Paket TAU Telkomsel adalah paket promo yang bisa dibeli oleh pengguna kartu-kartu tertentu. Dari 4 kartu Telkomsel yang saya punya, hanya dua saja yang memiliki paket TAU Telkomsel ini, yakni kartu AS dan kartu Loop. Dua kartu lainnya yang merupakan kartu simPATI, saat ini tidak bisa membeli paket ini, di saya, btw.

Apa yang membedakan paket TAU Telkomsel dibanding paket-paket lainnya?

Adalah ketentuan bahwa paket TAU Telkomsel ini hanya bisa dibeli satu kali per bulan, dan per IMEI-nya dibatasi hanya sampai 10 kali pembelian. Ini tentu berlaku untuk TAU bulanan, untuk yang mingguan, cari sendiri aja ya infonya :p

Oke, jadi elmuha mencoba untuk nyicipin paket TAU Telkomsel, dan saya beli yang paket TAU Medium 30 GB harga cuma 70 ribu, menggunakan kartu Loop, “CUMA?”

Ya, menurut saya; CUMA.. Karena, paket medium 30 GB ini terbilang murah. Mari kita pretelin paketnya. Dengan harga 70 ribu tsb, kita mendapatkan paket-paket berikut;

  1. Kuota Internet reguler (Prime) : 2 GB
  2. Kuota Internet 4G : 5 GB

Sampai di sini saja, maka harga paket ini per GB-nya adalah Rp 10.000, yang artinya sudah tergolong lebih murah dari standar elmuha untuk paket Telkomsel saat ini yang berada di batas Rp 12.000 per GB. Ini standar saya pribadi, apakah sebuah paket Telkomsel layak dibeli atau tidak. Lalu………. Ditambah;

  1. Kuota Entertainment (Hooq, Viu, dsb) : 10 GB
  2. Kuota Midnight (00-07) : 13 GB
  3. Langganan Hooq dan Viu Gratis 30 Hari

Kelebihan paket TAU telkomsel

YES!!!! Paket internet TAU Telkomsel harga 70 ribu ini mendapatkan kuota internet 2 + 5 + 13 = 20 GB

Lalu bagaimana kualitas internetnya?

Jangan-jangan, koneksinya parah gara-gara murah?

Gini, yang saya tangkap waktu paket TAU pertama meluncur adalah bahwa Telkomsel seakan ingin memperkenalkan bagaimana sih kualitas internet Telkomsel kepada pengguna baru kartu Telkomsel, jadi, elmuha pikir waktu itu, gak mungkin lah Telkomsel ngasih sample product yang abal-abal.

Dan ternyata benar, waktu itu… 1-2 tahun lalu kira-kira, kualitas paket TAU ini terbilang bagus. Namun…

Sekarang ternyata ada sedikit kekurangan dari paket TAU Telkomsel ini.

Koneksi di jam sibuk, ternyata lumayan sering IDLE jika jaringan yang digunakan adalah 4G, kalau dipindah ke 3G, kualitasnya sangat normal. Artinya, ada kemungkinan prioritas koneksi kuota 4G lebih rendah. Namun ini hanya kadang-kadang saja terjadi, dan tergantung device juga. Kadang di laptop ngadat, ternyata di smartphone masih mau “narik” walaupun relatif slow.

Dari sini, saya sudah pesimis bahwa kualitas koneksi kuota Midnight akan lebih parah!!!

Ternyata tidak. Justru di waktu Midnight, di atas jam 12 malam, gangguan IDLE koneksi ini hilang. Jadi, kuota 13 GB bisa sangat menarik bagi pengguna internet yang sering begadang.

UJI Kecepatan/ Speed Test TAU Telkomsel?

Bukan rahasia jika koneksi 4G Telkomsel di jam sibuk saat ini tidak secepat dulu, setidaknya itu yang saya rasakan.

Paket TAU Telkomsel ini pun mentok rata-rata cuma 2.5 Mbps untuk download di jam sibuk, bahkan kadang di bawah 1 Mbps meskipun pada kondisi nyata penggunaan, kecepatan standar berada di kisaran 2-3 Mbps, tidak pernah benar-benar lelet, asalkan jangan idle.

Namun untuk upload, kecepatan 4G Telkomsel ini SUPER SEKALI, aduh jadi kangen Om Mario teguh..

