Kalau dulu ada istilah Skin HP, maka di Android kita menyebutnya dengan Launcher. Jika kalian ingin melakukan kustomisasi lebih banyak di home screen ponsel android, maka menggunakan launcher adalah salah satu cara paling mudah. Ada banyak jenis launcher dengan masing-masing fitur unggulan dan gaya yang berbeda-beda. Ada yang minimalis tampilannya, ada juga yang punya launcher ramai untuk pengguna yang memang ceria.

Dengan menggunakan launcher, kita bisa merubah bentuk-bentuk icon dan shortcut, merubah tampilan keseluruhan, hingga menambah fungsi-fungsi baru.

Jadi, jika kalian bosan dengan tampilan ponsel android yang saat ini dipakai, tidak perlu ganti HP, ganti saja wallpapernya, maka akan terasa seperti ponsel baru bukan? Jika tidak cukup, maka gunakanlah launcher untuk kustomisasi lebih banyak dan bikin ponsel androidmu seperti HP baru.

Saat ini, ada beberapa launcher bagus di Play Store, namun untuk memudahkan kalian memilih, berikut adalah top 5 launcher terbaik.

1. Nova Launcher

Sudah sangat populer di kalangan pengguna android, Nova Launcher mencoba menawarkan keseimbangan antara fitur-fitur dan kustomisasi tampilannya.

Nova launcher juga cepat, ringan, dan bisa dikustomisasi sesuka kita. Efek pada performa juga sangat minimal sehingga meskipun kita menggunakan launcher pihak ketiga ini, namun performa ponsel masih akan seperti biasanya.

Ada banyak pilihan yang bisa diatur seperti tema warna, bentuk icon, kustomisasi tampilan app drawer, hingga pengaturan folder dan infinite scrolling. Nova launcher juga senantiasa memberikan update untuk fitur baru serta memaksimalkan fitur-fitur yang sudah ada.

2. Niagara Launcher

Launcher satu ini cocok untuk kamu yang ingin bikin simpel tampilan depan ponsel namun sangat mudah untuk mengakses aplikasi. Tampilan launcher ini berusaha untuk menampilkan aplikasi dan notifikasi di tampilan depan dan di tengah.

Baca juga :  Harga DJI Osmo Action - Pesaing Serius GoPro bahkan "Lebih"

App drawer akan menampilkan aplikasi favorit yang sering kita pakai dan langsung tertera abjad untuk membuka aplikasi dengan cepat.

Niagara launcher didesain sangat minimalis sehingga kita tidak akan terganggu dengan tampilan aneh yang biasa muncul di launcher pihak ketiga.

3. Smart Launcher 6

Launcher ini sudah lama menjadi favorit banyak pengguna android dengan desain simple yang mengurutkan aplikasi favorit dan mengurutkan aplikasi berdasarkan kategori dan jenis app. Versi terakhir Smart Launcher ini juga membawa banyak fitur dan peningkatan baru.

Flower Grid membuat pengguna Smart Launcher ini sangat mudah untuk mengakses aplikasi secara instant dengan satu tangan. Sedangkan fitur smart search dan intelligent sorting serta drawer yang bisa dikustomisasi membuat kita mudah mencari aplikasi yang kita butuhkan.

Bukan itu saja, kustomisasi juga berlaku untuk icon dan warna yang adaptif, widget yang bisa diubah ukurannya, serta kustomisasi lainnya membuat launcher ini lebih menarik dibanding tampilan launcher klasik.

4. AIO Launcher

Berbeda dari launcher sebelumnya, AIO launcher memberikan tampilan yang lengkap memenuhi layar ponsel.

Launcher ini menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan, informasi sistem ponsel, panggilan terbaru, pesan baru dan email, agenda dan event kalender, dan informasi lainnya.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang bertolak belakang dari launcher minimalis, cocok untuk anda yang menyukai tampilan informatif yang lengkap.

5. Action Launcher

Jika ingin merasakan tampilan yang seperti Google Pixel, kalian bisa mencoba Action Launcher ini karena tampilannya bisa dibuat seperti tampilan asli Google Pixel. Selain itu, tentu tersedia juga berbagai fitur untuk kustomisasi tampilan menjadi sesuai selera masing-masing.

Action Launcher juga dilengkapi dengan adaptive app bar, Oreo-style app shortcut, dan Slide out app drawer yang memudahkan untuk quick access aplikasi dan widget.

Baca juga :  Review Speaker Bluetooth Robot RB210, Harga murah tapi berkualitas gini!

Launcher ini juga dilengkapi dengan gesture spesial seperti covers atau shutters sehingga akses fitur bisa lebih instant. Warna tampilan juga bisa dibuat otomatis mengikuti warna dominan dari wallpaper dan diterapkan ke warna app drawer, background folder, dan search box.

Jika 5 launcher di atas belum sesuai dengan selera kalian, masih ada banyak launcher lainnya yang bisa dipilih.

Launcher lainnya yang juga masuk daftar recommended antara lain Hyperion Launcher yang bisa memberikan tampilan seperti Google Pixel juga dengan berbagai kustomisasi tampilan dan warna, lalu ada Customized Pixel Launcher yang juga secara khusus memberikan tampilan layaknya Google Pixel, kemudian ada Apex Launcher yang menyeimbangkan fitur dan performa, Poco Launcher yang seperti namanya memberikan tampilan seperti Xiaomi Poco dengan fitur-fitur yang khas, dan Microsoft Launcher yang merupakan rebrand dari Arrow Launcher.

Jika kalian ingin menggunakan launcher, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah efek pada performa ponsel setelah kalian menggunakan launcher pihak ketiga.

Jika ponsel dirasakan lebih berat dari sebelumnya, maka pertimbangkan apakah menggunakan launcher layak dibanding performa yang terpengaruh. Kalian juga bisa tetap menggunakan UI bawaan dan menambah widget khusus dengan mengintall aplikasi khusus untuk memberikan fitur tertentu.

Originally posted 2022-03-30 22:14:55.

LEAVE A REPLY