Saat ini Honda Scoopy standar dibekali ukuran ban dengan tapak cukup lebar, 100/90 di depan dan 110/90 di belakang. Karakternya berasa beda banget dengan Vario atau matic lain yang pakai ban biasa aja.

Ring roda Honda Scoopy juga 12 inch saja, lebih kecil dibanding standar matic lain yang kebanyakan ukuran ring 14 inch.

Ini adalah kelebihan Honda Scoopy, sekaligus kekurangannya juga!!! Bingung? Simak yuk…

Jadi, enaknya ban lebar di Honda Scoopy adalah saat jalanan mulus atau berkelok serta mulus. Uenak banget, tentu karena ban berasa lebih banyak nempel ke aspal atau jalanan sehingga kita juga lebih pede karena punya grip lebih banyak.

Kekurangan Honda Scoopy

Gak enaknya ban lebar Honda Scoopy adalah saat harus melewati jalanan aspal yang kadang konturnya gak rata, vertikal.

Bukan jalanan jelek ya, kalau ini masih oke-oke saja sebenernya. Walau lebih butuh effort dibanding ban tapak lebih kecil.

Ini lebih ke kondisi jalan yang bikin ban gak napak rata kanan kiri. Ketika sebelah ban menapak sebelah lagi tidak.

Ketika jalanannya banyak begini, percaya deh, kamu bakal mikir ada salah dengan komstir rodamu yang seakan bikin motor jadi LIAR setirnya.

Ya sebenernya karena jalanannya gak rata aja.

Kekurangan Honda Scoopy

Kadang, parahnya motor seakan mau belok terus ke kiri atau ke kanan ngikutin alur jalan. Maka kita harus sigap buat nahan setang motor supaya tetap di jalurnya, biar gak nyenggol motor lain.

Soal suspensi, paling gak enak kalau ketemu polisi tidur kecil2 tapi banyak. Aduh, menyebalkan. Berasa banget sih.

Tapi elmuha pribadi masih bisa mentolerir karena dengan suspensi depan yang kayaknya lebih keras dari Honda BeAT, maka Scoopy juga uenak sangad saat diajak ngebut, stabil banget bro.

Soal speed sih, saya mentok 90 saja lalu turun lagi.. Lebih dari 90 tentu relatif lama naiknya, walau bukan itu sebabnya. Sebabnya tentu saja karena di perkotaan, 90 itu udah cukup kencang.

Seringnya ya 60 an saja sih, atau 80. Jarang banget kalo lebih dari itu, di dalam kota.

Gimana buat di jalan non aspal?

Belum nyobain, tapi harusnya sih sama saja, asalkan rata ya enak2 saja. Tapi kalau banyak perbedaan ketinggian dengan lajur vertikal, itu bikin ban kadang jadi gak stabil alias jadi agak liar.

Menakutkan gak?

Jarang sih sampai menakutkan, asal tangan sigap aja misal parah banget jalanannya hingga bikin motor serasa mau belok ngikutin alur jalan.

Kalau udah biasa pakai motor sport yang ban depannya 100, mungkin bakal biasa aja sih dengan ukuran ban Honda Scoopy.

Tapi menurut saya, kalau jalanannya banyak gak rata dengan alur vertikal, itu lebih enak motor matic dengan ban tapak lebih kecil seperti Vario, BeAT, atau Genio. Aduh kok contohnya merk Honda mulu.

Sebenernya akan mirip2 lah dengan motor2 Yamaha yang pakai tapak lebar macam FreeGo misalnya. Hanya, saya belum nyobain jadi gak tau rasanya.

Hmm, kayaknya kalau boleh usul sih, ban depan Honda Scoopy cukup 90 aja lebarnya, belakang 100.

Gimana menurut kalian pengguna Honda Scoopy?

LEAVE A REPLY