Sudah jadi standar 4G Telkomsel untuk dapat kisaran 20 Mbps Upload. Jadi YouTuber bakal suka banget ama Telkomsel, beda jauh lah ama sebelah..

Kekurangan paket TAU Telkomsel

Siang ini, jam 11.00 saat artikel ini ditulis, saya coba uji lagi menggunakan Speedtest, dan hasilnya agak berbeda, SPEED download mendapatkan kisaran 4.5 Mbps dan Speed Upload sekitar 12 Mbps. Ya, jam segini belum tergolong jam sibuk, cuma agak sibuk aja.

KESIMPULAN untuk kualitas koneksi internet paket TAU Telkomsel, adalah, L.U.M.A.Y.A.N.

Jadi, dengan harga yang cuma 70 ribu, dapet 2+7 GB Internet (3G/4G) + 13 GB Midnight, WORTH IT!!!

Ini bahkan belum ngitung bonus kuota Entertainment untuk membuang waktu kita dengan sia-sia… 10 GB bisa nonton minimal 10 film, bahkan bisa nonton 30 Episode sinetron, di Hooq atau Viu. Semoga bermanfaat 😉

101 COMMENTS

  1. yg sya paling bingung dari paket internetnya telkomsel, itu internet reguler, atau disebutnya kuota data(bukan yg kuota 4G), yg 2GB d cerita d atas.. itu berguna di jaringan apa? 3G saja? atau bs 4G jg?

    • Kalau gak ada embel2 4G atau 3G only (seperti zaman dulu), sudah pasti bisa digunakan di semua jaringan. Termasuk juga kuota midnightnya. Kuota reguler biasanya paling tinggi prioritasnya/ paling penting, jadi digunakan juga paling akhir setelah kuota yang lain habis, kecuali kalau kita rubah setting ponsel ke sinyal 3G only.

  2. Paket internet TAU ini kalau habis masa berlakunya, nanti otomatis memperpanjang lagi sampe batas 10x pemakaian atau langsung berhenti kalau pulsa tidak mencukupi?

    • maaf, kemarin2 lupa mau bales. kalau ada pulsanya ya lanjut perpanjang. kalau pulsa gak cukup maka gagal perpanjang, tapi ya bisa beli dengan daftar lagi. sedangkan batas 10x pembelian, itu gak harus urutan selama otomatis perpanjang, tapi batas beli untuk satu nomor. setau saya begitu.

      • bang ane coba beli paket TAU yg ke2 kalinya tapi si kuota/paket nya tetep ga keganti gmna ya? pulsa udh kesedot

        • Beli di bulan yang sama atau berbeda?

          coba cek lagi. ada sms konfirmasi aktivasi gak. install aplikasi My Telkomsel biar bisa lebih jelas ngecek kuota

        • Iya saya juga mengalami hal demikian, karena kuota siang saya habis walau belum ada 30 hari dari beli paket sebelumnya saya beli kembali paket TAU yang sama, hasil pulsa terpotong namun kuota tidak bertambah sama sekali. Penipuan dari telkomsel, harusnya mereka taro pembelian gagal. Harap hati-hati.

      • itu kalau gagal perpanjang karna pulsa tidak mencukupi ga akan memotong pulsa yg ada kan?
        atau mending stop langganan dulu biar pas otomatis perpanjang pulsa yg ada ga kepotong?
        kalau misalnya saat ini stop langganan TAU, terus kpn-kpn aktifin tau lagi bisa ga?

        • kalau pulsa gak cukup tentuunya akan gagal perpanjang, dan gak akan memotong pulsa. kecuali kalau akses internet tanpa punya paket internet.

          TAU gak harus dibeli terus-terusan non-stop.

    • lebih baik sediakan pulsa yg cukup & biarkan perpanjang otomatis,,di mytelkomsel semua tertera. jng seperti kawan saya, masa aktif kuota tgl 28 tp sudah melakukan pembelian lg tgl 24. alhasil sampai sekarang tidak masuk

  3. Untuk yg midnight 00 – 07 itu berlaku seluruh zona atau baru aktif ketika masuk waktu 00:00 WIB? Karena saya berada di waktu tengah indonesia dgn asumsi klo memang berlaku WIB maka di tempat saya baru aktif pukul 01:00 (perbedaan waktu 1 jam) 😔

    • coba cek lagi. ada sms konfirmasi aktivasi gak. install aplikasi My Telkomsel biar bisa lebih jelas ngecek kuota.

