Ternyata rutin posting 1 post per hari saja susah sekali ya, salut deh ama blogger2 panutan macam TMCblog, IWB, dll.

Daripada gak diupdate-update ini blog, hari ini saya pengen listing motor-motor yang menurut saya terbaik, dan kalau ada uang, sepertinya akan saya kandangkan semuanya, aamiin. ๐Ÿ˜€

Lalu tolok ukurnya apa dong?

Gak ada, ini cuma kesimpulan dari berbagai faktor yang menjadi pertimbangan.

Motor-terbaik-berbagai-tipe

Dan penting, ini versi elmuha, jadi pilihannya sangat personal sekali, subyektif. Tetap obyektif juga sih sebagian. Oke, ini dia.


Motor 1 Cyl Terbaik

  • Kawasaki KLX-150
  • Yamaha R15 2017
  • Suzuki Satria FU FI
  • KTM RC-250

4 motor di atas beda kelas semua. Pilihan motor adventure off-road masih sedikit banget di Indo, KLX-150 memiliki kualitas body dan durability yang terbukti sangat baik, sayangnya mesin tergolong “lemot” meski sudah mencukupi untuk track off-road rata-rata.

motor-off-road-150cc-terbaik-klx-150

Fairing 150cc terbaik, saya kira harus saya sematkan pada R15 terbaru. Dibandingkan CBR150R, menurut saya R15 2017 lebih baik di semua aspek, kecuali jaringan 3S. Jika dibandingkan GSX-R150, ada beberapa sektor yang seimbang, ada yang lebih buruk, tapi paket semua R15 2017 membuat motor ini lebih menarik untuk dipelihara, karena….

Motor-sport-fairing-150cc-terbaik-yamaha-r15

Untuk Suzuki, saya punya favorit lainnya yang sudah melegenda, the Satria FU FI. Mesinnya menggunakan basis yang sama dengan GSX150 yang baru, cuma ada beberapa part yang beda, tenaga lebih kecil. Tapi bobot Satria FU FI juga lebih enteng, buat pecicilan, sepertinya Satria FU FI masih terbaik saat ini.

Motor-bebek-terbaik-Suzuki-satria-fu-fi

Untuk flagship di kelas 1 cyl, saya jatuhkan ke KTM RC250. Harganya masih terjaga di bawah 50 juta. Power sekelas 2 cyl yang paling outdated. Lalu design yang pure sport. Motor ini meski harganya lebih murah dari fairing 250cc 2 cyl, tapi mewahnya berasa banget. Komponen juga terbaik lah di kelasnya.

Motor-fairing-250cc-1-silinder-terbaik-ktm-rc250


Motor 2 Cyl Terbaik

  • Honda CB500X
  • Kawasaki Ninja 250 2018

Dari seluruh line-up motor Honda, CB500X adalah yang paling menggoda elmuha sejak 2 tahun lalu ๐Ÿ™ Sayang harganya kekerek naik gara2 pajak. Power sangat cukup, 0-100 kpj cuma butuh waktu 6 detik bahkan bisa 5 detik-an, design-nya super menggoda, apalagi dipasangin ban dual purpose plus side-top box.

Motor-Adventure-touring-terbaik-CB500X

Lalu fairing 250cc cyl?

Terbaik saat ini adalah Honda CBR250RR, tapi desainnya saya kurang suka, kurang ideal aja, kurang manis, kadang keren, seringnya membosankan. Dan lagi, orang Indonesia masih banyak yang belum ngerti, CBR250RR masih dikira Ninja aja, semua motor fairing disebut Ninja, hahaha.. Ya ini bukan salah mereka sih, salah Honda dan Yamaha, dan Suzuki juga, yang gak ngejual motor fairing “murah” dari awal-awal, abaikan CBR Thailand dan FXR…

Ninja 250 2017 yamaha R25 2018
by Young Machine

Jadi, untuk branding terbaik, Ninja 250 pilihannya. Tapi kalau mau handling yang lebih baik, Yamaha R25 dan CBR250RR lebih oke. Nunggu Ninja 250 terbaru gak tau kapan, masa’ 2018, mudah2an tahun ini ya. Saya punya firasat desainnya lebih manis dari CBR.


Motor 3 Cyl Terbaik

Pilihan motor tiga silinder gak banyak, dan yang ada-untungnya sudah bisa memuaskan harapan, cuma harapan, masih ngayal ๐Ÿ™

  • Yamaha XSR-900
  • MV Agusta F3

XSR-900 adalah turunan dari MT-09, mesinnya indentik, desain body juga masih satu bahasa meski ย yang XSR ini tentunya lebih, jauh lebih classy dan lebih manis, enak sekali dipandang. Ada gak sih yang punya di Indonesia?

Motor-classic-modern-terbaik-yamaha-xsr-900

XSR-900 masih relatif baru, jadi populasinya belum banyak. Aah… motor ini keren banget sih. Harganya, kalau ngikutin standar di luar, gak akan terlalu jauh dari MT-09, harusnya bisa 250, tapi kalau masuk resmi kayaknya bakal lebih dari itu.

MVA F3, hmm… this is an art.. mbah dukun bener soal itu. Motor ini aduhai banget, so beautiful, so sexy, saya lagi ngayal ditemenin tidur ama MV Agusta F3. Ngayalnya elmuha, bakal nyimpen ini motor di ruang keluarga, ruang kerja, atau kamar tidur sekalian, haha.

motor-sport-fairing-tercantik-Mva-agusta-f3

Mesin F3 panas, cocok untuk touring, gak cocok macet2an, kecuali kalau mau tahan digoreng, telornya ๐Ÿ˜€ Tapi kalau buat touring, sayang juga ya, hiks, byangkan kalau harus lecet kesenggol motor Honda BeAT… Cocoknya udah lah, dikelonin aja.


