Halo, Assalamu’alaikum…

Selamat sore kawan-kawan dan saudaraku di seluruh dunia ☺️

Di sore yang cerah dan bahagia ini, saya ingin sharing gimana caranya ngeblog asyik pakai HP, pakai smartphone yang seperti kita ketahui; udah canggih banget.

Nah, caranya tentu mudah saja. Untuk yang pakai CMS standar blogger.com, sayangnya harus pakai browser untuk membuka laman blogger, ini akibat karena aplikasi android “Blogger” udah lama banget gak diupdate oleh developer-nya, hingga app tsb gak bisa lagi di pakai di OS android versi terbaru.

Gak masalah, karena ngeblog di Blogger.com pakai browser, Chrome misalnya, itu gampang banget kok.

Ngeblog enak pakai hp

Nah, bagi yang pakai WordPress.com (bukan yang self-host ya), itu bisa download aplikasi WordPress, dan bisa berfungsi normal karena developer app blogging with WordPress ini lebih peduli πŸ˜‚

Atau, kalau misal kalian pakai self-host CMS WordPress, setau saya sih masih harus akses pakai browser juga.

No problem kayaknya ya meskipun harus pakai browser aksesnya, kecuali pakai WordPress.com (termasuk yang pakai Custom Domain) maka bisa pakai App.

Nah sekarang, tinggal cara ngetiknya ya kan..

Cara paling praktis adalah pakai Virtual Keyboard di ponsel ataupun tablet. Gak perlu pakai aksesoris tinggal ketik aja ya.

Ngeblog pakai hp android usb keyboard fisik eksternal

Masalahnyaadalah, bagi yang gak biasa ngetik panjang di Virtual Keyboard, atau pengen ngetik artikel panjang banget, maka ada cara alternatif yang jauh lebih ASYIEK, yakni pakai Keyboard Eksternal dengan memanfaatkan port microUSB/U Type-C to USB OTG (On the Go).

Asli deh, gak cuman bisa dipakai buat buka flash drive, atau pakai mouse, tapi juga bisa konekin keyboard.

Jenis keyboardnya yang pakai USB ya kalau mau pakai USB OTG.

Atau, kalau mau lebih canggih, tentu saja bisa pakai Wireless Keyboard.

Nah, setelah nyolokin Keyboard Eksternal, atau connect-in Wireless Keyboard, langkah selanjutnya adalah menentukan setting, apakah Virtual Keyboard masih ingin ditampilkan, atau disembunyikan saja.

Menurut saya, kalau ingin menggunakan mode Portrait, maka ditampilin Virtual Keyboard nya pun masih oke lah ya..

Virtual keyboard di mode landscape

Tapi kalau makenya mode Landscape, mending disembunyiin aja deh. Biar lega tampilan WYSIWYG-nya.

Sekarang ini, detik ini, saya coba ngeblog pakai HP dengan Keyboard External, dan jujur saja, rasanya hampir sama dengan ngeblog di laptop.

Meskipun ukuran HP tentunya jauh lebih kecil dari laptop (ukuran HP saya layar 5.8 inch ratio 19:9), namun dilihat dari jarak sekitar 50 cm pun masih keliatan.

Namun, mulai dari paragraf ini, HP nya saya deketin, tepatnya seperti di foto berikut ini.

Ngeblog di hp smartphone android

So…

Alat apa yang dibutuhin kalau mau asyiek ngeblog dari HP aja, terutama HP android, kan zaman sekarang HP android udah mulai terjangkau ya, 1 jutaan pun bisa dapet HP bagus loh.

Alatnya cuma USB OTG aja sih kalau saya, karena keyboardnya udah pernah beli dan gak dipake-pake.

Dipake lagi akhirnya setelah ngebersihin debunya yang ampyun dah tebel banget padahal belum ada 3 bulan deh kayaknya ditaro di atas lemari..

Colokin keyboard fisik ke hp android

FYI, banyak tombol shortcut di Keyboard Fisik Eksternal yang bisa berfungsi dengan baik, antara lain; tombol TAB untuk pindah-pindah posisi kursor tanpa menyentuh layar, atau fungsi Ctrl+A/C/V pun bisa berfungsi tanpa masalah untuk select all, copy, dan paste. Shortcut lain yang biasa saya pakai, dicoba belum ada gagal. Termasuk Ctrl+Z.

Dengan kemudahan ini, saya sekarang gak bergantung-bergantung banget ama laptop sih. Tapi ukuran Keyboard external juga harus yang lebih tipis dan kecil, elmuha sudah punya satu nih. Bisa juga beli keyboard yang lebih compact yang memang didesain portable, tapi saya pribadi masih lebih nyaman pakai Keyboard full-size.

Oke, sekian artikel testing ngeblog menggunakan HP Android atau smartphone dengan memanfaatkan USB OTG dan Keyboard External..

Semoga bermanfaat πŸ™‚ Artikel ini awalnya diposting buat iseng2an, tapi sepertinya oke juga ya, jadi saya pindahin ke blog kece ini πŸ˜›

LEAVE A REPLY