All New Honda PCX 2021 atau PCX 160 sudah resmi dirilis di Indonesia beberapa hari lalu, bahkan sudah dikirimkan dari pabrik ke dealer-dealer tertentu.

Sekejap saja, Honda PCX 2021 akan melenggang di jalanan menggoda iman rider lainnya.

Dengan spesifikasi dan fitur yang diusung oleh PCX 160, praktis elmuha juga menganggap motor ini adalah motor terbaik di awal 2021 ini.

Motor matic terbaru Honda di 2021 ini layak dipinang dengan beberapa alasan berikut ini!

1. ALL NEW, Semuanya baru!

All New Honda PCX160 2021

PCX 150 lokal diluncurkan di 2018, ternyata hanya selang 3 tahun, Honda baik hati memberikan upgrade signifikan yang ternyata adalah All New alias baru semuanya.

Mulai dari sasis, mesin, printilan fitur, desain body, bagasi, tangki, speedometer, BARU!

Dan tentu saja lebih baik, lebih luas, lebih lengkap. Kita akan bahas di bagian bawah untuk semua kelebihan PCX 2021 ini.

2. Desain body luar CAKEP banget.

Honda PCX 2021 putih
Foto ini bikin PCX jadi menggoda banget, kayaknya pengaruh mbak-mbaknya juga. Sudut terbaik PCX.

Desainnya lebih matang dibanding PCX 150 lokal, dan ada semilir-semilir yang bilang bahwa PCX 160 ini memang sengaja didesain untuk melawan salah satu king di medium matic yakni Yamaha NMAX.

Terlihat di mesin yang pakai 4 valve, lalu kaki-kaki yang kini menjadi kekar, gak cungkring lagi.

3. Fiturnya MENAWAN sekali.

Bagasinya 30 liter, naik dibanding gen sebelumnya yang kalau tidak keliru berkapasitas 28 liter. Bayangkan 30 liter ini seperti sebuah tas 30 liter, maka setara tas gunung kecil. Bisa bawa helm cadangan, sepatu, atau baju ganti. Lega!

Honda PCX160 2021 merah

Socket charging juga kini sudah menggunakan port USB, jadi kita gak perlu membeli adapternya. Langsung sediakan kabel, colokkan ke HP atau gadget. Gak lemot, outputnya hingga 2.1A.

Tangki BBM 8.1 liter. Anggaplah konsumsi BBM-nya 40-45 Km per liter, maka satu kali isi bensin full tank maka bisa menempuh jarak 324 – 365 Km.

Itu merupakan alasan membeli PCX 2021 secara umum, dan berikut adalah point-point lebih detail.

Kelebihan Honda PCX 2021

Kelebihan Honda PCX 160 2021

  • Foot area alias area kaki tergolong luas, ergonomi bisa normal bisa juga sedikit selonjoran, bikin nyaman untuk riding jarak jauh.
  • LED lights di depan dan belakang dengan desain yang futuristik, modern, cakep banget.
  • Speedometer punya desain keren dan berisi info yang terbilang lengkap, ada info Smart Key indicator, HSTC Indicator, Oil Change Indicator, Battery Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Fuel Consumption Indicator, Jam Digital dan ABS Indicator (khusus tipe ABS).
  • Desain velg baru, cakep!!! Ukuran ban semakin lebar, depan 110/70 – 14 inch. Belakang 130/70 – 13 inch, tentunya jenis tubeless.
  • Rem cakram depan-belakang. Ada sistem CBS (Combi Brake System) yang berguna agar motor tetap stabil ketika direm keras karena rem depan dan belakang sama-sama bekerja dengan menarik satu tuas saja. Serta untuk varian ABS ada Anti-lock Braking System yang berguna supaya ban tidak terkunci ketika kita rem keras.
  • Suspensi belakang ganda, travel lebih panjang sehingga lebih nyaman dibanding gen sebelumnya.
  • Mesin barunya pakai 4-valve, kapasitas naik menjadi 156.9 cc dengan bore-stroke 60 x 55.5 mm, kompresi tinggi 12 : 1, power sebesar 11.8 kW atau 16 PS pada 8500 rpm, dan torsi 14.7 Nm pada 6500 rpm.
  • Pengisian BBM praktis karena gak perlu buka jok, dan ada tempat meletakkan penutup tangki di bagian covernya. Simpel tapi memudahkan.
  • Smart key yang terintegerasi dengan immobilizer, alarm anti maling, dan answer back system untuk mencari motor di parkiran padat.
  • Bagasi luas 30 liter dan USB port untuk charging seperti di jelaskan di paragraf sebelumnya.
  • Desain knalpot kini lebih proporsional, gak kekecilan.
  • Pilihan warnanya cakep-cakep, bikin bingung pilih yang warna apa. Elmuha suka yang hitam, putih, grey juga. Aduh biyung. Bahkan birunya pun cakep. Untung gak ada silver sehingga gak bikin tambah bingung.

Pilihan warna Honda PCX 160 2021 ABS dan CBS s

  • Punya HSTC (Honda Selectable Traction Control) yang membantu mengatur putaran roda agar tidak slip saat melewati jalanan licin.

Yup, jadi itu adalah kelebihan-kelebihan Honda PCX 160 2021 yang menjadi alasan kenapa motor matic Honda terbaru ini begitu menggoda iman.

Utamanya bagi elmuha sebenernya hanya ini; desain cakep banget, fitur oke banget, bonusnya power mesin udah lebih baik dari gen sebelumnya.

Bagaimana jika dibandingkan dengan rivalnya? Ya pengennya si pilih dua-duanya.

Desain Yamaha NMAX juga cakep banget, lebih sporty dibanding PCX, fiturnya mencukupi juga, power mesin juga oke, namun ada beberapa kekurangan NMAX yang ada di PCX, utamanya fitur-fitur kepraktisan yang gak semua orang butuh. Misal bagasinya, NMAX lebih kecil dibanding PCX, tapi gak bisa dikatakan kecil karena kapasitas 25 liter itu juga tergolong luas.

Pada akhirnya, pilihan kita akan kembali ke selera. Elmuha yang sudah agak berumur ini sepertinya lebih pas naik Honda PCX yang punya desain condong ke elegant dibanding sporty. Bagaimana dengan kalian bro?

Alasan Memilih Honda PCX 160 2021 Dibanding Motor Lainnya
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *