Honda BeAT tidak bisa disangkal merupakan motor terlaris Honda AHM di Indonesia yang menjadi salah satu faktor pangsa pasar AHM menguasai negeri ini.

Gesit, relatif irit, mudah dikendarai, dan harga yang relatif masih terjangkau adalah beberapa alasan Honda BeAT disukai masyarakat Indonesia. Di awal tahun 2016 AHM juga meluncurkan varian baru New BeAT Pop dengan livery yang lebih menarik.

Harga Honda BeAT Pop eSP 2016
New Honda BeAT Pop eSP 2016

Katanya, di tahun 2016, Honda AHM akan menaikkan harga-harga motornya, jadi, silahkan rembukkan, apakah sudah saatnya membeli motor matic Honda BeAT? Jika Anda sudah berencana mengambil satu unit motor Honda BeAT, berikut elmuha sajikan informasi harganya. Harga Honda BeAT di bawah adalah untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Nanti akan ditambahkan untuk daerah lainnya. Perbedaannya tidak terlalu banyak kok.

Harga Honda BeAT Pop eSP CW, Pop eSP CBS, eSP CW, eSP CBS, Pop eSP CBS ISS, eSP CBS ISS ACC
Harga Honda BeAT Pop eSP CW, Pop eSP CBS, eSP CW, eSP CBS, Pop eSP CBS ISS, eSP CBS ISS ACC, Februari 2016. Harga berlaku di Honda Cengkareng. Tentu diskon di atas juga berbeda-beda tiap dealer dan daerah, tanyakan ke Dealer terdekat untuk diskon di Kota Anda.

 

Jika tak terlalu mementingkan ISS (Idling Stop System), kita bisa dapatkan Honda BeAT kondisi baru dengan uang di bawah 14 juta rupiah setelah diskon. Bisa kita lihat juga bahwa motor Honda BeAT harga paling murah adalah tipe Pop eSP CW. Yang paling mahal serta paling lengkap adalah BeAT eSP CBS ISS ACC.

Soal fitur-fitur Honda BeAT yang berbeda-beda tersebut kadang membuat bingung. Namun sebenarnya sederhana dan banyak penjelasannya. Berikut sekilas apa itu CBS dan ISS.

CBS: Combi Brake System

Fitur untuk mengaktifkan rem belakang dan depan secara bersamaan dari satu tuas rem saja yaitu tuas rem sebelah kiri. Dulu, elmuha sering banget lihat orang naik motor baru yang pake ban depan cakram lalu menarik rem depan dan tersungkur motornya. Itu karena belum biasa saja, buktinya elmuha sekarang ini udah kaya pembalap, kalau gak berboncengan, rem belakang amat sangat jarang digunakan. Kalo berboncengan, pakai rem depan saja akan membuat pembonceng tidak nyaman, kecuali kalau.. yah tau sendiri lah 😀

Jadi fitur CBS ini akan berguna paling utama untuk pengendara motor yang belum terlalu berpengalaman mengendarai motor. Daripada tersungkur gara-gara ngerem depan doang tanpa skill mumpuni, mending keluar sedikit duit untuk dapat fitur CBS.

ISS: Idling Stop System

Fitur yang mematikan mesin ketika motor berhenti selama 3 detik. Bisa dinonaktifkan juga jika tidak diperlukan. Klaimnya, bisa mengirit 5 Km per liter dibanding yang tidak memiliki fitur ISS. Perlukah fitur ini? elmuha rasa ini relatif. Saya personal kayaknya tidak membutuhkan fitur ini. Tapi kalau buat gengsi, itu beda cerita 😉  Ngidupin tinggal narik gas (tapi ini gak dijelasin di web sumber) ntar gue tanyain ke sales dulu ya.

eSP: Enhanced Smart Power

Nah, eSP ini sendiri sebenarnya teknologi mesin baru Honda matic yang membuatnya lebih efisien dan performa lebih tinggi. Ini juga mungkin yang ngebuat Honda BeAT baru itu super kenceng akselerasinya. Jujur elmuha kaget waktu pertama kali ngegas BeAT baru, beda banget dengan BeAT lama.

