Etios Valco adalah produk Toyota untuk segmen small hatchback atau bisa juga masuk ke kategori small city car, walaupun kini segmen tsb sudah diambil alih oleh Agya.

Ulasan Mobil Bekas Toyota Etios Valco 2013-2018

Etios Valco yang sudah discontinued sejak 2018 ini mungkin disebut “produk gagal” oleh sebagian masyarakat kita, karena memang populasinya jauh lebih sedikit dibandingkan Agya atau Yaris. Rivalnya yang tak lagi punya penerus generasi adalah Suzuki Splash yang lalu diteruskan oleh Ignis.

Sebagian orang bilang bahwa “gagal”nya Etios Valco adalah karena tidak adanya varian MATIC, padahal di zaman sekarang rata-rata pengguna hatchback lebih memilih varian otomatis agar tak mudah lelah mengarungi kemacetan kota.

Seperti apa gambaran Etios Valco yang ternyata menggunakan basis yang sama dengan Yaris gen 1? Simak catatan kali ini tentang Etios Valco. Catatan ini akan diupdate berkala…

HARGA BEKAS Toyota Etios Valco

Harga Bekas Toyota Etios Valco

Di daerah DKI Jakarta, harga termurah Etios Valco ada di kisaran 80 jutaan rupiah tahun keluaran 2013-2014. Harga tertinggi untuk keluaran tahun 2015 pun masih di kisaran 100 juta rupiah. Unit setelah tahun 2015 tergolong sangat langka, harga keluaran 2016 ada di kisaran 120an juta (luar Jakarta).

Pajak tahunan Etios Valco 2014 pada 2018 ada di angka Rp 1.778.000 untuk mobil ke-1. Lihat juga; Daftar pilihan mobil bekas murah terfavorit.

Etios Valco tersedia tiga pilihan tipe. Perbedaan harga bekas antara tipe E dan G cukup minim sehingga tipe G tentu lebih direkomendasikan, sedangkan tipe J sebagai yang termurah sebaiknya tidak dipilih kecuali jika harganya sangat menggoda. Tipe TOM’s adalah varian spesial dengan Aerokit sporty. Detailnya kami ulas di penutup artikel.

SEPERTI APA Toyota Etios Valco?

Etios Valco meluncur pada 2013 dengan mesin berkode 3 NR-FE 4 silinder 16 Valve DOHC berkapasitas 1197 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 80 PS atau 79 DK pada 5600 rpm dan torsi maksimum 10.6 Kgm atau 104 Nm pada 3100 rpm, penggerak roda depan alias FWD.

Kelebihan Mesin Etios Valco Irit

Saat diluncurkan, alasan kenapa hanya ada varian transmisi manual adalah karena pada saat itu, menurut PresDir TAM, berdasarkan survey; hanya 30% yang memilih matic dibanding manual. Setelah 5 tahun, tak kunjung datang pula yang matic ketika sudah digemari.

“Hasil survey kami, permintaan kendaraan bertransmisi otomatis hanya 30 persen dibanding transmisi manual. Itupun berasal dari konsumen di kota-kota besar. Makanya, kita coba tawarkan Etios Valco manual buat konsumen di daerah yang pasarnya lebih besar dibanding di perkotaan,” ujar Johnny, dikutip dari Otosia.

DIMENSI Toyota Etios Valco berukuran 3.775 x 1.695 x 1.510 mm, dengan wheelbase 2460 mm. Bobotnya 920 Kg. Ground Clearance Toyota Etios Valco adalah 170 mm, lebih tinggi dari Yaris sehingga memang Etios Valco ini lebih aman untuk dibawa keluar kota atau dipakai di daerah.

Dimensi Toyota Etios Valco

Masuk ke dalam, posisi duduknya mirip Yaris, cukup tinggi sehingga visibilitasnya oke.

Desain dashboard-nya unik dengan panel instrument di tengah seperti halnya Yaris generasi pertama yang menjadi basisnya.

