Ketika ada rumor bahwa motor yang sebelumnya diyakini merupakan Yamaha MT-15 akan dinamakan Xabre, saya langsung teringat teman masa SMA saya, nama dia Sabri. Nah, sejak itulah saya selalu spontan menyebut Xabre dengan ejaan Sabri.

Tapi katanya penamaan ini berasal dari kata Saber atau pedang, mungkin tampilan “mantan MT-15” ini terlihat tajam menurut petinggi Yamaha, setajam silet, eh, pedang.

Harga Yamaha Xabre

Setelah Yamaha Xabre meluncur, banyak orang dan motorcycle enthusiast yang menyayangkan, kenapa tidak MT-15 aja. Dan akhirnya beberapa opini dan rumor pun bermunculan, sebagian berpendapat, khawatir nama MT-15 akan “mengganggu” singgasana MT-25 dimana menurut saya ini cukup konyol. Rumor lainnya, mungkin Yamaha punya motor lain yang nanti akan dinamakan MT-15.

Yamaha Xabre with Rossi
Peluncuran Xabre bersama bang Rossi

Ah, pokoknya gak abis-abis dah kalo ngomongin dunia teknologi dalam hal ini permotoran. Sekarang ini, langsung keluar rumor itu, lalu keluar lagi ono, dan tambah lagi ada rumor eta… lah terus aku kapan beli motornyaaaa?

Jadi paling enak dan gak bikin hati dagdigdug yaaa… nikmatin aja yang ada, nda usah terlalu jauh mikir kesana. Buktinya, setelah saya beli old Vixion dulu, gak nyesel sama sekali tuh, gak ada pikiran, “aduuuh, kenapa waktu itu gak sabar aja nunggu Vixion Lightning”. Asalkan mensyukuri dan enjoy dengan yang kita punya, saya kira hati kita akan lebih tentrem. Kalau bosen, ya jual, wkeke…

Nah, berhubung saya ini sudah bosen (lebih tepatnya apa ya… pengen nambah mungkin), saya cukup antusias menanti peluncuran MT-15, eh, salah lagi.. Xabre di Indonesia.

Nah, melihat foto-foto resmi dan dari para jurnalis serta blogger kondang, saya bisa lebih jelas lagi melihat, apakah motor Yamaha Xabre ini emang keren, atau justru mengecewakan.

Dan jawabannya, yeah… “I kinda like it”.

Saya suka… Mungkin gara-gara fork USD emas yang langsung bikin hatiku terpesona..  Tambah ban depan lebar, serta banana arm yang tampak gambot banget. Pokoknya, kaki-kaki MANTAP!

Tentu Yamaha Xabre tidak sempurna, bahkan di mata seorang FBY gadungan sekalipun. Saya pribadi belum terlalu cocok dengan desain penutup indikator jika dilihat dari depan, tapi ini minor lah. Termasuk spion yang CUPU abis juga bisa diatasi dengan solusi yang relatif mudah. Hal yang kurang saya sukai lainnya adalah, engine cover di bawah itu, juga desain knalpot tentunya. Shroud belum cocok tapi saya yakin kalo lihat aslinya sih kayaknya bakal suka.

Pilihan Warna Yamaha Xabre

Tapi, semua kekurangan itu lagi-lagi tertutup dengan keindahan fork Upside Down dan arm banana. Soal handling dan kestabilan, saya percaya 95% racikan Yamaha pasti YAGUT. Yagut ini apa merupakan sebuah kata ya… Old Vixion yang begitu aja udah asik banget diajak selap-selip, nikang-nikung, dan ngebut, lah apalagi si Sabri, Saber, whatever, ini.

Harga Yamaha Xabre

Nah, soal harga, elmuha pernah memprediksi di blog bahwa M-Slaz atau MT-15, yang kemudian menjadi Xabre ini pasti gak bakal nglewatin 30 juta. Eh, malah di peluncuran kemarin, ternyata cuma sauprit di bawah 30 juta. Jadi kalo kamu beli motor ini bawa 30 jt, cuma kembalian 200 ribu, yah kita doakan saja sales-sales Yamaha mau kasih diskon, ya gaaaak? 😀

Bisa dibilang, harganya mirip dengan Yamaha R15. Tanpa ngurus urusan spec mesin, kita diberi pilihan, mau fairing, atau USD fork?

