Duh, ribet juga ya nyari info harga Action Cam dari Xiaomi Yi ini. Jyaaan harganya lumayan abu-abu bahkan agak gelap alias banyak yang membingungkan.

Ada yang jual di bawah harga pasar, ada juga harga Action Cam Yi yang jauh di atas normal. Ini ngezelin puol menurut saya. Penjual yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli bakal nyari-nyari kesempatan. Apalagi beberapa penjual seperti kurang jelas menuliskan keterangan tipe yang dijual. Yi 4K dan Discovery 4K jadi mirip padahal harga aslinya beda jauh.

Pada dasarnya, penjual memang bebas mau ngejual harga berapa saja untuk produk yang dia jual. Kecuali misalnya ada peraturan HET alias Harga Eceran Tertinggi, baru dah gak bisa seenaknya jual mahal.

Apa sih yang menyebabkan harga kamera Action Cam Xiaomi Yi ini kok abu-abu alias kurang kompak satu penjual dengan lainnya?

Dari pengamatan elmuha; ada beberapa faktor. Misalnya, faktor KELANGKAAN di pasaran untuk beberapa tipe. Yi Action Cam termurah adalah salah satu yang langka, malah mungkin sebenarnya sudah discontinue, jadi deh harganya ada yang tinggi ada yang murah.

Bisa juga karena masing-masing penjual mem-bundling dengan paket aksesoris yang berbeda-beda. Lalu faktor berikutnya adalah karena ada beberapa penjual yang tetap pakai banderol saat pertama kali diluncurkan. Padahal harga pasarannya sudah turun jauh.

Contoh bundling harga Xiaomi Yi Action camera
Contoh bundling Yi 4K+

Kalau udah gini, sulit juga mau nyalahin penjual yang jual mahal. Toh kita gak tau mereka ambil stock lama apa baru, harga lama apa harga terbaru. Gitu lah kira-kira menurut saya.

Next, buat yang kepo berapa sih harga pasaran Action Cam Xiaomi Yi saat ini, elmuha buatkan list hasil menyimpulkan dari browsing2.

Info harga2 ini tentu bisa berubah dengan cepat. Ya dikira-kira saja sendiri ya, browsing saja info harga dari beberapa penjual lalu cari yang terbaik tanpa mengorbankan keamanan berbelanja. Info di sini akan diupdate berkala..

HARGA 6 Tipe Action Cam (Xiaomi) Yi Technology

Perbandingan lengkap spesifikasi dan fitur akan dibuat di halaman lain, link ditampilkan di sini kalau sudah tersedia.

1. Harga Yi Action Cam (Basic)

Harga Xiaomi Yi Action Cam Basic Termurah

Action cam termurah Xiaomi Yi ini dijual termurahnya Rp 650 ribuan kondisi baru. Kalau ada yang jual 700 ribuan masih oke, tapi kalau udah 800 ribuan, eman-eman mending cari Yi Discovery 4K saja. Tapi coba bandingin dulu kualitas videonya sebelum memutuskan.

Oh iya, ada dua versi yang beredar, dan yang diburu adalah versi International. Bisa jadi kalau harganya murah banget itu yang versi China. Sedangkan versi International (jelas dalam deskripsi) itu paling murahnya 700 ribuan hingga 800rb.

Meskipun harganya terjangkau; Yi Action Cam ini punya mode rekam 1080p 60fps. Fitur konektivitas juga ada WiFi dan Bluetooth. Kekurangan dibanding kakak2nya adalah belum ada layarnya. Menurut saya pribadi, hasil video Action Cam Xiaomi Yi termurah ini sudah mantul.

2. Harga Yi Discovery 4K

Harga Xiaomi Yi Discovery 4K Asli Original

Nah, Action cam Yi yang sudah 4K paling murah adalah Yi Discovery. Harga jual termurah Yi Discovery adalah Rp 850 ribuan. Harga 900 ribuan masih oke, tapi kalau sampai 1 jutaan, mending cari Yi Lite aja bro. (sayangnya unit susah didapet)

Yi Discovery 4K ini udah ada layarnya juga jadi gampang untuk membidik objek. Meskipun sudah 4K, tapi frame rate hanya 20 fps, kurang direkomendasikan. Lebih baik pakai mode 1080p 60fps.

3. Harga (Xiaomi) Yi Lite

Harga Xiaomi Yi Lite Original

Mulai serius, ada Yi Lite yang punya fitur lebih lengkap dibanding Yi Discovery. Harga termurah Yi Lite Action camera ini adalah Rp 1.2 jutaan rupiah. Hingga 1.3 jutaan rupiah juga masih oke dan layak dibeli.

Sensor dan chipset tentu lebih baik dari Yi Discovery. Tapi yang ingin saya highlight adalah fitur EIS alias Electronic Image Stabilization, Yi Lite udah punya bro. Jadi kalau ngedit gak perlu ribet ngurusin shake-shake terlalu banyak. EIS pada Yi Lite bisa bekerja hingga resolusi 1440p.

