Salah satu kendala motor atau kendaraan listrik di Indonesia untuk menjadi kendaraan utama yang dipakai sehari-hari, adalah belum tersedianya stasiun pengisian baterai yang memadai, saat ini!

Karena itulah banyak perusahaan terutama pembuat mobil yang lebih memilih memproduksi mobil hybrid seperti misalnya salah satu pelopor paling populer; Toyota Prius.

Namun di tahun 2017 ini, trend akan kendaraan listrik nampaknya semakin naik dan masyarakat kita sudah semakin sadar untuk memilih kendaraan yang tidak membutuhkan BBM berbahan fosil. Karena itu, ada kemungkinan fasilitas kendaraan listrik ke depannya akan semakin baik, termasuk stasiun listrik pengisian baterai misalnya.

Sedikit ide, bagaimana jika PLN dan Pertamina melakukan kerja-sama ya, jadi di setiap Pom bensin Pertamina, disediakan pengisian baterai? Kan sama-sama BUMN 😀 Walaupun sebenarnya akan berkompetisi di bidang ini. Penggerak listrik vs mesin dengan BBM.

Untuk saat ini, kita terima yang ada. Anggaplah Motor listrik Viar dengan produk bernama Q1 atau Q-One ini kita charge di rumah (atau di kantor), dan ternyata memiliki daya tempuh 60 Km sesuai klaim, untuk apa saja motor ini bisa cocok digunakan?

Berikut terawangan elmuha;

Buat dipake dimana Motor Listrik Viar Q1

1. Untuk kendaraan operasional sehari-hari jarak dekat, termasuk antar anak ke TK atau SD yang biasanya berjarak tak terlalu jauh dari tempat tinggal, atau ke pasar tradisional, ke minimarket, ke warung, beli sarapan, jamaah ke Masjid, dan lainnya yang masih tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Ingat loh, jarak tempuh 60 Km, itu satu arah hanya 30 Km. Kecuali di tempat tujuan bisa charge motor. Charging-nya gampang, macam charge HP aja.

2. Benar-benar untuk kendaraan operasional, misalnya untuk berangkat ke kantor, berangkat ke sekolah untuk mengajar, ke toko atau tempat bisnis, dan ke tempat-tempat usaha lainnya. Dengan syarat, jaraknya gak lebih dari 30 Km, atau, bisa numpang charging di tempat kerja, jadi maksimal jarak tempat kerja tidak lebih dari 60 Km, serta, harus kerja minimal 5 jam karena inilah waktu minimal yang dibutuhkan untuk charge full baterai Viar Q-One.

3. Dipakai sebagai kendaraan para ninja (bukan, bukan Ninja yang ituu), mungkin Anda adalah seorang mata-mata di malam hari, jadi batman atau ninja, Maka Viar Q1 ini mungkin cocok banget. Karena mesinnya listrik, hanya mengeluarkan suara yang sangat minim, gak ketahuan ama penjahat. Macam motor listriknya The Dark Knight, tau kan… ini loh…

gavatron

4. Untuk kendaraan buat hang out. Dengan kecepatan melesat hingga 60 km/jam, motor ini mungkin bisa ngimbangin teman-teman yang pakai motor bensin lainnya. Ya gak ketinggalan2 amat lah. Lalu nongkrong di cafe atau angkringan pinggir jalan gitu kan, cakeep. Gaol dan peduli lingkungan…

Motor Listrik Viar Q-One buat remaja

5. Untuk dipajang di rumah.

Tak bis ditampik, desain Viar Q1 (Q-One) ini lucu, menggemaskan, kaya bayi… Imut banget. Lekukan bulatnya manis banget, ya ada mirip-miripnya lah ama motor2 matic ala Tiongkok. Jadi, lucu aja gitu ada pajangan motor imut di garasi rumah atau halaman dan teras. Lalu dipakai keluar hanya yang dekat-dekat saja.

Anyway… lihat detail specs dan harganya yuk…

Harga Motor Listrik Viar Q1

Ini yang banyak dicari masyarakat kita saat ini, penasaran dengan semurah apa harga motor Listrik buatan Viar ini.

Ternyata, Viar Q1 dijual dengan harga 16 jutaan atau tepatnya kisaran Rp 16.7 juta rupiah. Harga ini setara dengan motor matic bensin kelas satu tingkat yang lebih mahal.

Dengan kombinasi motor buatan Viar dan teknologi motor buatan BOSCH, apakah Viar Q-One ini worth it buat dibeli?