Nah, karena elmuha ini lebih suka turing atau setidaknya berkendara jauh, tentu Xabre menjadi pilihan lebih menarik dibanding R15 yang pasti bikin tangan gemeteran abis jalan 100 Km, wuahaha.

Tapi kalo kamu mau keliatan ganteng hampir max, R15 kayaknya lebih cocok. Bagaimanapun, motor berfairing sudah terbukti membuat ketampanan kita meningkat 100%. Wkwk. Yah walaupun cuma perasaan kita doang sih.

Okay, gitu deh guys, overall elmuha suka dengan si Sabri, maybeee… kalau gak ada pilihan yang lebih menarik dalam beberapa bulan ke depan, ada kemungkinan elmuha ambil satu, haha. USD-nya kaga naaahan maaang!

Aksesoris Resmi Original Yamaha Xabre

Harga Aksesoris Yamaha Xabre
klik untuk gedein!

Oh iya, Yamaha Xabre juga sudah disiapkan loh aksesoris untuk menunjang penampilannya. Misalnya, penutup indikator jadi lebih sporty gitu. Tapi itu gak begitu penting sih, yang sebaiknya didahulukan itu penutup radiator, karena dari pengalaman, kena angin dan kerikil bisa cepet morat-marit itu celah radiatornya. Sayang, harganya lumayan juga ya, 450 rebu broo. Kalo dirasa kemahalan, yang jual dari third party juga banyak, harganya kayaknya jauh lebih murah deh seingat saya. Lalu yang cukup menarik (bagi yang bertubuh tidak tinggi), tersedia juga lowering kit, harganya 300 rebu, lumayan juga. Lalu yang cukup iseng (harganya) adalah guard engine dengan harga tertera 900 rebu untuk sebelah kanan dan 720 rebu untuk sebelah kiri, semahal itukah? Kalo buat keren-kerenan sih mungkin jadi gak mahal kali yah, tapi dari pengalaman, tanpa guard pun sebenarnya itu bagian mesin kuat banget, terbukti soalnya saya pernah jatuh parah 2 kali naik Vixion, haha. Cuma paling ada yang tergesek jadi putih gitu. Short rear fender? Atau bahasa kerennya, spakbor belakang yang pendek, harganya tertera 750 rebu. Saran elmuha sih, pikir dua kali deh kalo mau pake short rear fender, ntar malah kena tilang, wkwk, malah keluar duit 100 rebu, huahaha. Sisanya silahkan lihat langsung di gambar deh ya.

Spesifikasi Yamaha Xabre

DIMENSI 

P X L X T: 1959 mm X 795 mm X 1065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1350 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 164 mm
Tinggi Tempat Duduk: 805 mm
Berat Isi: 135 kg
Kapasitas Tangki Bensin: 10.2 L

SPESIFIKASI MESIN YAMAHA XABRE

Tipe Mesin: 4 Langkah berpendingin cairan, SOHC
Jumlah/ Posisi Silinder: Silinder tunggal / Tegak
Diameter x Langkah: 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi: 10,4 : 1
Daya Maksimum: 12.0 kW/8500 rpm
Torsi Maksimum: 14.3 Nm/7500 rpm
Sistem Starter: Elektrik starter
Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas Oli Mesin: Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L ; Ganti filter oli = 1,00 L
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Tipe Kopling: Basah, Kopling manual , Multiplat
Tipe Transmisi: Constant mesh 6-kecepatan (6-speed)
Pola Pengoperasian Transmisi: 1-N-2-3-4-5-6

RANGKA

Tipe Rangka: Diamond
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Swingarm
Ban Depan: 110/70-17M/C 54S
Ban Belakang: 130/70-17M/C 62S
Rem Depan: Single disc brake
Rem Belakang: Single disc brake

KELISTRIKAN

Sistem Pengapian: TCI
Battery: GTZ4V / YTZ4V
Tipe Besi: NGK/CR9E

Source IMGs and Data: Yamaha-Motor.co.id.

Terms: harga spakbor belakang xabre, harga spakbor xabre, spakbor depan xabre, harga spakbor depan xabre, spakbor belakang xabre di vixion lightning, spakbor belakang xabre, slebor belakang yam, harga spakbor belakang xabre ori, slebor belakang xabre, spakbor belakang yamaha xabre

LEAVE A REPLY