UPDATE: Setelah membanding2kan lagi, menurut elmuha; Yi Lite adalah Action Cam Xiaomi Yi paling ideal, terbaik di rentang masih deket2 1 jutaan. Kualitas videonya tergolong berkualitas, EIS juga smooth.

4. Harga Xiaomi Mijia Action Cam

Harga Xiaomi Mijia Action Camera

Mijia adalah seri yang keluar dari jajaran Yi karena dijual langsung dengan brand Xiaomi. Sepertinya menyasar USA karena saya temukan laman web resminya di Xiaomi USA. Namun karena masih saudaraan dengan Yi Action Cam, kita masukkan saja ya sekalian.

Harga pasaran Xiaomi Mijia Action Cam di Indonesia adalah Rp 1.5 jutaan.

Xiaomi Mijia ini terbilang lengkap fiturnya. Resolusi video 4K memiliki frame rate 30 fps. EIS juga tentu tersedia.

Setelah saya banding2kan dengan Yi Lite dari sample video dan review. Mijia Action Cam 4K ini tidak lebih baik dari Yi Lite. Kecuali kalau kalian hanya mengincar fitur 4K 30fps saja.

5. Harga (Xiaomi) Yi II 4K

Harga Xiaomi Yi 4K Termurah

Yi 4K adalah Yi Action Cam yang sudah bisa rekam video 4K pada 30 fps dan performanya jelas lebih baik dari semua tipe di bawahnya. EIS pada Yi 4K hanya bisa bekerja di mode 2.7K, sedangkan pada resolusi 4K EIS akan non aktif. Yi 4K juga belum mendukung external microphone dalam kondisi standar, jadi belum sempurna untuk dijadikan Action Cam Motovlog. Kecuali di-modif2 itu beda cerita.

Harga termurah Yi II 4K adalah Rp 1.85 jutaan. Yang menjual harga 2 jutaan juga tak sedikit dan saya rasa masih worth it.

6. Harga Yi II 4K+

Harga Xiaomi Yi 4K Plus Original

Seri teratas Yi Action Cam saat ini adalah Yi II 4K+. Punya semua fitur penting termasuk EIS yang bisa bekerja pada mode rekam resolusi 4K 30fps. Masih ada kekurangan karena EIS belum bisa bekerja di resolusi 4K 60fps. Yup, Yi 4K+ ini udah bisa sampai 60fps di resolusi 4K. Port USB Type-C juga bisa dijadikan port untuk external microphone dengan menggunakan adapter USB Type-C ke Audio Jack 3.5mm.

Harga Yi 2 4K+ rata-rata di kisaran Rp 3 juta rupiah, sudah bonus Waterproof case. Sedangkan harga termurah yang bisa ditemukan di pasaran adalah mulai Rp 2.5 jutaan rupiah.

So, itulah harga termurah dan harga pasaran kamera Action dari Yi Technology. Untuk diketahui, Yi adalah anak perusahaan Xiaomi, jadi kalau kita sebut Xiaomi Yi; itu gak salah sih menurut saya.

Mari kita listing lagi harga Xiaomi Yi Action Cam 2019:

  • Yi Action Cam (Basic) : Mulai Rp 650 ribuan
  • Yi Discovery : Mulai Rp 850 ribuan
  • Yi Lite : Mulai 1.2 jutaan rupiah
  • Xiaomi Mijia Action Cam : 1.5 jutaan rupiah
  • Yi 4K : Mulai 1.8 jutaan rupiah
  • Yi 4K+ : Rentang 2.5-3 jutaan rupiah

Lihat juga: Action Cam canggih dari DJI.

Harga di atas adalah untuk versi kameranya saja, belum termasuk aksesoris Waterproof Case atau embel2 lainnya. Kecuali Yi 4K+ yang harga 3 juta itu rata2 ada bonus Case-nya.

Waterproof Xiaomi Yi Action cam

Nah, harga ideal untuk versi bundling dengan aksesoris itu nambah Rp 200 ribuan karena Case Waterproof harganya kisaran 100 ribuan. Sedangkan kalau bundling dengan aksesoris lain yang lebih lengkap misalnya baterai cadangan, microSD, dan sebagainya, tentu harganya akan lebih tinggi lagi.

Mana Xiaomi Yi Action Cam terbaik untuk Motovlogging?

Jelas saja yang paling lengkap dan ternyata paling mahal. Tapi yang lebih bijak, pilihlah yang sesuai budget. Misalnya punya Action Cam yang gak bisa pakai Mic External, ya tinggal rekam terpisah saja suaranya pakai ponsel kita. Atau kalau videonya shaky alias bergoncang terkena badai jalanan Pantura yang berlubang; ya tinggal diedit saja di video editor, tambahkan efek Video Stabilization.

Oke kira-kira gitu menurut ane pribadi. Untuk spesifikasi dan perbandingan fitur semua kamera Action Xiaomi Yi di atas, akan dipisah di halaman lain. Terlampau panjang kalau digabung di sini bray.. Semoga coretan ini membantu kalian (dan saya yang lagi berburu juga) memilih Action Cam Xiaomi Yi yang terbaik.

LEAVE A REPLY