Kalo gitu, Yamaha YZF R25RR ya. Rrrrrr…..

Keluarnya Honda CBR250RR di tahun 2016 ini, membuat kelas harga motor sport seperempat liter jadi lebih mahal. Ninja yang harganya juga terkerek terus naik, malah diikutin ama Honda. Konon, versi ABS dari CBR250RR bisa sampai 70 jutaan. Yang standar bakal ada di rentang 63-68 juta.

Update: Harga Honda CBR250RR sudah diumumkan, dan harga versi standar adalah 62.9 juta alias 63 juta, dan 68.9 juta untuk versi ABS. Ternyata gak meleset dari angka yang sudah dikasih tau di awal, 63-68 jutaan. Khusus warna Red racing, ada tambahan 600 ribu, baik untuk versi standar ataupun ABS.

Yamaha R25 however, masih berkutat di angka 54 jutaan, harga yang masih terjangkau lah ya, bagi yang berduit. 

Tapi tentunya Yamaha gak akan diam melihat kompetitornya berkuasa, ngelawan Ninja aja ngos-ngosan, lah ini ditambah CBR250RR.

Lalu gimana? Merombak habis-habisan Yamaha R25? Yang tentunya akan menaikkan harga juga?

Ah… jangan lah..

Ntar kalau motor 250cc mahal semua, terus yang pengen naik kelas gimana dong, tambah sulit dong.

suzuki-gsx250r
Menurut saya, cakep.

Ya ada sih, alternatif yang juga bisa murah, Suzuki GSX250R misalnya.

Orang-orang pada marah gara-gara sport Suzuki 250cc yang baru ini pake mesin Inazuma, plus sama-sama SOHC juga.

Padahal, harusnya ya biasa aja.

Motor ini gak dibikin langsung head-to-head ngelawan Ninja 250 atau CBR250RR, tapi lebih ke alternatif. Gak mungkin lah harganya bakal setara, gak bakal laku!

Jadi, motor Suzuki ini kalau misal masuk Indonesia, maka bisa menjadi alternatif motor sport 2 silinder seperempat liter terjangkau.

Terus gimana ama R25?

Elmuha sih pengennya, R25 dibuat faceliftnya aja, misal headlamp dibikin lebih keren, LED harus, dan beberapa detail dirapihkan. Tapi jangan lantas dibikin setara ama CBR250RR yang udah pake upside down dan ride-by-wire.

yamaha-r25-pake-upside-down-render
By Young Machine

Cukup bikin Yamaha R25 Race Ready edition dengan paket komplit, major facelift!

Termasuk fiturnya, ride-by-wire (atau enggak juga gpp), upside down wajib, ergonomi dibikin lebih racy dikit, tangki dirubah desainnya, dan knalpot juga harusnya bisa dapet sentuhan. Oh iya, suspensi belakang juga harus diupgrade. Pokoknya kaki-kaki lebih kekar dah.

Harganya bisa dibikin 60 jutaan untuk versi R atau RR ini. Sedangkan Yamaha R25 standar, dibiarin ada untuk mengobati kebutuhan upgrade dari pengguna motor 150cc. Saya contohnya 😀

Masuk akal gak sih pendapat ngawur gue di atas?

Coba ya, kita bandingkan dengan Vixion misalnya. Pas NVL alias New Vixion Sinchan eh Lightning hadir, Old Vixion masih dibiarin ada, tetep diproduksi, biar apa itu coba, ya biar yang masih pengen Old Vixion gak dipaksa beli NVL.

Termasuk elmuha misalnya, gak butuh lah itu Ride-by-wire, atau ride-mode, kalau suspensi sih pengen juga lah upside down gitu, biar kayak moge beneran. Eh, ER-6 yang moge betulan aja belum upside down yah…

Intinya sih, tolong pertahankan motor 250cc dual cylinder harga 50 jutaan bahkan lebih murah. Pliiiis….

Terms: alternatif ganti aki motor r25

LEAVE A REPLY