      • kasus sama sms cuma ad aktif smpek tgl sekian tp paketan belum nmbh gmna niihhh… ku sdh telfo call center dsana dh aktf tp d my telkomsel atw d 888 gk nmbah…

        • beli di bulan sama ya?
          harusnya gagal beli. tapi kalo bisa dan gak ada paket masuk, saya kira itu karena bugs tsel, bugs yg membolehkan pembelian… karena ketentuannya pembelian hanya 1 kali per bulan.

  4. Kak saya coba beli paket TAU yg ke2 kalinya tapi si kuota/paket nya tetep ga keganti. pulsa udh kesedot. Udah dapet sms dari 3636 kalo paketnya udah aktif. Itu gmn ya?

    • 3 orang udah ngadu hal yang sama.
      jawaban saya tetep sama, belinya di bulan yang sama atau beda?
      Coba cek lagi, biar nyaman, cek melalui aplikasi My Telkomsel, atau yang berbasis web di My.Telkomsel.com

      yang saya gak paham, maksud kuota/paket gak keganti itu apa ya, emang tadinya apa, sudah ada paket yang aktif atau gimana, ini disampaikan juga oleh komentar lainnya.

    • Jujur saja 3 bulan terakhir saya berhenti pakai TAU karena ada paket PROMO lain menggiurkan dari Telkomsel, bisa dibeli di app atau web my.Telkomsel.com.

    • Ada saya tuliskan jelas di atas, kalau pembelian TAU itu 1x saja per bulan. jadi kalau beli lebih dari sekali, saya gak tau apa yang akan terjadi.

  5. Hahaha… Baca sampai bawah ternyata sudah banyak pelanggan yang kena hal yang sama, itupun masih yang komen dan masuk web ini, belum dihitung yang tidak. Saya juga mengalami hal yang sama sudah berlangganan TAU medium belum habis masa waktunya 30 hari saya beli kembali, hasilnya bukannya gagal namun berhasil pulsa terpotong 70ribu akan tetapi kuota saya tidak ditambah maupun diperbaharui yang baru. Chat via live Telkomsel yang jawab AI, worst live chat ever, i really recommend smartfren live chat (the best).
    Ps: there is no solution to this problem, just let it go…

    • saya penasaran apa yang akan terjadi di bulan berikutnya, kayaknya masih ada kemungkinan kuota tiba2 nongol 😀

      saya sendiri gak pernah ngalamin karena sejak awal sudah tau kalau paket TAU ini hanya 1x beli per (hitungan) 1 bulan untuk satu nomor.

    • biasakan membaca,,ketika masa aktif kuota habis akan otomatis diperpanjang. kuota masih/habis tp sudah melakukan pembelian lagi, ya gx bakal masuk/hangus. 1 bulan itu hari,tanggal, dan waktunya sudah ditetapkan oleh telkomsel ketika pembelian pertama kali. sampai sekarang saya masih berlangganan

      • yes, ini betul adanya..

        yang disesalkan mungkin sistem tsel yang membolehkan pembelian. atau bugs, saya yakinnya sih bugs, positive thinking 😀

  6. bro ini kok gak mau 4g ya internetnya padahal hp udah 4g apa cara kerjanya ngehabisin kuota yg 2gb itu baru bisa masuk yg kuota 4g itu ? apa gimana ? tolong jelasin 🙂 makasib

  7. bro, itu kan di option pembelian paket TAU kan khusus tulisannya Paket Android (khusus Android) kalo misalnya yg bukan android bisa ga?

    • kalau beli lewat aplikasi My.Telkomsel, itu udah gak ada keterangan android bro.. Jadi yang penting bisa beli, maka pastinya bisa digunakan di berbagai macam device.. Saran saya sih, beli lewat website My.Telkomsel.com, lebih mudah dan seringnya lebih murah. Bisa akses lewat laptop atau browser hp, gak perlu pakai android.

  8. hoox dan viu nya free 30 hari apa gmn ya? setauku motong kuota entertainment. Apa emang free tapi dibatesin 10gb gitu??

