Beberapa hari lalu, jagat permotoran kita dikagetkan dengan peluncuran the All New Honda Vario 160. Tidak ada bocoran-bocoran jelas hingga tepat sebelum diluncurkan sehingga Honda bikin semacam kejutan bagi pecinta roda dua.

Kelebihan Kekurangan All New Honda Vario 160

Kehadiran Honda Vario 160 jelas sudah diduga semua orang, namun soal kapan diluncurkan itu yang menjadi misteri. Ke depan masih akan ada peluncurkan motor matic Honda yakni Honda ADV160 dan Vario 125.

Kapan? Kalau dari isu-isu yang tersebar, Honda ADV160 akan diluncurkan lebih dulu dibanding Vario 125. Kabarnya tidak lama lagi, sepertinya pertengahan tahun 2022 ini untuk ADV160.

All New Honda Vario 160 membawa desain baru, sasis baru, dan tentu mesin baru yang sudah dipakai juga di Honda PCX160 namun dengan sedikit perubahan.

Desain Vario 160 2022 menurut elmuha pribadi seperti ada aura Forza 250 di bagian tengah ke belakang. Ya bisa dbilang gabungan antara Forza 250, PCX160, dan motor matic Honda lainnya.

KEREN GAK?

Kelebihan Kekurangan All New Honda Vario 160 desain

Ya yang jelas lebih bagus dibanding Vario 150 yang digantikannya. Di bagian depan mungkin satu bagian yang butuh waktu untuk menyukainya adalah desain lampu sein kanan kiri. Sedangkan lampu utama, desain samping, tengah ke belakang, bisa dibilang keren!!

Saya adalah salah satu yang tidak suka Vario series. Vario terakhir yang saya suka adalah Honda Vario 110. Manis aja gitu desainnya.

Vario 150 dan 125 meskipun keren dan modern, futuristis, namun bagi saya cungkring sekali. Alasan cungkring ini sudah sukses bikin saya gak naksir sama sekali.

Beda dengan Honda Scoopy, itu cakep banget lah.

Kelebihan All New Honda Vario 160 lampu belakang

Nah, sekarang kalau harus disuruh memilih, antara Honda Vario 160, Honda Scoopy, Honda PCX160, Yamaha Fazzio, atau Yamaha NMax, jujur saya belum jelas lebih pilih yang mana. Meskipun beda kelas, namun sama-sama motor matic. Ibaratnya, susah untuk beli Scoopy kalau udah ada PCX, dan sebaliknya. Motor matic rentang harga 20 jutaan itu cukup satu saja.

Scoopy udah agak bosen sih. Fazzio sepertinya terlalu imut. Ya tinggal PCX160 atau Vario 160. Loh NMax gimana? Ya bagus itu. Cuma sebagai fans Yamaha, kadang saya pengen punya Honda juga.

Kekurangan All New Honda Vario 160 2022

Apa iya masih ada kekurangannya?

Kekurangan All New Honda Vario 160

Handling oke, desain body ya okelah, fitur lengkap lumayan, mesin jos, tapi masih ada kekurangan tetep.

Nomor 1, joknya masih kurang empuk, kurang nyaman untuk jarak jauh. Saya pakai Vario 150 aja bahkan jarak deket itu udah berasa pegel bagian pinggang ke bawah, mungkin karena biasa duduk di jok motor Yamaha yang empuk.

Baca juga :  Akhirnya Sih Desain All New CBR250RR Biasa Saja

Nah katanya (Otomotif TV) jok Vario 160 ini masih mirip seperti jok Vario 150.

Solusi untuk kekurangan Vario 160 2022 ini simpel, bawa ke tukang reparasi jok, ganti busa atau tambahin busa. InsyaAllah bisa lebih nyaman.

  • Kekurangan lainnya adalah ternyata masih agak cungkring juga.

Jadi untuk mengejar kelincahan, motor itu akan dibikin pendek Wheelbase-nya, jarak roda ke roda semakin pendek maka akan semakin lincah di perkotaan untuk meliak-liuk.

Kelebihan All New Honda Vario 160 desain

Tapi akhirnya bikin motor jadi kurang keren. Motor yang bakal keliat cakep itu jika roda belakang panjangnya setara dengan ujung buritan belakang motor. Minimal sama, kalau roda lebih panjang dari body motor, itu bakal jadi keren banget. Tapi ya motor jadi kurang lincah walaupun akan lebih stabil.

Solusinya? Gak ada, karena terlalu ribet dan mahal kalau harus manjangin wheelbase. Ya harus menerima desain begini dan bersyukur bahwa dengan wheelbase pendek akhirnya jadi lincah melibas kemacetan.

All New Honda Vario 160 lincah

Selebihnya, kekurangan Vario 160 2022 relatif minim, ya bisa dikatakan gak ada lagi. Soal CVT gredek harus dibuktikan setelah beberapa ribu Kilometer. Tapi nampak bahwa Honda sekarang lebih bagus ya, gak terlalu bising komplain gredek seperti tahun-tahun lalu.

