Jika kenaikan harga emas sebanding dengan rumah yakni 10-15 persen, maka kita bisa menabung harta dalam bentuk emas untuk beli rumah.

Seperti kita tau, jika kita hanya menabung dalam bentuk uang, bahkan di bank sekalipun dalam bentuk tabungan dengan bunga atau deposito, uang tersebut akan lebih lama untuk dapat menebus harga rumah yang selalu naik tiap tahunnya.

Sedangkan harga emas, juga terus naik karena emas termasuk barang tambang yang tidak bisa diperbarukan, (atau bisa, entahlah).

Kata orang, kalo nabung dulu buat beli rumah, ntar tambah lama tambah mahal dsb. Tapi menurut saya, hal tsb bisa disiasati dengan menaruh uang tabungan dalam bentuk yang juga berkembang setiap tahunnya. Lupakan bunga bank dan deposito, karena selain gak sebanding dengan kenaikan harga barang (bahkan dari inflasi pun cuma nambah 2%), juga karena alasan saya buat artikel ini adalah untuk Anda yang tidak ingin terlibat bunga bank, bisa karena alasan “merugikan walau tampak memudahkan”, bisa karena pure menganggap bunga bank sama dengan riba.

Caranya adalah; dengan mengembangbiakkan uang tsb dalam bentuk usaha misalnya, bisa investasi ke orang yang udah punya usaha lancar, bisa membangun sendiri, atau yang paling mudah, menabung dalam bentuk emas.

fine-gold-antam
Antam.com

Kenaikan harga emas memang tidak pasti, bahkan ada saatnya ketika harga emas stagnan. Semua tergantung kondisi ekonomi. Tapi bukankah tidak semua harga rumah juga naik? Jadi, ya, mirip lah. Semua dipengaruhi inflasi dan kondisi ekonomi.

Info: Pada bulan Desember 2015, harga emas per 1 gram (1 keping) adalah Rp 547.000 dan hari ini berada di angka Rp 593.000. Naik sekitar 9% kurang dikiiit dalam waktu 10 bulan.

Sedangkan harga property, untuk daerah yang sangat diminati, kenaikan bisa lebih dari kenaikan harga emas, jauh di atas kenaikan harga emas. Namun di daerah yang “biasa saja”, kenaikan harga emas bisa setara bahkan lebih baik dari property.

Kalau melihat grafik kenaikan harga emas, terlihat naik turun stagnan sejak 2012. Berbeda dengan kenaikan sejak 2001 hingga 2012 yang terus naik stabil, ada yang tau kenapa?!

Seperti sering dibilang orang pinter, emas gak bikin kita kaya, apalagi bikin tambah kaya. Nyimpan emas itu lebih untuk menjaga kekayaan kita agar nilai harta kita bisa sama dengan barang lainnya mengikuti zaman, melawan inflasi.

Caranya gimana dong nabung dalam bentuk emas.

Well, harga emas sekitar 600 ribu rupiah untuk yang 1 gram. Beli aja beberapa gram setiap bulannya. Misal bisa beli 4 gram ya, setahun punya 48 gram, setahun kemudian; jika kenaikan harga emasnya 10% misalnya, maka sudah senilai 600rb x 48 gram x 1.1 = 31.680.000. Setelah 2 tahun, nilainya kira2; 34,848.000. Naiknya dikit? Ya, itu 10% dari 48 gram (per tahun, 2,5 jutaan perbulan). Dan di jakarta, orang rata-rata keluar untuk cicilan rumah itu di atas 3 juta. Ya… bisa lah ya beli rumah cash dalam waktu nabung 3 tahun 😀

Masa sih??? Coba aja itung sendiri. Saya lagi males bikin itung2n untuk 3 tahun. Tapi kira2 gitu lah ya.

Pertanyaannya sekarang, mau tinggal dimana dong kalo belum punya rumah, punyanya emas? 😀

Ya itu mungkin sedikit kekurangan dari cara nabung dulu.

Kalau single sih gampang lah ya, ngekost aja, 500 – 1 jt perbulan. Atau ngontrak yang 15 jt pertahun udah sama seperti punya rumah.

Buang-buang duit dong?

Ya itu sih relatif, kembali ke cara berpikir masing-masing. Yang jelas, ocehan saya di atas adalah salah satu cara untuk beli rumah secara cash dengan cara nabung dalam bentuk emas. Dimana saya gak akan lakuin untuk beli rumah saya nanti. Kenapa, karena invest di bisnis akan jauh lebih cepat akselerasinya.

Ya, biar bisa beli rumah secara cash, bisnis aja buat sampingan, modalnya dari anggaran nyicil rumah. Riskan? Ya, karena itulah beda orang beda cara, gak semua jadi wirausahawan. Tinggalnya dimana? Tidur di ruko aja yang disewa untuk gudang dan toko. Sewanya pake duit apa dong, mikir aja ndiri 😀

Oke, itu di atas semua cuma sedikit ide yang mungkin “stupid” bagi sebagian kalian. Bahkan saya pun gak ada rencana untuk beli rumah cash dengan cara nabung emas, lebih suka invest ke bisnis. Tapi no doubt, emas adalah cara yang sudah terbukti untuk membuat kita tetap kaya. Tapi semakin orang pada rebutan beli emas, harga emas akan keluar dari harga wajar, nah, di situ kita bisa tambah kaya dengan emas, ya itupun kalau udah punya emasnya.

Terms: cara menabung emas untuk beli rumah, menabung emas untuk beli rumah, cara menabung membeli rumah, review menabung untuk beli rumah, cara membeli rumah dengan menabung emas, cara membeli rumah dengan investasi emas, nabung emas untuk beli rumah, simpan emas untu, membeli rumah dengan emas, nabung buat rumah

LEAVE A REPLY