Buat sobat riders yang lagi nyari speaker bluetooth murah tapi berkualitas, bersuara asyik dengan ukuran compact, ini dia nih pilihannya; Robot RB210.

Kalau kalian punya budget lebih, jelas saja elmuha.net akan rekomendasikan JBL Go, namun bagi yang masih ingin coba-coba bagaimana kepraktisan sebuah speaker tanpa kabel alias menggunakan bluetooth dan built-in battery, maka saya berani rekomendasikan speaker Robot RB210 ini.

So, gimana sih kualitas suara speaker bluetooth Robot RB210 harga 100 ribuan bahkan bisa kembalian ini?

Harga Speaker Bluetooth Murah Robot RB210

Kelebihan Speaker Bluetooth Robot RB210

Sebelum kita review, berapa sih harga speaker bluetooth murah tapi cukup berkualitas ini?

Di pasaran, harga termurah RB210 berkisar di 90 ribuan. Harga normalnya mulai dari 95 ribuan, sedangkan harga di toko online resmi Robot adalah 105 ribu rupiah. Pada akhirnya jika 95 ribu ditambah ongkir, maka jadi 105 ribu, sedangkan yang 105 ribu, di beberapa toko itu sudah dapet promo gratis ongkir. Jadi, harganya memang kisaran 100 ribuan.

Review Speaker Bluetooth Robot RB210

Sekarang, mari kita bahas lengkap review Robot RB210.

Review Speaker Bluetooth Robot RB210

Kualitas Fisik/ Material Robot RB210

Bahan material bodynya plastik dengan finishing doff halus yang terasa mewah, gak terlihat barang murah sama sekali. Di bagian depan, speaker dilindungi oleh jaring2 besi dengan tepi garis berwarna abu muda, cakep!

Tombolnya mungkin salah satu yang terasa agak ringkih, tapi kalau gak disentuh sih gak keliatan murah. Port dan slot di belakang semuanya aman alias bagus2 saja. Dengan harga segini, elmuha kasih score 9 untuk kualitas body RB210.

Kemudahan Penggunaan/ Fitur Robot RB210

Ada tiga tombol di bagian atas, Previous/Volume down – Play/Stop – Next/Volume up. Tombol prev/next/play/stop ini bisa berfungsi di hampir semua player, termasuk YouTube. Jadi, kalau ngebawa speaker ini ke kamar mandi misalnya, dan memutar video dari YouTube, itu mudah banget ganti2 lagu.

Atau, tentu saja jika pakai Flash Disk atau microSD, itupun mudah pengoperasiannya. Jika lama tak ditekan tombolnya, kadang menekan pertama gak ada respon; seakan membangunkan dulu. Lalu tekan lagi baru deh berfungsi, ini normal.

Di bagian belakang, ada switch Power, port microUSB untuk charging, dan port USB serta slot microSD untuk memutar musik dari microSD card dan Flash Disk.

Kelemahan Speaker Bluetooth Robot RB210

Saat dihidupkan, akan terdengar sambutan dengan volume maksimal, dan saya belum menemukan cara menurunkan volumenya, kemungkinan gak bisa. Begitu juga peringatan charging, atau pemberitahuan mode (Bluetooth/Flash Drive/ etc), suaranya terlalu keras kalau buat di kamar kost 😀

Pairing Bluetooth gampang banget dan hampir selalu tanpa ada masalah berarti saat dihubungkan ke Bluetooth HP atau Laptop.

Gak ada delay juga, hanya kadang pas baru pertama kali memutar musik atau video, ada jeda tanpa suara 1 detik atau kurang di bagian awal. Seterusnya aman sentosa.

Speaker-Bluetooth-Murah-Robot-RB210
Lampu biru akan berhenti berkedip ketika sudah tersambung. Ketika playing akan berkedip.

Jika ingin pakai Flash Disk atau MicroSD, langsung colokkan saja, dan otomatis mode pun berganti ke USB drive.

Kualitas Suara Robot RB210

Sekarang ke inti yang paling penting, bagus gak suara speaker Robot RB210?

Antara Lumayan bagus hingga Bagus banget untuk sebuah Bluetooth speaker harga 90 ribuan. Suaranya balance, detailnya memang biasa saja, tapi mendengarkan musik dari RB210 ini ASYIK.

Speaker Bluetooth Murah Berkualitas Robot RB210

Berdasarkan specs, output RB210 ini 3 watt, dan selain speaker juga ada tambahan bass diaphragm yang bertugas memantulkan efek BASS.

BASS-nya jadi terasa ada banget, kalau mau lebih enak, setting equalizer-nya di HP atau laptop, ini wajib sih kalau mau dapet output suara sesuai selera. Naikin setting Bass-nya.