Perbedaan Honda BeAT eSP dan BeAT Pop eSP

Harga Honda BeAT eSP
BeAT eSP

Untuk menyasar segment berbeda, ada dua tipe BeAT yang ditawarkan yaitu eSP (doang) dan Pop eSP. Honda BeAT Pop eSP yang dibandrol harga lebih murah justru lebih elmuha sukai dibanding BeAT eSP. Karena itu, sebaiknya Anda membandingkan langsung di dealer Honda terdekat agar bisa melihat perbedaan lebih jelas dan memilih berdasarkan selera. Adapun soal perbedaan kedua tipe tsb antara lain;

  • Lampu depan dan sein depan BeAT eSP berdekatan, BeAT Pop lebih jauh dan desainnya menurut elmuha mirip model Yamaha nmax. Desain lampu BeAT Pop bagi elmuha pribadi lebih keren, cocok untuk anak muda nih. Sedangkan BeAT eSP lebih mateng, tapi kok, saya agak bosen aja liatnya 😀
  • Dimensi BeAT Pop lebih pendek, jok tempat duduk juga lebih pendek tapi cuma 5 mm dibanding eSP. Lebar dan tinggi motor sama.
  • Dek motor (termasuk lubang laci depan juga kayaknya) lebih lebar di BeAT eSP. Panel indikator eSP juga lebih besar dengan background hitam elegan. Panel indikator Pop lebih kecil dan backgroudnya warna putih. Kayaknya di sini BeAT Pop cukup unggul terutama dek-nya itu.
  • Desain lampu belakang dan sein berbeda, ini soal selera sih, dua-duanya keren. Cuma memang milik BeAT eSP lebih terlihat “mateng” gitu, lebih elegan.
  • Stripping pastinya berbeda.
Harga Honda BeAT Pop eSP
BeAT Pop eSP

Mana yang lebih bagus? Kayaknya tidak terlalu signifikan ya bedanya karena ini soal desain dan selera saja. Jadi saya kira masing-masing orang punya pendapat berbeda.

Mungkin Anda memiliki pertanyaan, apa sih kelemahan Honda BeAT?

Menurut saya, selain kelebihan pada gesit, akserelasi wow, dan enteng, Honda BeAT memiliki kekurangan sbb;

  • Karena Honda BeAT terbaru udah make ACG starter, jadi kelemahan nomor satu ini udah gak berlaku (yaitu fitur mbletak duor), jangan anggap serius 😀
  • Setir terlalu enteng buat elmuha. Ini sangat relatif ya. Entengnya setir membuatnya lincah di perkotaan. tapi karena elmuha biasa pake motor jenis sport, jadi berasa terlalu enteng sehingga kurang nyaman untuk kecepatan tinggi.
  • Kurang stabil di kecepatan tinggi. Ini juga relatif, siapa juga yang nyuruh beli BeAT kalau mau ngebut 100 kpj, gak ada kan?! hehe. Buat di perkotaan, kayaknya kelemahan ini gak begitu berlaku. Lagian ntar malah kena tilang pulak ama Pak Pol kalo ngebut2, santai aja mbakbrooo.

Intinya, jika Anda belum terlalu menggunakan motor yang sama dalam waktu sangat lama, saya kira mengendarai Honda BeAT akan asik-asik aja. Semuanya tergantung kebiasaan. Yang jelas, ini motor udah jadi bestseller motor matic, tentu itu sudah menjadi bukti bahwa motor ini emang mantap!

Belum lengkap kalau belum nampilin spesifikasi. Spoiler, klik untuk melihat spesifikasi lengkap Honda BeAT.[toggle title=”Spesifikasi Honda BeAT, klik” state=”close”]

Spesifikasi Lengkap Motor Honda BeAT

DIMENSI DAN BERAT
Dimensi (P x L x T) 1,873 x 678 x 1,074 mm (tipe Honda BeAT eSP)
1,867 x 678 x 1,074 mm (tipe Honda BeAT Pop eSP)
Jarak sumbu Roda 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 94 kg (tipe Honda BeAT eSP CW)
95 kg (tipe Honda BeAT eSP CBS dan CBS-ISS)94 kg (tipe Honda BeAT Pop eSP CW dan CBS)
95 kg (tipe Honda BeAT Pop eSP CBS-ISS)
Tinggi tempat duduk 740 mm (BeAT eSP)
735 mm (BeAT Pop)
RANGKA
Rangka Tulang punggung
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran Ban depan 80/90-14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90-14 M/C 46P
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Standar (tipe CW)
Combi Brake System (tipe CBS dan CBS-ISS)
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan udara, eSP
Diameter x langkah 50 x 55,1 mm
Volume langkah 108,2 cm3
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 6,38 kw (8,68 ps / 7.500 rpm
Torsi maksimum 9,01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter ACG starter, pedal dan elektrik
Busi NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9
Sistem bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Transmisi Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian Full transisterized, Baterai
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,7 liter pada penggantian periodik
Kelistrikan Baterai 12V-3Ah, tipe MF (tipe CW dan CBS)
Baterai 12V-5Ah, tipe MF (tipe CBS-ISS)

Source: Honda Cengkareng[/toggle]

Terms: beat paling mahal, motor beat paling mahal, harga motor beat komplit 2016, beat xmodel 2016, harga honda beat terbaru 2016, honda beat, harga motor beat gres 2016, harga motor beat pop tahun 2016, Harga per tipe motor beat, harga-harga beat 2016 baru

LEAVE A REPLY