Bingung? Mau beli motor secara kredit, atau cash aja biar cepet gak pake urusan ribet?

Saya yakin sebenarnya Anda sudah tau mana yang akan Anda pilih. Nyasar ke halaman ini cuma karena ingin menguatkan keputusan Anda. Jika saya salah, Anda wajib ninggalin komentar.

Ada banyak faktor yang bisa dijadiin alasan untuk membeli secara kredit, atau secara cash keras, langsung tunai bawa pulang. Yang semua itu sebenarnya cuma soal, UANG.

Di bahasan kali ini, saya anggap semua pembaca menganggap bahwa cicilan motor atau benda-benda itu, boleh. Jika Anda menganggap nyicil motor, mobil, atau rumah itu tidak boleh, haram, riba, jelas Anda sudah tau metode apa yang akan Anda pilih, yakni bayar tunai, ya kan.

Kita mulai, alasan membeli secara cash!

  • Punya tabungan duit yang cukup dan gak diperluin, alias duit nganggur!
  • Beli motor yang stock-nya banyak, alias gak disuruh inden.
  • Gak kiyeng alias malas nyicil setoran tiap bulan.
  • Gak pengen urusan ama penagih hutang dari leasing, debt collector.
  • Malu kalau dibilang tukang ngutang.
  • Dibolehin ama istri, dan sales motornya.

Ya, dua hal yang bukan soal kita adalah ketersediaan stock motor, dan sales motornya. Gini, bukan hal langka menemukan dealer motor yang sangat mendahulukan pembeli yang bayar secara kredit melalui leasing. Bahkan melarang beli secara cash. Gak cuma satu merk, dua merk motor terbesar, merah dan biru, ya pasti ada yang begitu.

Namun Anda tak perlu risau dengan hal tsb. Cari saja dealer yang ngebolehin beli secara cash tanpa urusan yang ribet. Kalau jenis motornya motor super laris, biasanya agak susah nyari stock, sedangkan stock motor yang ada ya lebih enak dikasiin ke pembeli yang bayar secara kredit, kan mereka inden juga. Walaupun waktu indennya bakal beda sih umumnya.

Sales motor itu, ada loh yang ngelarang beli secara kontan, alias mereka gak mau ngelayanin. Ya ada alasannya pasti, dan saya tau, Anda pun saya yakin sekali, tau.

Jadi, kalau Anda bisa sabar mencari dealer yang mau ngejual secara cash untuk motor impian Anda, ya beli di situ. Kalau dia gak mau, cari yang lain. Atau….

Beli secara kredit, alasannya?

  • Punya tabungan yang cukup, tapi gak nganggur. Duit tsb bisa Anda pakai untuk nambah modal usaha. Lumayan kan, ada suntikan segar. Walaupun dikit sih kalau tabungan beli motor, beda cerita tabungan beli mobil, atau rumah, pasti gede.
  • Nah, dari pada uang besar tsb langsung musnah ditukar dengan seekor sepeda motor, mungkin Anda lebih pilih kredit saja, nyicil setiap bulan, namun usaha Anda ada suntikan dana baru.
  • Gak punya duit cukup. Ini sih masalah kebanyakan orang, ya ini ni..
  • Anda pengen cepet dapet stock motor. Karena itu tadi, seringnya didahulukan. Walaupun gak semua dealer, dan gak semua motor.
  • Dapet asuransi. Elmuha gak paham asuransinya gimana, jujur belum pernah peduli. Tapi katanya, selama kredit, kalau hilang, itu ada asuransinya, tapi kayaknya total loss only. Atau mungkin bisa dapet asuransi yang berbeda, saya kurang paham. Tentu beli cash pun bisa kita asuransikan, namun bisa jadi, kitanya malas.
  • Pengen silaturrahim ama debt collector misal bayar setorannya telat. Tapi ingat, jangan membahayakan diri di jalan ya kalau dikejar debt collector, pleaaaseeee!! Banyak kasusnya begitu, dikejar debt collector, lalu ngebut, malah kecelakaan, ah na├║dzubillah min dzalik.
  • Rajin bayar setoran. Kalau ngutang, ya bayar bro! Jangan telat keseringan, dalam 3 tahun, maksimal ya 3 kali aja gitu lo, telatnya juga jangan lama-lama, maksimal ya 3 hari ajaaa gitu lo.

Oke gitu aja kira-kira inspirasi untuk Anda yang bingung mau beli motor secara cash atau nyicil kredit ke leasing.

Saat ini, selain bank dan leasing conventional, ada juga kredit yang dijalankan secara syariah, tentunya oleh bank dan mungkin kalau ada, leasing syariah. Kita bisa ngindarin prinsip bunga bank di situ, itu kalau Anda menganggap bahwa nyicil itu perbuatan riba. Diatur aja lah ya bro. Bagaimana pun, punya duit cash yang nganggur itu lebih enak sih, bayar, bawa pulang, tanpa pikiran buat setorin rutin. Tapi gak semua orang bisa dalam kondisi yang sama enaknya. ­čÖé

Terms: harga credit motor suzuki gsx r, harga motor GSX150 n dp

LEAVE A REPLY