Kuota Ketengan YouTube yang dijual Telkomsel bisa menjadi pilihan menarik bagi kalian yang aktivitas internetnya lebih banyak di YouTube.

ketengan unlimited

Selain Ketengan YouTube, Telkomsel juga menawarkan kuota ketengan Instagram, Facebook, dan TikTok.

Yang paling menarik bagi elmuha adalah ketengan YouTube, karena kuota yang dihabiskan bisa besar banget dibanding Sosmed lainnya. Tapi, ternyata paket internet ketengan YouTube ini cukup bikin was-was, kok bisa?

Gak konsisten!

Mungkin itu yang tepat untuk mengomentari kuota ketengan YouTube. Di sini, saya akan coba menjawab berdasarkan pengalaman pribadi.

Di Mana Tempat Terbaik Membeli Kuota Ketengan YouTube?

Meskipun bisa melalui dial *363# lalu pilih menu kuota ketengan, namun di situ tidak ada pilihan yang unlimited.

kuota ketengan unlimited youtube

Jadi, lebih baik beli melalui MyTelkomsel App. Ada kuota unlimited ketengan untuk YouTube, Instagram, FB, dan Tiktok. Harga yang unlimited 1 hari adalah 4000 rupiah, per 3 hari 9rb.

Bagaimana cara pakainya?

Setelah ada info jelas bahwa paket sudah aktif, baik melalui notif app maupun SMS, maka kuota tersebut bisa langsung dipakai tanpa perlu melakukan apa-apa.

Syarat Agar bisa dipakai?

Nah ini yang cukup membingungkan. Pada info syarat dan ketentuan, ternyata ada kalimat bahwa agar nyaman menggunakan kuota ketengan ini, dibutuhkan paket utama.

Elmuha saat awal mencoba, tanpa ada kuota utama, ternyata memang tidak bisa dipakai. Akhirnya memutuskan untuk beli yang ketengan utama harian 3000 rupiah per 500 MB.

Maka, lancar semuanya. Kuota yang kepakai untuk akses YouTube adalah kuota ketengan YouTube, dalam hal ini saya pakai yang unlimited.

Bahkan, saat saya membuka YouTube melalui tethering di laptop, menggunakan web browser, itu yang kesedot masih yang kuota YouTube. Aman ya. Tethering ke HP lain sih jelas aman, karena akses YouTubenya menggunakan aplikasi YT.

Nah, saat jam sore, ternyata kuota utama saya habis. Padahal saya menghabiskan kuota banyak hanya YouTube. Dan sore itu saya buka YT dari laptop juga, di sini saya simpulkan, sepertinya yang kesedot saat sore itu adalah kuota utamanya, ketika saya pakai web browser untuk buka YT.

Setelah kuota habis, sempat kuota YouTube ini bikin susah buka YT. Di laptop boro2 bisa buka laman YT.

Di HP, kadang bisa kadang engga, tapi masih belum lancar. Sampai akhirnya lancar playing video, tapi sempat juga komentar dan video lain tidak ter-load dan ada info error koneksinya, tapi video yang ditonton tetap lancar jaya berjalan.

Lalu, akhirnya lancar lagi, semua konten di aplikasi YouTube bisa terbuka, meskipun kuota utama sudah 0.

Di sini, saya bisa katakan bahwa cara penggunaan kuota ketengan YouTube ini tidak konsisten. Makanya dibilang di syarat dan ketentuan; bahwa agar NYAMAN menggunakan, maka harus ada kuota utama.

Itu benar, jadi kalau gak ada kuota utama, kadang bisa kadang engga ya untuk buka YT pakai kuota ketengan YouTube ini. Lebih sering bisa sih dibanding enggak. Tapi pakai app YT, kalau pakai web browser laptop melalui tethering; gak bisa.

Bisa buat Upload Video ke YouTube?

Bisa! Biar aman, upload lah menggunakan aplikasi YouTube ya, jangan pakai web browser. Saya sudah buktikan, yang kesedot kuotanya adalah kuota ketengan YouTube, meskipun ada kuota utama aktif.

Bisa dipakai di Web Browser?

Kadang bisa, kadang sepertinya ngambil kuota utama. Not recommended sih, takutnya udah make banyak ternyata kuota utama yang keambil. Kecuali kalau kuota utamanya udah tinggal abisnya aja, gapapa pakai di web broser laptop.

