada akhir tahun lalu.

Modif Hilux jadi warna orange oren ngejreng

Desain Velg-nya mungkin terlihat gagah, walau jujur saja menurut saya kurang mewah.

Saat artikel ini ditulis, harga Toyota Hilux tipe V alias yang termahal dari semua jajaran Hilux yang dijual di Indonesia, adalah 456 juta perak. Lebih mahal 26 jutaan dari Triton D-Cab tipe tertinggi; Exceed A/T.

Apakah ada lagi Hilux yang lebih mahal?

Saya kira; ya, ada.

Yakni Hilux versi TRD dengan beberapa aksesoris tambahan. Tidak ada harga resmi di website Astra Toyota Indonesia.

Seperti ini makhluk bernama Hilux TRD itu;

Ya gak plek begitu sih kalau yang di Indonesia. Velg sepertinya tetap standar, cover bak juga sepertinya tidak pakai. Begitu juga cover sekaligus sirip pada taillamp, setau saya sih gak pake.

Hanya over fender saja yang jadi tambahan, plus grille yang jadi sedikit lebih gagah.

Soal grille Hilux, di luar itu lumayan banyak versi terbarunya, cuma untungnya Toyota Indonesia gak langsung masukin, karena menurut saya sih, kurang cakep ya.

Masih lebih bagus yang ini, biasa, cuma kalau bisa ya headlamp-nya diupdate yang projector dong, masa mobil muahal gini masih pake halogen biasa ya kan.

Mobil idaman Hilux D-Cab orange modif cat ulang kapan punya gue

Anyway, yang saya suka dari Hilux dibanding yang lain adalah desain samping dan buritan yang super-super keren dan gahar, macho abis!

Sayangnya, kalau warna orange, atau merah, over fender yang menyatu di body samping, itu kurang kelihatan. Yang lebih terlihat itu yang warna hitam atau silver.

Desain samping dan belakang Hilux oke pake banget 3 kali, desain depannya relatif biasa, tapi ganteng. Gak kaya rivalnya yang lebih populer di Tanah Air itu, gak jelas desainnya kaya gimana, cakep kaga, jelek juga kaga, kan jadi galau liatnya.

Hilux biru
Tahun berapa Toyota Indonesia mau ngefacelift Hilux-nya minimal jadi begini ya??? Dan please adain dong warna biru, barangkali saya udah ada uang pas biru udah ada ya kan, aamiin.

Lalu, kekurangan Hilux yang juga sekaligus kelebihan adalah suspensi yang keras banget, ini sudah opini sah karena disampaikan oleh berbagai reviewer profesional. Positifnya, handling mantap dan gak limbung untuk sekelas mobil D-Cab tinggi dan panjang, Hilux yang pakai guard belakang, itu mencapai 5,3 meter, edan gak tuh.

Jadi ngebayangin, medium dan big d-cab truck yang beredar di Amrik sono, gimana ya kalau keliaran di jalanan di Indonesia. Lebar bin panjang gitu, tapi tetep sih, keren mampus!

Dulu sih ada yang jual Ford F150 Raptor loh di Indnesia, harganya zaman itu 1.5M, sekarang mungkin udah 2.5 ke atas, itupun kalau ada yang mau jual di negeri yang katanya kaya ini.

Ford F150 Raptor

Cakep mampus kan!!!?

Pokoknya sih rata-rata double cabin truck di Amerika itu keren-keren semua gak ada yang jelek, termasuk ada Tacoma, Tundra, Silverado, dsb.

Di Indonesia, yang keren ada Hilux tentu saja, lalu Navara, D-Max juga cukup oke, Colorado yang juga udah ganteng buanget bagian depannya, lalu Triton sebagai yang paling laku terutama di medan pertambangan, asalkan difacelift dulu pake desain Dynamic Shield.

Yang paling nyaman itu Navara karena pake suspensi Coil Spring di belakang ketika yang lain semua masih pake per daun atau Leaf Spring yang tentunya jadi lebih kuat nahan beban berat seperti beban hidupku.

Yang paling keras itu ya Hilux, tapi beli Hilux gak bakal salah dah kalau urusan durability. Harga jual kembalinya juga ngeri banget, depresiasinya super kecil. Dan ini double cabin truck yang sudah dikenal sebagai The Indestructible Truck.

LEAVE A REPLY