Dashboard Toyota Etios Valco
Dashboard Tipe G

Menurut saya pribadi desain dashboard Etios Valco ini tidak jelek, hanya datar saja atau kurang menarik. Tapi dibanding Agya, saya cenderung lebih suka punya Toyota Etios Valco. Laci dashboardnya punya saluran udara AC sehingga bisa jadi ruang pendingin minuman atau Cooler Box.

Soal material, tentu didominasi plastik di mana-mana, wajar saja karena kelas Etios Valco ini bahkan di bawah Toyota Yaris.

Ruang kaki penumpang belakang Toyota Etios Valco

Dengan dimensi yang sedikit lebih panjang dari Yaris, ruang akomodasi Etios Valco terbilang memuaskan di kelasnya. Penumpang belakang dengan tinggi badan 175 pun menurut pengujian; gak mentok.

Bagasi Etios Valco juga terbilang lega, hanya kalah dari dua kompetitornya; Splash dan Siron, unggul dari rival lainnya (Brio, Mirage, March)

Kapasitas Bagasi Toyota Etios Valco

Sayangnya Etios Valco ini tak punya adjustable headrest untuk row 2, sehingga kurang nyaman bagi penumpang belakang, hanya ada tonjolan pendek saja. Namun bisa dibawa ke tukang jok, tambahin headrest seperti foto di atas ini.

KUALTAS RIDING Etios Valco?

Dengan EPS (Electronic Power Steering), kemudi Etios Valco ringan saja diputar sehingga memudahkan untuk bermanuver.

Bantingan suspensi Toyota Etios Valco juga tergolong cukup empuk, mampu meredam getaran jalan cukup baik. Untuk pengendalian, Etios Valco kalah asyik dari Yaris. Ini sebenarnya wajar karena suspensi Yaris relatif lebih kaku.

Etios Valco ini lincah untuk diajak pindah jalur, namun saat bermanuver atau menikung cepat, gelaja understeer muncul. Tapi toh Etios Valco ini kan city car, jadi orientasi nyaman dan cukup asyik itu sudah cukup memenuhi kriteria.

Kelebihan Toyota Etios Valco

Mesin 3NR-FE 1197 cc yang disematkan di Etios Valco ini tak punya teknologi canggih, tanpa VVT juga. Ini demi mengurangi biaya produksi agar harganya terjangkau. Mesinnya terbilang cukup tenang dan senyap.

Karakter tenaga Etios Valco sejak putaran bawah dan menengah cukup menyenangkan, rasa akselerasi cukup. Konsumsi BBM Etios Valco juga terbilang irit berkat mesin kecil dan mobil yang juga kelas city car. Hasil pengujian full-to-full konsumsi BBM Etios Valco bisa menghasilkan 14.7 Km/liter menggunakan Pertamax diuji dalam kondisi campur-campur alias kombinasi; macet dalam kota, jalan lancar, sampai ngebut di tol. Tuas transmisi manual Etios Valco ini terasa mantap ketika digenggam dan memberikan respons perpindahan cukup cekatan.

Kelebihan & Kekurangan Toyota Etios Valco

Interior Toyota Etios Valco

Overall, kelebihan Etios Valco adalah akomodasi yang terbilang lega di kelasnya bahkan salah satu yang terbaik, meski kualitas kabin tentu biasa saja. Kenyamanan juga masih lumayan oke, dan populasi di jalan relatif sedikit, jadi lebih eksklusif. Keiritan memang kalah dari Agya, tapi masih cukup irit.