Harga Motor Listrik Viar Q1

Jawabannya mudah sekali, ini pendapat elmuha personal ya. Kalau Anda sudah punya motor bensin minimal 1 buah, lalu ada duit nganggur, yes, motor ini bisa dibeli, karena cakep. Keren. Ikut menyumbang sedikit kepedulian untuk lingkungan dan bumi ini.

Tapi kalau gak punya duit, ya jangan beli, emang beli pake apa kalau gak punya duit 😀 Kidding…

Maksudnya, kalau belum punya motor sama sekali, well, elmuha sih gak mau pake idealisme yang harus mendukung gerakan Go Green atau peduli lingkungan. Jadi, belum punya motor mah, beli motor biasa aja dulu. Ini motor masuknya kelas menengah-atas, setidaknya di mata saya. Secara fungsi masih di bawah motor bensin, namun harganya sama bahkan lebih mahal dari motor matic atau bebek murah.

Soal kelebihan motor listrik Viar Q1 sih gak sedikit, ya sewajarnya motor listrik, misalnya; perawatan lebih murah, gak perlu ngerawat mesin, biaya operasional lebih murah, gak ada suara berisik, dan desainnya itu, lucu. Motor listrik Viar ini juga gak akan memakan daya baterai kalau gas gak ditarik walaupun posisi on, jadi kalau berhenti lampu merah misalnya, ya gak membuang daya baterai, karena motor (penggerak) juga berhenti, jadi gak perlu ISS brosist.. Oh iya, satu lagi, gak ada emisi, (katanya)..

Kembali lagi tentang Viar Q1/ Q-One…..

Spesifikasi dan Fitur Motor Listrik Viar Q1

Spesifikasi motor listrik Viar Q1
Oh gampang dicopas 😀 Source; E-Viar.com

Bisa langsung dibaca di gambar ya, intinya sih, max speed 60 kph, max jarak 60 km, min pengisian baterai untuk 100% 5 jam, dimensi panjang 1.68 meter, bobot 78.5 kg, ban cukup lebar sudah tubeless juga, dan kedua rem pakai cakram.

Sedangkan fitur-fitur Viar Q1 lainnya; 

Fitur motor listrik Viar Q1
Oh, gampang dicopas juga..

Yang bisa di-highlight, indikator digital, headlamp LED, ada USB charging port, serta LED tail light. Selebihnya sudah dibahas ya…

Lalu, mari kita bicara soal keraguan-keraguan kita, apa Viar Q-One bisa ini, bisa itu?!

  • Bobot maksimal berapa? maksimal 140 kg
  • Garansinya gimana? 1 Tahun meliputi komponen motor (penggerak), ECU, baterai, dan charger.
  • Bisa dicuci atau kena air gak, boleh kena hujan gak, gimana kalau banjir? Bisa dicuci atau kena hujan gak masalah, tapi kalau banjir, maksimal sekitar 30 cm saja dari permukaan tanah.

Motor Listrik Viar Q1 Harga

  • Pajak motor listrik Viar Q1 berapa? 200-300 ribu wilayah Jakarta dan sekitar
  • Sehemat apa motor listrik Viar Q-One? Sekitar Rp 3000-4000 rupiah untuk jarak 60 Km. Andai lah ya, Anda pakai motor bebek hemat banget yang bisa nempuh jarak 60 km per liter, maka Viar Q1 ini lebih hemat sekitar 50%-70% ya… Kalau motor bensinnya biasa sih, Q1 bisa jauh lebih hemat.
  • Perkembangan motor listrik Viar gimana ke depan? Luar biasa, akan ada pengembangan pada Fast Charging battery (ini krusial menurut elmuha), Smart Apps integration, dan Regeneratif Brake (ini juga keren nih kalau udah jadi).
  • Test ride dong, gimana, dimana? Datang aja ke Jl. Danau Agung Selatan Blok: O/3 No: 38 Sunter.
  • Mau beli motor listrik Viar Q1 dong? Dimana belinya, bisa kredit gak? Kredit bisa lewat Adira, atau beli di Bibli dan mengajukan cicilan pakai kartu kredit, bisa 0% brur….

Baiklah, itu semua ulasan elmuha tentang harga motor listrik Viar Q1 atau Q-One, cocok dipakai dimana (sesuai opini), spesifikasi Viar Q1, fitur Viar Q-One, dan beberapa penjelasan lain soal Viar Q1. Semuanya memiliki referensi dan sumber foto dari E-Viar.com, kalau ada kesalahan data, elmuha mohon maap, semoga berguna 😀

Terms: harga viar Q1

LEAVE A REPLY