Dalam halaman ini, saya ingin brainstorming hobi-hobi apa saja yang harus saya miliki untuk supaya bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.

Ide ini saya dapatkan ketika membuka laman di blognya Om Yodhia, dan lalu ada satu infographic di bawah ini.

5 hobi yang harus kita miliki

Lalu saya pikir, ini bagus banget untuk membangun diri saya menjadi lebih baik di masa depan.

So here there are.. Hobi yang sebaiknya kita miliki karena kita butuh untuk membangun diri kita menjadi lebih baik atau menjaga kualitas hidup agar tetap baik ke depannya.

1. Hobi untuk menghasilkan uang

Yes, banyak sekali orang yang mendapatkan uang dari hobi mereka. Dan ada yang bilang juga bahwa pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang merupakan hobi kita.

Memang ada juga yang sebaliknya melakukan pekerjaan yang tidak disukai sehingga kita bisa membiayai hobi atau aktivitas yang kita sukai.

Tapi saya lebih setuju pendapat yang pertama. Kita butuh satu hobi yang bisa menghasilkan uang untuk kita.

Ada yang hobi bertanam lalu kemudian mendapatkan uang dari menjual bibit, hasil tanam, atau bisa juga dari blog dan channel yang dia buat sambil bertanam.

Hobi berkebun

Lalu elmuha sendiri suka apa dong?

Saya suka nulis atau mungkin lebih tepat disebut corat-coret. Mulai dari ide, diary, pengalaman, dsb. Saya sejak dulu memang suka menuliskannya di buku diary. Akhirnya setelah ada blog, saya pindah nulis di blog, dan guess what?! Ya saya sudah mendapatkan lebih dari 100 juta rupiah dari kegiatan menulis di beberapa blog.

Sampai lalu akhirnya saya tidak lagi menganggap bahwa kegiatan menulis saya adalah hobi, melainkan keharusan, pekerjaan saya. Dan mulai saat itu saya tidak lagi benar-benar menikmati untuk menulis dengan tujuan mendapatkan trafik dan lalu uang adsense.

hobi menulis di blog

Hmm, namun ketika saya pikirkan lagi, saya masih sangat hobi dalam menulis kok. Tinggal tugas saya adalah mengatur mindset dan writers block agar bisa menulis di blog lebih plong dan tidak ada beban.

Saya juga hobi fotografi sejak masih kecil. Kamera pertama saya dibeli saat saya kelas 5 atau 6 SD, lupa, dengan hasil ngumpulin duit sendiri, walau akhirnya ditambahin oleh bapak saya karena kurang beberapa puluh ribu rupiah. Dulu harga kamera pertama saya adalah 220 ribuan rupiah kalau gak salah ingat.

Nah, sekarang, hobi fotografi ini bisa banget dong ngasilin uang buat saya. Caranya bisa dengan jadi tukang foto, jual foto online, bikin channel YT, dsb. Yang sudah saya rasakan adalah dapet uang dari channel YT sih, dikit tapi. Baru 3 jutaan rupiah saja, ya tetep Alhamdulillah. Ke depan saya pingin lebih serius menekuni hobi fotografi supaya bisa lebih serius juga dapetin uangnya 😀

2. Hobi agar tubuh kita tetap fit

Yup, kita harus senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita gaes. Sehingga nanti sampai umur kapanpun, tubuh kita bisa tetap menopang kehidupan kita. Mudah-mudahan kita juga bisa jauh dari penyakit serius. Aamiin.

Nah, contohnya apa dong?

Hobi nge-gym? Hmm saya belum sama sekali.

Tapi hampir sih, saya itu suka push up dan pull up dari udah lama banget, sejak masa SMP lah. Dan sampai sekarang masih sebenernya.

Tapi ada yang benar-benar hobi sih selain nge-gym. Adalah LARI dan Bulu Tangkis.

Hobi untuk menyehatkan tubuh

Ya, saya suka kok jogging, walau ya gitu deh bagi sebagian orang, lari adalah kegiatan yang dibenci karena berat banget.

Saya juga suka olahraga yang bentuk tanding gitu, termasuk Bulu Tangkis, Tenis Meja, bahkan Sepak Bola. Saya suka banyak sebenernya, Voli juga, ah banyak lah. Cuma sejak ada tuntutan bahwa saya harus jadi orang kaya, hobi-hobi itu terkikis dengan mudahnya. Cuma jogging dan pull up aja mungkin yang masih bisa saya lakukan, ya lumayanlah. Tapi udah beberapa bulan terakhir juga lagi Mager 🙁

Yuklah semangat lagi buat jogging dan olahraga.