Kekurangan Etios Valco;

  • Kabin agak berisik dan cheap.
  • Performanya biasa saja.
  • Fitur juga basic banget tapi mencukupi.
  • Desain dashboard yang plain, datar2 saja.
  • Desain eksterior juga kurang menarik bagi masyarakat kita, terkesan jadoel.
Dashboard Toyota Etios Valco tipe E
Dashboard tipe E

Harga bekas tahun 2013/2014 yang ada di kisaran termurah 80 jutaan, punya rival dari saudara LGCG-nya; Agya. Oh iya, harga baru Etios Valco di tahun 2013 adalah 165 juta untuk tipe G, 149.9 juta untuk tipe E, dan 135.5 juta untuk tipe J (JX), varian TOM’s 1 juta lebih mahal dari tipe G. Sehingga depresiasi setelah 6 tahun ada di kisaran 45%. Yes, depresiasi yang lebih tinggi untuk ukuran standar TOYOTA.

Brosur Spesifikasi Toyota Etios Valco tipe J E G

Jika memang Etios Valco adalah “produk gagal,” menurut elmuha; penyebab utamanya adalah pada DESAIN dan pilihan transmisi yang hanya manual. Desainnya gak jelek, hanya kurang menarik saja :d Terutama karena ada pilihan lain yang terbilang sporty. Meskipun jujur saja, lama-lama dilihat kok jadi fine2 saja desainnya, unik!

Namun segagal-gagalnya mobil inipun populasi Etios Valco gak sedikit kok. Pada 2016 konon penjualan wholesales mencapai 3000 unit dari Januari-Oktober.

Keunggulan Kelebihan Toyota Etios Valco

Di akhir2 masa Toyota Etios Valco sebelum dipensiunkan, harganya berkisar di 175 jutaan rupiah (2017). Posisinya memang ada di antara Agya sebagai LCGC dan Yaris sebagai (Medium) Hatchback. Penantang Etios Valco adalah Honda Brio RS, serta beberapa mobil lainnya seperti Splash, Sirion, Mirage dan March. Yang tampaknya sukses besar adalah Honda Brio RS, mungkin karena desainnya yang sporty meskipun sangat mirip dengan Brio Satya sebagai LCGC-nya.

Perbedaan Fitur Toyota Etios Valco tipe J, E, dan G

Etios Valco TOMs
Etios Valco TOM’s

Tipe J itu basic banget, Power Window gak punya, Electric Power Steering gak punya, specs taksi banget, jadi not recommended.

Dual SRS Airbag ada di semua tipe (J/E/G). Yang Dipunyai tipe E dan G berarti tidak dimiliki Etios Valco tipe J (di brosur gak ditulis juga daftar fiturnya)

Fitur Toyota Etios Valco tipe E:

Brosur Toyota Etios Valco tipe E

  • 15″ Alloy Wheel
  • Stylish Steering Wheel (ada chrome-nya gitu)
  • Electric Power Steering (Stir lebih ringan)
  • Power Window with Auto down sisi driver
  • Stylish Audio Design (Entah apa maksudnya)
  • 4-Speaker
  • 2DIN Audio
  • Rear Window Wiper
  • Front & Rear Stabillizer (bikin lebih stabil dan nyaman)
  • Handle pintu sewarna body
  • Spion sewarna body
  • Tachometer
  • Tilt Steering
  • Ornamen pada Tuas perseneling
  • Power door lock
  • 12 V Power connector

Fitur Toyota Etios Valco tipe G:

Brosur Toyota Etios Valco tipe G

  • Semua yang dipunyai tipe E
  • Sporty Aerokit
  • Security System (Alarm)
  • Front Fog Lamp (Lampu Kabut)
  • Leather Steering Wheel with Steering Switch (Stir berlapis kulit dengan tombol audio)
  • Elegant Audio Design (Entahlah apa maksudnya)
  • Ornamen Chrome pada lingkar lubang AC
  • Electric Outside Rear View Mirror (Pengatur spion elektris), ada brosur yang bilang tipe E juga punya
  • Intermittent Wiper
  • ABS + EBD (Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution)

Ref; Toyota Astra Motor, Autobild, Autonetmagz, OLX, Mobil123, Otosia.. Spesial untuk Toyota Etios Valco!

LEAVE A REPLY