Setiap tahun Google rutin merilis daftar aplikasi terbaik dari beberapa kategori. Di akhir tahun lalu, Google juga sudah merilis 10 aplikasi terbaik di Play Store yang tentunya menggunakan parameter versi Google.

Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak aplikasi yang jumlahnya mencapai ribuan di Google Play Store yang bisa kita unduh dan gunakan baik yang tanpa biaya atau yang harus membayar biaya subscription tiap bulan atau tahun.

Namun dari banyak aplikasi yang tersedia, tentu akan butuh waktu lama untuk memilih aplikasi apa saja yang recommended. Maka untuk memudahkan kalian mencari aplikasi terbaik, daftar berikut bisa menjadi panduan yang memudahkan.

Langsung saja simak 10 aplikasi terbaik versi Google Play Store versi 2021 yang tentu bisa kita gunakan di tahun 2022 ini.

1. Balance: Meditation & Sleep

Yup aplikasi ini adalah untuk membantu kita melakukan meditasi sendiri di rumah. Mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik 2021 versi Google, apa saja yang diberikan oleh aplikasi ini?

Dari penjelasan resminya, Balance bisa meningkatkan kualitas tidur kita, mengelola stress, demi mendapatkan kualitas hidup lebih baik. Di aplikasi ini kita akan dilatih setiap hari, mmenjawab pertanyaan tentang pengalaman meditasi, goals, serta program yang cocok dengan kita.

Di dalam aplikasi ini juga tersedia ribuan audio untuk membantu kita melakukan meditasi. Aplikasi ini memberikan penawaran gratis satu tahun kepada pengguna tepat setelah mendownload aplikasi ini.

Jika kalian membutuhkan peningkatan kualitas hidup agar bisa lebih tenang dan memiliki emosi stabil dalam menjalani hidup, udah saatnya untuk mengunduh dan memanfaatkan aplikasi meditasi terbaik ini.

2. Pokemon Unite

Aplikasi gaming multiplayer yang mendapatkan penghargaan sebagai game android terbaik 2021 ini bisa sangat nagih bagi pemainnya.

Dibuat dengan franchise dari Pokemon yang sudah sangat populer di semua kalangan, aplikasi ini akan menyajikan pertarungan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain.

Kita akan diminta untuk memainkan karakter Pokemon yang sudah kita pilih lalu bekerja sama dengan pemain lain untuk memenangkan pertandingan. Aplikasi gaming ini juga bisa terhubung dengan platform lain seperti Nintendo Switch. Untuk memudahkan permainan, ada fitur chatting dengan pemain lain bahkan sudah tersedia fitur komunikasi melalui suara.

3. Bird Alone

Jika game sebelumnya adalah multiplayer, maka game Bird Alone ini adalah game single player yang menuntut kita untuk bisa menjadi sahabat yang baik dengan seekor burung paling kesepian sedunia.

Baca juga :  Potensi Pendapatan dari Aplikasi BIGO

Kita bisa membangun komunikasi dengan membicarakan tentang kehidupan, membuat musik, menggambar, menulis puisi, menjawab pertanyaan tentang arti kehidupan, dll.

Game unik ini seperti memberikan pengalaman untuk memiliki teman baru dan membangun persahabatan yang menggali banyak hal tentang kehidupan.

4. Moonbeam | Podcast Discovery

Aplikasi ini adalah cara termudah untuk menemukan podcast favorit dan menarik bagi penggunanya.

Kita hanya perlu swipe untuk mencari podcast yang sudah disesuaikan dengan minat kita. Semakin sering kita memilih podcast, maka semakin akurat aplikasi ini memberikan rekomendasi kepada kita.

Moonbeam juga membuat cuplikan dari podcast-podcast yang berdurasi panjang sehingga akan sangat memudahkan kita memilih mana podcast yang menarik.

5. FWD: Learn Daily in 5 mins

Wow! Aplikasi ini bisa bikin kita lebih pintar setiap harinya dengan waktu singkat untuk membaca materi dari artikel, buku, podcast, dan video.