3. Hobi agar kita tetap kreatif

Meskipun bagi sebagian orang mungkin hobi ini tidak terlalu penting, namun kita sebenarnya perlu untuk mengasah kemampuan berpikir kita agar selalu kreatif.

Caranya adalah dengan menambah PENGALAMAN baru. Tidak harus yang sulit, melainkan kita bisa mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru dan sedikit bertukar pendapat, ada yang sukanya diam menikmati pemandangan alam yang indah, ada juga yang mengunjungi museum ataupun pasar-pasar, asalkan jangan jadikan hobi ini untuk membuang-buang duit ya.

Hobi untuk menambah kreativitas

Memperluas kawasan observasi adalah salah satu cara untuk membuat diri kita memiliki masukan-masukan imajinasi yang baru sehingga kita bisa lebih kreatif.

Ada satu serial TV yang inspiratif banget. Jadi di situ seorang marketer lagi nyari ide yang bagus untuk produksi video iklan. Nah, dia akhirnya menyasarkan diri dan sampai mengikuti sebuah komunitas untuk menenangkan batin (Yoga dll). Dan tidak disangka, dia mendapatkan ide luar biasa untuk pembuatan iklan perusahaan besar; Coca Cola.

Elmuha dalam bidang ini punya satu hobi yakni kelayaban alias motoran ke jalan yang belum pernah dilalui, lalu keliling-keliling, dan diakhiri nongkrong di satu tempat sambil menikmati minuman lezat.

Saya juga hobi nonton film yang ternyata kadang berguna dalam mengeluarkan sisi kreatif.

4. Hobi untuk menambah pengetahuan

Yes, hobi nomor 3 di atas memang bisa menambah pengetahuan. Tapi di nomor 4 ini, kita lebih fokus ke pengetahuan yang bersifat dari eksternal lalu kita masukkan ke dalam pikiran dan kemampuan kita.

Contoh-contohnya adalah hobi membaca buku, mendengarkan podcast ilmu, menonton dan mempelajari video tutorial untuk mengembangkan skill, dll.

hobi untuk bikin pintar

Saya sebenarnya suka sekali membaca buku. Tapi hambatan saya dan jutaan manusia lainnya adalah; merasa tidak punya waktu untuk membaca buku ketika pikiran kita disibukkan dengan cari uang, cari uang, dan cari uang.

Karena itulah, kita harus membuat jadwal untuk aktivitas wajib membaca buku. Misalnya 1 jam sebelum tidur. Atau 1 jam sebelum matahari terbit. Bisa juga 1 jam sebelum matahari terbenam. Bahkan jika tidak ada waktu 1 jam, 30 menit pun sudah sangat lumayan dibanding tidak sama sekali.

5. Hobi untuk mengembangkan mindset

Ini adalah level yang cukup berat dan serius yakni hobi untuk merubah pola pikir kita menjadi lebih baik setiap harinya. Bukan justru merusak ya..

Hobi ini juga berhubungan dengan bidang spiritual dan sosial kita. Jadi bagus banget untuk menjaga kita agar tetap menjadi manusia yang bermartabat.

hobi bermeditasi

Beberapa contoh hobi di bidang ini antara lain; bermeditasi, bersyukur, berbuat baik kepada sesama, serta hobi dalam menyaksikan kisah-kisah yang inspiratif dan membuat hati kita tersentuh.

Saya pribadi belum memiliki hobi ini yang rutin dijalankan setiap hari. Kalau setiap minggu dan setiap bulan mungkin ada.

Tapi saya tetap memiliki keharusan untuk beribadah Solat 5 kali sehari dan sesekali menyumbang sebagian kecil dari rizqi yang saya dapatkan.

Saya juga hobi mendengarkan ceramah-ceramah yang membangkitkan sisi kemanusiaan dalam diri saya. Alhamdulillah sebagiannya berhasil merubah pola pikir saya menjadi lebih baik.

 

Demikian 5 hobi yang kita butuhkan untuk dilaksanakan setiap hari dan bisa bermanfaat dalam menjaga diri kita agar tetap berkualitas, atau menjadi lebih berkualitas dibanding saat ini.

Bagaimanapun kondisi kita saat ini, satu pesan saya pada kalian dan diri sendiri adalah; mulai dari yang terkecil, mulai dari sekarang, dan konsisten!

LEAVE A REPLY