Cara Praktis Daftar PKH Bansos Cukup dengan KTP dan HP!!!

Berikut link daftar Program Bantuan Sosial PKH 2022. Anda bisa mendapatkan BLT dari ibu hamil hingga anak sekolah hanya dengan KTP dan handphone.

Program Bantuan Sosial PKH yang mencakup komponen ibu hamil dan anak sekolah terus disalurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial atau Kementerian Sosial hingga Maret 2022.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan BLT dari ibu hamil hingga anak sekolah, bisa langsung mendaftar sebagai penerima Bantuan Sosial PKH 2022 cukup dengan menggunakan KTP dan handphone di link Kemensos.

 

Masyarakat miskin harus mendaftar di DTKS agar dapat terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial PKH untuk memperoleh BLT dari ibu hamil hingga anak sekolah.

Daftar DTKS juga dapat dijalankan dengan dua cara. Artinya, satu cara mengakses kantor desa setempat secara langsung dan satu cara menggunakan aplikasi CheckBansos.

Cara daftar offline di PKH Bantuan Sosial

  1. Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Anda dan masyarakat miskin akan mendaftar ke desa / Kerlahan setempat.
  2. Selain itu, data akan dibahas di tingkat desa/kerlahan untuk membahas situasi penduduk yang berhak mengikuti DTKS.
  3. Hasil musyawarah menunjukkan berita acara yang ditandatangani oleh walikota/Lula dan perangkat desa lainnya.
  4. Risalah digunakan oleh lembaga kesejahteraan sosial untuk memvalidasi dan memvalidasi data peralatan lengkap melalui kunjungan rumah
  5. Data divalidasi dan divalidasi sebelum dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan.
  6. Data yang masuk dalam SIKS akan diproses oleh dinas kesejahteraan sosial untuk verifikasi dan validasi dan dilaporkan kepada Bupati/Walikota.
  7. Selain itu, Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan oleh Gubernur dan diteruskan kepada Menteri.
  8. Jika sudah lengkap akan diproses oleh Himpunan Bankir Jepang (Hinbara), kantor desa, kantor walikota/kelurahan.
Baca juga :  Sri Muryani mengatakan komposisi bansos tahun 2022 telah berubah

Kemudian, sebagai cara kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi Cek Bansos untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

 

Cara Pendaftaran Bakti Sosial PKH2022 Online

  1. Download aplikasi CheckBansos dari Play Store
  2. Selanjutnya siapkan KTP dan KK sebelum masuk ke aplikasi cek bansos.
  3. Kemudian masuk ke aplikasi dan pilih menu daftar saran. Masyarakat dapat mendaftarkan diri, anggota keluarga, atau tetangganya sebagai KPMPKH.
  4. Kemudian pilih menu Tambah Saran
  5. Sistem akan otomatis mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kepatuhan Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemenkes.
  6. Langkah selanjutnya adalah memilih Bantuan Sosial PKH.

Namun perlu diketahui bahwa jika Anda adalah anggota DTKS, Anda tidak akan otomatis menerima bansos PKH.

Hal ini dikarenakan pemerintah telah menetapkan bahwa setiap program bansos memiliki mekanisme dan persyaratannya masing-masing tergantung pada variabel yang dipersyaratkan oleh DTKS Kementerian Sosial dan dibatasi oleh alokasi tertentu.

 

Apakah Anda memenuhi syarat sebagai penerima bansos atau tidak, ada tiga cara untuk mengetahui status komunitas Anda di DTKS Kemensos:

  1. Situs Cekbansos.kemensos.go.id
  2. Aplikasi cek bantuan sosial
  3. Menanyakan status DTKS atau bansos kepada dinas kesejahteraan sosial.

Tidak diragukan lagi, masyarakat yang tergolong KPM berhak mendapatkan Bantuan Sosial PKH kategori ibu hamil atau nifas dan bayi sebesar Rp3 juta.

Selain itu, siswa SD akan mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp 900.000, siswa SMP akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,5 juta, dan siswa SMA akan mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp 2 juta.

Tak hanya itu, lansia dan penyandang disabilitas berat masing-masing akan mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp2,4 juta.

Originally posted 2022-03-28 15:26:00.

LEAVE A REPLY