Gak heran deh kalau motor ini, termasuk salah satu motor matik terlaris. Dan kalau dikhususkan lagi, ini big matic terlaris di Indonesia! Yamaha NMax!

Meskipun sudah sering lihat, tapi elmuha baru sempet nyobain baru-baru ini, melanglang buana bersama NMax selama hampir 48 jam.

Impresi pertama ketika akan mengendarai ini motor, adalah BESAR!

Saat diparkiran, lalu berjejer dengan motor skutik lain, terlihat bahwa Yamaha NMax ini memang bongsor, gede bro, terutama jika dibandingkan matic sejuta umat macam Honda BeAT bahkan Vario sekalipun.

Melihat NMax ini seakan melihat motor mahal dan berkelas, mewah banget. Desain yang gak terlalu sporty dan agresif, semakin menegaskan bahwa motor ini masuk kelas premium, elegant lebih penting dari sekedar tampil sporty!

Review Yamaha NMax

So, untuk desain, meskipun kontroversial, elmuha berani kasih score 8/10 untuk NMax.

Setelah naik!

Jreng!

Wah, agak canggung pertamanya, bagian bawah body yang lebar membuat kaki elmuha yang sebenarnya gak pernah kurang untuk motor jenis matic, menjadi sedikit kagok di awal. Agak lebar aja, dan elmuha langsung menemui kemacetan di daerah yang belum pernah sama sekali elmuha lewat, kota Jogja!

Kebayangkan gimana impresi elmuha, mengendarai big matic pertama langsung di kemacetan. Dan ternyata, asik aja.

Yamaha NMax ini sangat lincah di kemacetan kota meskipun body-nya bongsor. Toh stang kan beda dikit ama matic lain, jadi overall sih lebar NMax ini gak beda jauh dari matic lain, ngukur stang ya.

Semua itu didukung oleh mesin yang ajib, agresif, bertenaga, pokoknya asik banget deh. Thanks to VVA!

Untuk kelincahan dan handling di perkotaan, elmuha kasih berapa ya scorenya, 8/10 deh!

tes yamaha nmax

Lebih detail ke performa mesin, di rpm rendah, getaran memang berasa, yah mirip ama matic lain lah, tapi begitu rpm kebuka lebih tinggi, gila,  tenaganya langsung ngacir. Apalagi ketika VVA seperti terasa aktif, ini motor langsung meluncur halus, apa ya bahasanya, ah, pokoknya seperti terbang rendah, halus banget. Fitur VVA sangat terasa ketika aktif, seperti ada hentakan turbo gitu, tapi gak ekstrim, asik lah, halus.

Itu di kota, saat dibawa ke luar kota, lewat jalan kosong, beuh, ngeri ini mesin matic, sangat bertenaga, ngelawan motor batangan 150cc mah, encesss…. apalagi di lampu merah, ah, hajar dah di beberapa ratus meter pertama.

Sayangnya ketika elmuha ngetes ini NMax, pakeknya helm half-face, padahal biasanya full-face. Ini membuat elmuha cuma bisa ngebut di bawah 90 kpj on speedo. Berasa banget euy anginnya ngiber2 di kepala.

Tapi jalan ke 80 itu encezz banget, gampang, cocok untuk daerah luar kota untuk nyalipin mobil bus atau truk. Asik bro.

Jadi untuk mesin, elmuha berani kasih score 9/10 menimbang beberapa rival lainnya, dan di beberapa tahun terakhir.

Handling di luar kota?

Hmm… di dalam kota aja ini motor asik ya, apalagi di jalan yang lebih lenggang, nyantai abis. Handlingnya nurut, meskipun body bongsor. Apalagi ergonomi juga bisa gaya biasa, bisa gaya nyantai kaki selonjor. Percayalah, meskipun posisi kaki selonjor, tapi kita tetap bisa handling dan ngontrol motor ini dengan mudah, presisi, tapi memang untuk posisi selonjor di awal mesti sedikit ngebiasaain.

Score handling di luar kota, 9/10!

kelebihan yamaha nmax

Handling motor ini juara, dan stabil banget, tetap ada pengaruhnya dari suspensi yang digunakan.

Shock depan dan belakang NMax menurut elmuha yang riding sendirian dengan ditemani tas backpack seberat kira2 10 Kg, masih terasa sangat keras!

Ya, KERAS!

Depan belakang sama-sama keras. Asik kalau aspal mulus, tapi berasa banget anjrut2an ketika ada gundukan2 jalan, atau bahkan sekedar parit kecil untuk ngalirin air hujan di jalan, berasa bro! Bahkan, elmuha sempat kayak orang bodoh, turun dari motor dan ngecek ban karena mikir bannya bocor, padahal, ternyata itu cuma ngelewatin gundukan aspal berkali-kali.

Tapi overall sih oke… Artinya, untuk kebanyakan jalan di daerah yang sudah aspal, NMax: Oke!

Elmuha sempet bawa ke daerah pesisir pantai Parangtritis, kan gak mulus kan, memang berasa ngejeduk kalau kena gundukan atau lobang, tapi masih acceptable. Itu udah masuk kawasan wisatanya loh. Kalau masih jalan menuju situ sih, encessssss.

