Gagal, adalah bukti bahwa kita melakukan sesuatu. Tak pernah gagal, mungkin kita memang belum melakukan apapun.

Sukses membutuhkan proses, kegagalan adalah proses menuju keberhasilan.

Gagal itu dibutuhkan untuk sukses. In fact, kita harus gagal untuk menaikkan level kesuksesan kita.

Saat kita takut gagal, yang kita dapatkan bukanlah kesuksesan, melainkan kegagalan mutlak sebelum memulai apa-apa.

Keinginan untuk sukses lah yang membuat kita berani untuk melakukan sesuatu, meskipun gagal berkali-kali, kita tetap melakukan sesuatu demi tercapainya kesuksesan.

Bayangkan jika mendiang Steve Jobs takut produknya tidak disukai orang, mungkin tidak akan ada sebuah iPhone saat ini. Keinginan dia untuk menciptakan sebuah ponsel pintar sesuai harapan dia lah yang membuatnya terus berusaha membuat iPhone semakin sempurna.

Saat kita menginginkan sesuatu, lalu kita melakukan suatu upaya, kita akan gagal. Dan itu tidak apa-apa. It’s okay to fail.

Kegagalan berkali-kali yang akan kita alami, pasti akan mengantarkan kita pada kesuksesan.

Jika kita takut gagal, kita bukannya akan berhasil, justru kita akan takut melakukan apapun.

Saat Rasulullah Shollallahu’alaihiwasallam menyebarkan agama Islam, beliau tidak langsung berhasil. Berbagai rintangan dan kegagalan telah beliau alami bersama pengikut-pengikut setia pertama Rasul.

Harusnya kita malu, jika kita sudah takut gagal sebelum melakukan apa-apa, sehingga kita tidak meraih apa-apa dalam hidup ini.

“Why is it always failed in the first time?”

Itu sekilas quote dari seorang brilliant yang menciptakan armor suit bernama A.T.O.M, dalam serial tv Arrow. Ya memang hanya sebuah tayangan tv. Namun quote tersebut adalah gambaran fakta kita sehari-hari.

Sehebat apapun ciptaan manusia, pada awalnya pasti gagal dulu. Lalu diperbaiki, gagal lagi, perbaiki lagi, dan akhirnya berhasil menjadi sebuah penciptaan yang quite amazing.

Kalau langsung berhasil dan tercipta sempurna, hanya Allah yang bisa.

Kita ini, apaaaalah.. Ilmu kita hanya sepercik dari samudra dibanding ilmu Allah. Wajar kalau kita akan selalu gagal saat mencoba melakukan sesuatu, hingga akhirnya berhasil. Syaratnya, jangan pernah putus asa.

LEAVE A REPLY