Aman gak kalau ada kuota lain?

Aman, asalkan pakai aplikasi YouTube yang didownload dari Play Store atau App Store. Yang kesedot beneran kuota YouTube kok.

Aman gak kalau gak punya kuota utama dan ada pulsa?

Kalau gak punya kuota, dan punya pulsa, not recommended bro. Karena, seperti dikatakan di atas, pernah ketika kuota utama habis, itu gak ke-load bagian komentarnya. Jadi kalau ada pulsa, bisa aja sewaktu-waktu kesedot pulsanya.

Gimana kalau gak bisa dipakai?

Tunggu aja dan dicoba berulang2. Yang jelas, Telkomsel sudah tulis bahwa memang kita harus punya kuota utama agar nyaman menggunakan kuota ketengan YouTube ini. Jadi misal gak bisa buka juga, mungkin kamu gak punya kuota utama, itu jelas. Jadi, coba2 aja sampe bisa, tunggu beberapa saat lalu coba lagi, dst.

Bisa buat tethering WiFi?

Bisa, kalau tethering ke HP lain dan di HP lain pakai app YT, aman banget karena yang kesedot adalah kuota YouTube. Sedangkan kalau ke laptop, gak konsisten, yang kesedot bisa kuota ketengan, bisa juga kuota utama, jadi mending gak usah pakai web browser bro.

Sekian ya, pengalaman saya pakai paket internet kuota ketengan YouTube, saya pakai yang unlimited karena worth it.

Asalkan pakai aplikasi YouTube, kemungkinannya lancar asalkan ada kuota utama. Web browser; not recommended. Gak ada kuota utama? bisa kok, tapi kadang enggak bisa, sabar aja dan coba lagi.

11 COMMENTS

  1. Yang jelas Telkomsel merugikan customer dan pura pura bodoh.

    saya termasuk korban ini.
    pantesan di ILC pernah di bahas soal.istilah perampokan bisa sampai 500 trilyun per tahun seperti.cukai rokok.besarannya.

    ini monopoli perdagangan dan penjajahan. Telkomsel.harusnya punya rasa malu. apa bedanya dg korupsi, mencuri.

    • selama ini yg bisa bikin maklum itu karena gak jarang ada paket promo yg menurut saya murah banget, setahun terakhir lah. Tapi tetep aja, pas pulsa kesedot itu nyeseknya berasa banget. harusnya mereka bikin sistem buat nonaktifin internet kalau gak ada kuota, macam XL dulu punya. tapi ya gitulah,

  2. dan ini memang benar..
    sekarang unlimited Youtube seharga 8.000/hari..
    beli pulsa 10.000 – 8.000 sisa 2.000
    dan dalam waktu 1 atau 2 jam pulsa Utama 2.000 abis Youtube Gak bisa di buka..
    kalau di bilang penipuan emang bener..
    dan ini bukan pengalaman pertama..
    parah kalau isi pulsa 20k – 50k trus bli paket Unlimited Youtube, dan hal nyata sisa pulsa setelah bli paket kadang emang habis jadi 0..
    Gue cari solusi makanya nemu diskusi ini..

    • kalau di saya unlimited masih 4rb/hari. kalau gak ada kuota lain, sebenernya susah juga nyalahin tsel karena kadang ada notif email, whatsapp, dll, itu butuh kuota juga. jadi kuota ketengan ini memang gak boleh dibeli kalau ada sisa pulsa dan gak ada kuota lain, hampir pasti kesedot pulsanya.

  3. Emang kayak tai….jelas ini mencurangi…..memanfaatkan kelengahan customer untuk mencari keuntungan yg sebanyak2nya…..dengan maksud melegalkan pencurian….

  4. paket unlimited youtube 3 hari ada quota 11gb stelah pake yutube app ane cek sisa 10gb,trus yg unlimited apaanya dah,,

  5. kak mau nanya, jadi kalau saya beli paket ketengan tiktok unlimited tapi gak punya kuota utama jadi gak bakal bisa akses yaa kuota tiktok nya??

  6. Yeah, but still.. we stick to it like glue, ain’t we guys?! Well That just the way it is.. ‘slave’ must obey their ‘master’ 🤬😋

LEAVE A REPLY