Harga ya agak lumayan memang. Tapi berhubung sekarang Scoopy udah mihil jigi, yaudah harga Vario 160 dianggap normal lah ya.

Bagaimana dengan kelebihan Honda Vario 160? Wah ya banyak.

Kelebihan All New Honda Vario 160 Terbaru tahun 2022

Ngomongin kelebihan Vario terbaru, berikut versi elmuha:

  • Enteng dan lincah.

Kelebihan All New Honda Vario 160

Menurut pengetesan, diakui bahwa Vario 160 ini handlingnya enteng dan lincah banget buat meliak-liuk. Hal ini karena Vario terbaru sudah menggunakan sasis eSAF yaitu bentuk sasis yang sudah seperti sasis mobil monokok, menggabungkan dua lempengan, bukan besi bulat. Sehingga dia lebih fleksibel dan lebih ringan namun mudah diposisikan rigiditasnya di beberapa titik.

Motor matic Honda semakin ke sini semakin ringan ditekuk. Dimulai dari Genio, Scoopy, dan merembet ke yang lainnya.

  • Mesin powerful dan ganas di putaran bawah

Mesin All New Honda Vario 160

Berbeda dengan PCX160 meskipun sama-sama menggunakan mesin identik, di Vario 160 ini semakin enak lagi di tarikan awal. Ini bisa jadi karena mesin didesain untuk tarikan awal karena Vario lebih banyak dipakai di perkotaan untuk stop and go, bisa juga karena bobot Vario 160 yang memang lebih ringan dibanding PCX 160 sehingga perbandingan bobot vs tenaga mesin itu lebih tinggi di Vario 160, bisa juga faktor penggunaan roller yang berbeza.

Jelas ke depan akan semakin banyak Vario yang lebih agresif di kemacetan, karena enak dibuat nyelap-nyelip dan mesinnya nonjok.

Baca juga :  5 Warna Baru Suzuki Satria F150 Injeksi 2021, BIRU & PUTIH GADING Cakep banget :(

Tapi akan tetep kalah sama BeAT sih karena mau selincah dan seganas apapun mesin, dimensi body Vario 160 jelas lebih lebar dan panjang.

  • Desain semakin modern dan naik kasta

Kelebihan All New Honda Vario 160 lampu depan

Ya saya bisa katakan bahwa Vario 160 ini seakan naik kastanya dibanding Vario 150. Itu gara-gara ada garis Forza di bagian samping belakang dan buritan juga seakan mengadopsi kemewahan PCX 160. Desain depan jelas lebih lebar juga yang akhirnya bikin semakin mewah. Berdampingan dengan Aerox 155 jadi lebih sepadan, kalau sebelumnya kan agak kebanting.

  • Fitur ya lengkap lah

Kelebihan All New Honda Vario 160 fitur charging

Nah di versi standar non ABS, fitur Vario 160 udah cukup banget lah ya. Ada smart key system, charging port, bagasi lumayan, speedometer digital, dll. Yang gak ada apa? Ya fitur-fitur yang belum saatnya ada di motor kelas 20 jutaan. Hybrid misalnya, eh itu ada di Yamaha Fazzio ya. Atau Traction control, dsb.

  • Suspensi empuk katanya

Diklaim tidak ada perubahan suspensi dari Vario 150. Lalu mengapa lebih empuk? Ya mungkin karena ada penambahan bobot kendaraan sekitar 5 Kg sehingga suspensi udah turun dikit. Suspensi belakang dirasakan sama seperti Vario 150.

  • Dek rata

Eh ini kelebihan bukan ya? Ya bisa iya bisa engga sih. Yang jelas dengan dek rata, maka motor ini lebih aman buat para wanita yang pakai rok ya. Kaki bisa rapat saja.

Kelebihan All New Honda Vario 160 dek rata

Buat bawa barang belanjaan jelas juga lebih leluasa. Makanya motor ini bakal jadi motor favorit OjOl juga nih.

Ya intinya, di kelas mesin 150 cc ke atas, Vario 160 adalah satu dari sedikit pilihan di kelas matic medium yang masih rata deknya.

Sepengamatan saya, dari pemilik Vario yang saya kenal, Vario itu jadi favorit Ibu Muda dan wanita-wanita muda, yang standar aja seleranya. Kalau yang suka imut-imut akan pilih Scoopy. Kok gak BeAT? Ya kalau BeAT jangan ditanya, ini mah karena terpaksa aja sih makanya jadi yang paling laris dibeli. Aslinya ya pada pengennya Scoopy or Vario or PCX lah. Dan itu bagus, beli lah yang mampu, jangan yang dipengenin.

All New Honda Vario 160 putih merah hitam

Ah udah ah. Ya inilah sekelumit opini saya tentang jkelebihan dan kekurangan All New Honda Vario 160.

Kesimpulannya; jelas motor ini menarique untuk banyak orang. Termasuk elmuha yang tadinya bodo amat dengan adanya Vario series, sekarang memasukkan Vario 160 ke dalam deretan motor yang recommended untuk dipinang.

Originally posted 2022-02-10 15:57:51.

LEAVE A REPLY