    • 30 hari itu gratis berlangganan hooq/viu. Sedangkan 10GB itu free kuota buat aksesnya. Kalau 10GB kuota entertainment habis, tapi masih ada sisa langganan hooq/viu misalnya 10 hari lagi, maka akan pakai kuota internet regulernya buat akses. Sebagai informasi, hooq/viu itu aslinya bayar langganan, cuma Tsel berbaik hati ngasih bonus itu, + bonus kuota buat akses.

  9. Gan, akses HOOQ/VIU itu gmn sih??
    Sy ga bs gunakan…
    Sy coba tanya2 ke org pintar (Bukan Dukun🤣), katanya hrs registrasi HOOQ/VIU perbulan 50k…
    Trs.. 10GB nya NOT FREE dong…
    Mohon penjelasannya mengenai Entertainment HOOQ/VIU,Gan..!!
    Terima kasih

    • coba baca jawaban saya di atas untuk pertanyaan dari Tiara.ard.

      Hooq/viu itu bayar langganan, tapi Tsel ngasih bonus di beberapa jenis paket, termasuk di TAU. 10GB itu kuota buat aksesnya, tanpa 10GB juga bisa akses pakai kuota reguler, asalkan masa aktif langganan masih ada.

  10. Bro knapa ya paket tau saya gak bisa buat youtube sm download di play store pdahal kouta nya masih banyak dan masa aktf kartu saya juga masih panjang.
    Mohon pencerahan nya

    • buat yang lain bisa?

      restart aja hp nya bro. atau rubah koneksi dari 4G ke 3G only, atau sebaliknya..

      kadang koneksi tsel itu agak berat buat server tertentu, seringnya instagram ama facebook.

    • Iya bener
      kenapa ya?
      apa ada kebijakan baru tapi g ada notif
      skr g bs buat update apps di playstore sama buka youtube
      punya saya malah yg 4g jg sama g bisa buat update apps

  11. Bnr sama persis dengan @Dolek
    kuota midnight sekarang g bisa buat update apps di playstore dan buka youtube
    pake 4g jg punya saya g bisa
    udh complain ke cs cuma dijawab pastikan menggunakannya pas waktu midnight 😀

  12. Penasaran pgn beli euy, tpi ngeliat komenan atas pada gabisa youtube sm download jadi ragu. Masih pada ga bisa youtube/download pake kuota midnight & 4g sampe skrg?

  13. Pake paket tau tu murah, cm kayk itu udah sampe 10x beli dia akan stop sendiri. Dan sy rasa g ada pembelian paket tau 2x dlm sebulan, tau langsung tolak sndiri.
    Cm stelah lewat sebulan paket tau bisa aktif kmbali…

  14. Bang paket TAU itu masa berlakunya 10x kan,trz kalo uda maketin slama 10x (10bulan) jadinya gmana? ?nti perpanjang otomatis ato kaya apa?mohon infonya

  15. Bang paket TAU itu masa berlakunya 10x kan,trz kalo uda maketin slama 10x (10bulan) jadinya gmana? ?nti perpanjang otomatis ato kaya apa?mohon infonya
    Sama itu paket entertaiment nya bsa dpakai buat maxstrem ndak.

  16. Bang paket TAU itu masa berlakunya 10x kan,trz kalo uda maketin slama 10x (10bulan) jadinya gmana? ?nti perpanjang otomatis ato kaya apa?mohon infonya.
    Sama paket entertaiment nya itu bsa dpakai buat ntn di MAXSTREM ndak.

    • kalo baru mau aktifin, berarti masih 10 bulan lagi, jangan dipikirin sekarang 😀

      biasanya menu pembelian ilang, atau pas beli gagal. maxstream gak termasuk dlm kuota entertainment.

  17. Bang kalo ane pake kartu Telkomsel bisa apa enggak takutnya nanti beli pulsa udah kesedot tapi gagal soalnya ane cek *363*13# kok bisa padahal kartu saya Telkomsel
    Makasih bang

  18. Mohon info gan saya sdh langganan paket Tau sdh pernah saya stop tapi kenapa setiap bulannya masih diperpanjang otomatis ya dan sdh pasti menyedot pulsa saya mohon info gimana cara stop paket TAU selamaya terimakasih

  19. Saya baru beli paket tau medium, setelah aktif bbrp menit, ada notif sms bahwa quota flash 4 g sdh habis, maksudnya apa padahal baru 2 menit

  20. ini ane juga baru nyicipin TAU yg 70k biasanya daftar yg flash 94K, tergiur sama midnight nya 😀 btw emang kuota midnigtnya ga bisa dipake youtube sama download google playstore gan? Sebelumnya terimakasih

    • entahlah 😀 banyak yg bilang gitu. ane sendiri belum pernah ya, asal sinyal lancar akses apa aja bisa.