Score untuk suspensi dan kenyamanan; 7/10 aja. Bisa lebih baik kalau suspensinya lebih empuk dikit tanpa kompromi di handling yang stabil.

Tambahan untuk kenyamanan, elmuha merasa, jok NMax ini gak seempuk jok motor Yamaha lainnya, terutama Vixion. Jadi bagian (maaf) bokong itu lebih cepat terasa cape, untungnya posisi duduk bisa berubah2.

Pindah ke sektor kepraktisan; di depan ada laci, dan ini lumayan berguna banget, bisa nyimpen botol air minum dengan jajanan juga di situ, oke banget lah.

Lalu, tutup tangki bensin yang di depan pun, sangat mudah diakses, gak perlu turun, dan yang penting banget, gak perlu buka jok, ribet bro, apalagi macam elmuha yang biasa pakai motor sport batangan. Minusnya, beberapa pengguna, katanya, ngerasa canggung karena lobang pengisian BBM tsb tepat berada di depan s*langkang*n. Tapi entahlah, elmuha biasa aja, cuek bebek malah gak ngerasa canggung apa-apa.

Kepraktisan lainnya adalah tersedianya kapasitas bagasi yang memang sangat lebar dan besar bin lega. Andai elmuha gak harus bawa helm cadangan dan dua mantel hujan yang tebel, pasti itu bagasi bakal ngebantu banget, sayangnya udah penuh karena satu helm dan dua jaket hujan. Namun bahkan dengan bawaan seperti itu saja, saya masih bisa nyelipin banyak barang lainnya, termasuk sendal, sweater, barang2 toilet, dll.

yamaha nmax review

Elmuha tadinya berpikir, kita gak bisa naro barang di bagian depan NMax, itu loh di bagian leher, di atas lobang pengisian BBM. Kan kalau matic lain umumnya rata dek-nya, nah NMax enggak rata, mirip motor bebek, tapi ternyata, gila, praktis banget ini buat naro tas elmuha yang segede gaban, dan berat buanget.

Jadi, saat harus bawa banyak barang, misalnya mudik atau touring, kita bisa nyimpen buanyak barang di bagasi yang lebar itu, dan bisa bawa tas dan ditempatkan di depan. Jika khawatir tidak aman, maka sebaiknya ikat saja di belakang, atau, pakai top box! Namun yang saya rasakan, itu tas di depan jok, aman banget gak bergeser. Selain karena permukaan dan desainnya cocok banget, mungkin karena tas saya juga berat.

Untuk kepraktisan, hmm… kasih score berapa ya, 10/10 deh. Perfecto untuk saat ini.

Untuk kelebihan dan kekurangan fitur Yamaha NMax lainnya; kira-kira seperti berikut ini:

  • Panel Speedometer; mantap, ada jamnya, ada indikator gaya mengemudi irit atau enggak, mudah dibaca, score 8/10 deh. Elmuha gak terlalu sering ngintip, jadi gak terlalu pengaruh fitur ini.
  • Spion: Oke, visibilitas tergolong sangat baik.
  • Build Quality: Wah, jempolan lah no complain.
  • Headlight: Terlalu jauh sih bagi elmuha yang gak mau menyilaukan orang, terang khas LED, tapi di jalan aspal yang basah, kurang menggigit terangnya, lagi-lagi khas LED putih.
  • Pengereman: Karena yang elmuha test ini NMax versi ABS, jujur, elmuha gak suka. Udah biasa ngukur sendiri segimana tarikan tuas rem biar brenti akurat. Tapi gak bisa disangkal, ABS-nya berfungsi sangat baik dan sangat membantu untuk berhenti mendadak. Rem belakang sih jos banget, elmuha yang jarang pake rem belakang jadi sering pake.
  • Ban: Wuih, lebar, asik banget buat miring2 di tikungan. Tapi elmuha kurang pede karena lebar body yang lumayan, meskipun saat riding di jalan puncak sekitar parangtritis itu, gak sekalipun body ngegasruk aspal.
  • Ground Clearance: Juga gak sekalipun ngegasruk aspal. Aman.
  • Konsumsi BBM: Meskipun ada yang bilang agak boros, tapi menurut elmuha sih, irit ah segitu mah. Gak bikin kanker, kantong kering.

kekurangan yamaha nmax

Itu ya kira-kira.

Overall sih, kelemahan Yamaha NMax menurut elmuha, berdasarkan pengalaman pribadi ajah, adalah kurang nyaman suspensinya, kurang nyaman joknya, selain dua itu, almost perfecto!

Harga NMax saat ini sekitar 25 jutaan tanpa ABS, menurut saya, masih sangat worth the money, layak dimiliki, layak dipinang dan dirumahkan. Gak heran penjualan Yamaha NMax yang termasuk sebagai big matic ini, sangat cemerlang di tanah air. Kalau NMax aja udah enak gini, apalagi kakaknya ya, the XMax 250 yang dibandrol hampir 2 kali lipatnya.

Terms: serba serbi yamaha n max, getaran stang nmax, serba serbi n max, serba serbi motor yamaha nmax, sejarah singkat motor yamaha nmax, Pertama nyobain n max, nyobain pake n max, nmax sangat lebar, nmax botok ama spuon, Nmax ajib

LEAVE A REPLY