When you are a loser; you have nothing to lose! 

And when you have nothing to lose, you can do almost anything!

Itu resep untuk berani berbuat ketika kita belum menjadi siapa-siapa, belum punya apa-apa. Lucunya, kadang malah kebalikannya..

Proses sukses tuh gagal dulu

Kita takut berbuat karena kita malu kalau nanti hasil kerjaan kita gak bagus, gak memuaskan, gak ada yang liat, gak ada yang baca, gak ada yang beli, gak ada yang memuji.

Padahal, justru itu dong. Namanya juga memulai dari bawah, wajar kalau belum bagus, wajar kalau masih banyak kurangnya, dan harusnya bersyukr dong kalau gak ada yang liat, toh hasil buatan kita masih belum memuaskan?!

Hal semacam ini bisa menimpa siapa saja. Termasuk blogger.

Saya gak jarang suka gak pede khawatir tulisan saya gak bagus. Padahal yang memuji gak sedikit, tapi tetap saja, kalau diri kita sendiri gak mempercayai itu, ya gak akan bisa percaya diri.

Maka, solusinya mudah;

LAKUKAN saja apa yang pengen kamu lakukan. Kalau hasilnya jelek ya wajar, kalau bagus ya alhamdulillah.

Toh kita masih bukan siapa-siapa. Hal paling buruk apa sih yang akan menimpa kita kalau hasil kerjaan kita jelek? Kalau kita gagal?!

Kecuali kalau kamu adalah seorang Jokowi, atau Prabowo.

Prabowo aja berani nyalon lagi meskipun pernah gak terpilih 5 tahun lalu. Padahal beliau orang terkenal, semuka bumi Nusantara loh!

Lah kamu tu siapa?

Mosok gitu aja takut. Malu. Gak berani. Cemeeen!!!

Kalau kamu gagal, paling yang tau cuma tetanggamu. Atau adik-kakakmu, ortumu, temenmu.

Dan kalau kamu dikatain gagal; serius deh, yang ngomong itu gak punya ilmu. Gagal itu cuma sementara, hanya secuil proses untuk kesuksesan. Dengan satu syarat tentu saja; jangan menyerah dan putus asa!

Kita itu HARUS gagal dulu untuk meraih kesuksesan! Kita perlu belajar dulu dari kesalahan-kesalahan kita, baru deh, ketika kita gak juga menyerah; satu jengkal lagi…. lalu…

SUKSES!!!

LEAVE A REPLY