Motor 4 Silinder Terbaik

Di sini elmuha agak galau ngayalnya, buanyak pilihannya, tapi sedikit yang benar-benar menggoda.

Yamaha R6 (old) yang sekarang masih dijual oleh YIMM adalah salah satu yang elmuha demen, meski seat-nya ketinggian. Tapi it’s okay lah. Alternatifnya CBR600RR yang sedikit lebih pendek, sayang gak dijual resmi. Jadi pilihan berikut masih belum final. wkwk.

  • Kawasaki ZX-10R (old)
  • Yamaha R1
  • Honda CB1100

ZX-10R old punya tenaga mesin yang udah gila, tapi banderol di Indonesia masih murah brur, sebelum stock habis. Ketika motor2 1000cc 4 cyl flagship saat ini rata-rata berharga hampir 500 juta (termasuk latest ZX-10R), ZX-10R old masih 360 jutaan, yang versi baru setara ama R1 atau CBR1000RR latest gen.

Motor-sport-fairing-1000-cc-terbaik-kawasaki-zx-10r

Kalau kaki saya bisa disambung, desain Yamaha R1 menurut saya paling oke, motor ini juga lightweight, meski karakter mesinnya beda ama umumnya 4 cyl. Rivalnya yang juga sangat menggoda, tentu saja CBR1000RR 2017.

Motor-sport-terbaik-Yamaha-r1

Honda CB1100?

Motor classic, 4 cyl dengan torsi guede, motor ini juga gambot dan berat, tapi ini motor pastinya nyaman banget dibawa cruising. Desainnya tetep terbaik, classic is the best yoooo…

Motor-classic-terbaik-honda-cb-1100

Auman suara CB1100 ini khas 4 cyl banget, gahar, tapi berkat kompresi mesin lebih rendah, tenaganya tidak seliar flagship 4 cyl fairing, itu berefek pada suhu mesin yang bisa lebih rendah dan lebih nyaman untuk harian. Motor Honda 4 cyl lain yang menggoda adalah CBR650f, ini motor sport touring, suka sih saya, tapi meski banyak duit ntar, kayaknya masih mikir2 buat meminang…


Motor Matic Terbaik

Yamaha Aerox 155

Ah, ini motor matik terkeren sih kayaknya saat ini. Keren dalam artian keren modern kekinian.. Ada sih yang lebih bagus, lebih manis, Piaggio misalnya, atau Medley.. Tapi harganya juga beda.

Motor skutik Matic terbaik Aerox 155

Jika ada satu yang akan mengganjal, maka itu kakaknya sendiri.

Yamaha N Max

Meski beda segment, tapi ternyata ukuran Aerox 155 tidak lebih kecil dari N Max bahkan terlihat lebih tinggi dan lebar. Tapi emang bener sih, beda segment.

Motor-matic-besar-terbaik-yamaha-n-max

Untuk yang butuh kepraktisan lebih mantap, N Max ini punya bagasi jumbo. Untuk touring juga cocok, tapi mesti ganti sock belakang dulu kayaknya, terlalu keras.

Honda BeAT

Tidak heran jika motor ini menjadi raja motor di Indonesia. The Sejuta Ummat motor.

Desainnya oke, mesinnya responsif, harganya gak kemahalan. Cucok lah. Kalau pawakan lebih besar, sebaiknya ambil vario saja, bisa yang 110, 125, atau 150, semua oke. Soalnya kurang enak diliat ya orang gendut banget naik BeAT. Gue gak lagi ngece, lah masa gue ngece nyokap gue sendiri… ๐Ÿ˜€

motor-matic-terbaik-honda

Alternatif yang lebih caem, adalah Honda Scoopy. Ini badan gedean juga masih oke sih. Buat badan imut ya oke banget.. Cuma harganya memang lebih tinggi. Tapi kebayar sih, worth it kalau bahasaย kekinian mah.


Candidat motor terbaik?

Ducati Superleggera 1299, argh… ini motor sangar sekaligus beautiful banget.. I love you…

Motor-sport-terbaik-saat-ini-ducati-superleggera-1299

Sayang, harganya muahal pake buanget. Ya masak iya, yang versi R aja di Indonesia menyentuh hampir 2M.

Oke, kira-kira itu semua motor terbaik pilihan elmuha. Kalau banyak duit sih yakin dah, elmuha pinang semua dengan Bismillah… Mudah-mudahan ya suatu saat ๐Ÿ˜€

Well, elmuha sih yakin suatu saat bisa beli motor sampai milyaran, ya cuma yakin aja, apa ruginya ya kan? Rugi takut kecewa? Ya itu kan nanti, kalau udah mati barulah kita tau ternyata kita gagal mencapai ๐Ÿ˜€ Semoga menginspirasi.

Terms: motor paling bagus di kelas 150cc, motor 150cc terbaik, motor 150cc yang bagus, motor sport 150cc terbaik, motor terbagus, Motor terbaik, motor sport, motor 150cc terbaik 2017, motor paling keren 150cc, seluruh motor 150cc terbaik di indonesia

2 COMMENTS

    • kayaknya kebalik deh, daripada H2 mending Superleggera, tapi harganya, 4 kali lipat.
      Thanks kunjungannya bro ๐Ÿ˜€

LEAVE A REPLY