      Sekarang favorit ane yg promo 32/37 GB harga 135-155rb, ditambah rutin beli paket midnight yg harian/mingguan, seribu rupiah/1GB.

  21. Mau nanya ni ketemtuan baru 10x pembeliam itu mulai kapan bang ? Soalnya duluu bgt aku sering banget langganan yg tau bulanan 30gb bisa2 aja beli paket trs2an nah trs aku berhenti dah lama bgt sekitar 5blnan trs aku mau beli lg ni tp keterangan nya “anda telah melebihi jumlah kuota dan disiruh beli paket yg lain ” pertanyaan nya apakah pembelian nya itu terakumulasi dr beberapa bulan yg lalu atau gimana ? Sdgkn dulu aku sering beli lebih dr 10x.

    • pembatasan itu dari dulu udah ada, cuma beda2 ketentuannya.

      kalo lagi apes, ya kena deh pembatasan. saya dulu udah pernah kena limit, tapi di ketentuan baru ini bisa beli lagi, alias limit yg dulu hilang.

      yg jelas, kalau 5 bulan lalu, ketentuan ini udah berlaku kok, kalau saya udah dulu banget, 3-4 tahun lalu 😀

  22. min paket TAU itu bisa dipake diperangkat lain gak sih ? apa cuma bisa dipake diperangkat yg digunakan buat aktivasi paket doang ?

  23. mau tanya gan,,
    paket TAU saya yang kuota data sudah habis
    tinggal kuota entertaiment, kuota 4G & midnight
    dan diantara ke 3 kuota tersebut hanya kuota 4G yang tidak bisa dipakai di jam kerja biasa
    itu kenapa ya?
    masa berlaku masih lama padahal..
    mohon pencerahan gan.

    • cek sinyal sudah gan?

      biasanya gak ada masalah kok kuota 4G, asal hp-nya mendukung 4G dan dapat sinyal 4G LTE.

    • saya cek masih ada bro. coba cek di webnya saja, my.telkomsel.com atau akses dari *363# juga ada tapi harga lebih mahal dari App atau web.

  24. kalo nonton film di hooq apakah kuota biasa akan berkurang dengan kuota hooq.?? atau yg di pakai hanya kuota hooq saja tanpa menggunakan kuota biasa??

    • Kalau kuota Hooq masih ada, tentu hanya akan pakai kuota Hooq. Kecuali kalau sudah habis, maka akan pakai kuota reguler. Namun sebagai catatan, saya pernah perhatikan, ternyata kuota reguler berkurang setiap kali membuka aplikasi Hooq, saya tebak sih, ketika sedang cari-cari film yang ingin ditonton, itu pakai kuota biasa/ reguler. Baru ketika nonton filmnya pakai kuota Hooq.

  25. Hallo kak. Baru aktifin TAU nih. Gak sengaja klik taunya langsung kebeli 🙁 tanya ya kak, kuota entertainment itu khusus hooq dan viu? Kalo donlot film, ig, fb, youtube itu jatohnya pake kuota reguler yg cuma 2gb itu?? Ohh sedihnyaa.
    Makasih sebelumnya kak.

    • ada beberapa selain hooq. kalo youtube dsb pasti pake kuota reguler. kan bukan 2 GB. kalau yg medium ada 2+5 GB plus midnight 13 gb

  26. mau mau tany kuota entertaiment itu dpat d gunakan untuk mnnton film saja.??
    atau ktika kuota yg 2gb n 5 gb habis,bisa d gnakan ?

    • yes, hanya untuk nonton entertainment di aplikasi yang sudah ditentukan. TAU ini value-nya biasa saja sekarang, lebih menarik yang Best Deal.

    • bisa, tapi tetap saja hanya akses yang memang mendukung, seperti misalnya Hooq, itu bisa akses dari HP lain. Tapi saya coba di laptop, yang kemakan bukan kuota entertainment, alias kuota reguler yang kemakan. kalau di hp lain dengan aplikasi Hooq, masih bisa dipakai kuota entertainmentnya.

LEAVE A REPLY