Saat pakai Flash Disk, powernya terasa agak lebih tinggi, volume mesti diturunkan dari 50% untuk pemakaian di meja kerja. Meskipun gak bisa diotak-atik, namun kualitas suara dari player built-in RB210 menurut saya sudah lebih dari cukup; enak suaranya.

Tips biar suaranya asyik, letakkan speaker ini di pojokan. Pantulan dari permukaan atau dinding keras bikin suaranya jadi jauh lebih enak tanpa harus menaikkan volume suara.

Speaker Bluetooth Murah Terbaik Robot RB210

Oh iya, saya belum pernah nyetel dalam posisi volume maksimal baik di di HP/Laptop dan Speaker karena akan terlalu keras untuk ukuran kamar.

Jadi kalau kalian mau gunain speaker ini di ruangan kelas sekolah misalnya, powernya masih cukup. Di luar ruangan pun masih enak, tentu volumenya mesti dinaikin, dan itu berefek pada daya tahan baterainya.

Daya Tahan Baterai Robot RB210

Ini pasti banyak yang penasaran, seberapa lama ketahanan baterai Robot RB210 untuk memutar lagu non-stop?

Klaimnya hanya 4 jam jika volume max, dan 6 jam jika volume 50%.

Faktanya, saya amat sangat jarang sekali menyetel musik dengan volume 50%. Akhirnya, daya tahan baterai Robot RB210 ini bagi elmuha; sangat-sangat impresif.

Berapa jam? Entahlah, saya belum berhasil menghitung karena terlalu lama gak abis2. 4 hari penggunaan normal cuma butuh sekali charge.

Daya-tahan-baterai-Speaker-Bluetooth-Robot-RB210
Powerbank hanya hiasan, itu charging lewat adapter 0.7A, lewat powerbank pas difoto belum mau konek dia.. Mungkin lagi kondisi penuh baterai RB210-nya.

Hari pertama nyetel lama banget dari abis Isya sampai hampir Shubh, 7-8 jam kira-kira. Lalu hari kedua nyetel lagi berjam-jam, belum abis juga. Hari ketiga dan keempat masih bisa dipakai beberapa jam.

Kalau dikira-kira, dengan penggunaan seperti saya; baterai RB210 bisa bertahan minimal 15 jam, bahkan bisa 20 jam, malah, saya yakinnya lebih. Intinya sih, penggunaan di dalam ruangan bakal irit baterai, dan letakkan juga di pojokan biar volume suara di-set rendah tapi suaranya mantul (literally and metaphorically).

Satu lagi, lama waktu untuk mengisi baterai (charging) 1200 mAh RB210 ini kisaran 2-3 jam pakai adapter output 1.2A. Saya gak berani pakai yang 2A, dan pernah pakai yang 0.7A kelamaan lebih dari 3 jam. Saat dicharge akan hidup lampu indikator merah, dan jika sudah penuh akan mati.

Charging sambil dipakai dengerin musik bisa banget, tapi saran elmuha; cabut charger kalau sudah penuh biar baterai lebih awet. Mau lebih awet lagi, jangan dipakai sambil charging.

Kelebihan dan Kekurangan Speaker Bluetooth Robot RB210

So itu dia, elmuha puas banget dengan speaker bluetooth murah mungil dan asyik ini. Tapi bukan tanpa kekurangan dong, apa aja sih?

Keunggulan Speaker Bluetooth Robot RB210

Kelebihan Speaker Robot RB210

Ngomongin yang bagus, Robot RB210 ini unggul di;

  • Harga terjangkau
  • Build-quality bagus
  • Kualitas suara enak
  • Bass berasa
  • Baterai awet
  • Ada slot/port microSD/USB
  • Power cukup kencang

Kekurangan Speaker Robot RB210

  • Welcoming sound terlalu keras, gak bisa dikecilin. Termasuk juga suara buat info baterai habis nyuruh charging, dan info mode playing.
  • Gak berani mbanting, konstruksinya biasa banget, jangan dibanting sob!
  • Gak punya AUX/ 3.5mm Audio Jack, walaupun kayaknya bakal jarang dipakai.
  • Gak bisa koneksi ke dua device bersamaan (kayaknya ini wajar banget deh).
  • Lampu berkedip saat playing, entahlah, bingung juga ya kan, mending ganti warna dah daripada kedap-kedip kadang ganggu fokus.

Oke, dari kekurangan2 tsb, hanya satu yang bener2 elmuha anggap kekurangan; yakni suara welcoming/warning/info terlalu keras dan gak bisa dikecilin, harusnya kan nyesuain volume yang lagi di-set saat itu, harusnya…

Kelemahan Robot RB210 yang lainnya saya anggap wajar saja untuk speaker bluetooth harga murah begini, tapi kualitas suaranya sudah terbilang mantul!! Wajib dibeli kalau belum punya speaker bluetooth dan punya budget pas2an 100 ribu rupiah! Beli ini aja; Robot RB210!

LEAVE A REPLY