Aplikasi ini memang didesain untuk alat belajar dengan waktu yang lebih singkat dengan cara mengambil intisari penting dari materi yang panjang. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk membaca keseluruhan buku dan hanya mempelajari kunci-kunci pentingnya saja. Ada banyak kategori materi yang tersedia.

Di masa yang sudah bikin kita punya waktu singkat untuk belajar, setidaknya belajarlah dari aplikasi FWD ini agar kita tidak mandeg dalam menuntut ilmu setiap harinya.

6. Speechify – text to speech tts

Aplikasi ini merupakan alat untuk membacakan text seperti PDF atau textbook, sehingga kita tidak perlu repot lagi membaca dan cukup dengan mendengarkan saja. Bukan hanya buku, Speechify juga bisa membaca dokumen, email, file, bahkan artikel online.

Caranya juga terbilang mudah, aplikasi ini bisa menscan lembaran text, atau kita bisa upload file PDF, bisa juga dengan kita copy-paste artikel ke aplikasi ini. Lalu kita tinggal duduk mendengarkan.

Menggunakan aplikasi ini akan seperti memiliki asisten pribadi untuk membacakan artikel untuk kita selagi kita sambil melakukan aktivitas lain atau duduk manis menikmati teh hangat. Tersedia 30 pilihan suara dan 20 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi ini.

7. My Friend Pedro: Ripe for Revenge

Kembali lagi ke aplikasi jenis game, My Friend Pedro ini akan mengajak kita ber-adventure berdasarkan stage-stage dengan mengalahkan musuh. Kita bermain sebagai single-player untuk melewati berbagai rintangan yang sangat menantang kemampuan kita mengukur jari.

Baca juga :  7 Aplikasi Bagus yang Kamu Harus Cobain

Dengan banyaknya pilihan aksi hingga 37 action dengan berjalan, berlari, naik motor, hingga skateboard, akan memberikan tantangan bagi pemainnya. Jika kalian mencari jenis game yang harus menaklukkan banyak level, unduh deh game unik ini.

8. Sleep Cycle: Sleep Tracker

Aplikasi yang didesain khusus untuk meningkatkan kualitas tidur ini bisa membantu kita yang selama ini memiliki masalah tidur. Aplikasi ini bisa menyediakan alarm, melacak dengkuran, serta memberikan suara yang bikin relaks.

Tentu saja selain itu ada fitur utama seperti mengukur tidur kita, menganalisis tidur, serta memberikan laporan  dari hasil analisisnya. Laporan ini juga mudah dipahami dengan dilengkapi grafik dan tren tidur. Bagaimana bisa aplikasi ini melakukan itu semua? Tentu dengan memanfaatkan teknologi pada smartphone yang memiliki sensor serta tools yang bisa melacak aktivitas tidur kita. Tentu aplikasi ini juga bisa dihubungkan ke smartwatch dengan WearOS.

9. Concepts

Aplikasi ini adalah untuk membuat sketch, note, dan menggambar. Concepts bis sangat berguna untuk membuat gambar ilustrasi baik untuk pemula maupun bagi yang sudah mahir.

Dengan tools lengkap dan kemampuan yang sangat advance, kita bisa melakukan banyak hal di aplikasi ini. Ilustrasi yang menarik ataupun diagram unik, denah rumah, hingga membuat desain gambar yang kompleks, bisa dilakukan di aplikasi Concepts ini.

10. Canva: Design, Photo & Video

Aplikasi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna ponsel pintar. Canva sering digunakan untuk membuat presentasi yang menarik, membuat poster, mengedit foto, bahkan mengedit video, dengan banyaknya template yang tersedia.

Tersedia juga banyak sekali gambar dan video gratis di library Canva yang bisa membuat desain kita menjadi ilustratif dan menarik.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna personal, pengusaha, siswa dan guru, mahasiswa dan dosen, atau oleh content creators. Dengan banyaknya pilihan stock grafik dan alat, hanya kreativitas kita saja yang membatasi.

Semua aplikasi di atas bisa diunduh langsung dari halaman Google Play Store.

Originally posted 2022-03-28 21:26:07.

LEAVE A REPLY