Positioning Honda Genio yang diletakkan di antara Honda BeAT dan Scoopy, elmuha anggap sebagai strategi pintar sekali oleh AHM.

Kelebihan Honda Genio

Market share yang sudah dikuasai sejak bertahun-tahun yang lalu, bisa-bisa akan naik lagi. Karena seperti kita ketahui, menjadi rajanya AHM adalah berkat jajaran motor matic mereka.

Honda Genio, hadir dengan desain yang menurut saya sangat cantik dengan menggabungkan bahasa desain retro namun lebih modern dan elegan. Cuakep sih kalau dari mata saya. Sebagian orang mungkin kurang suka desain depannya, elmuha malah melihatnya berdesain elegan.

Harga Honda Genio
All credits: Astra-Honda.com

Bukan hanya soal desain, Honda Genio dipercaya sebagai motor matic entry level yang membawa sasis baru, mesin baru, dan dua modal ini sudah bisa menjadikan Honda Genio punya keunggulan mutlak. Bonus, desainnya yang aduhai di rentang harga masih 17 jutaan rupiah.

Honda Genio bukanlah yang terbaik di kelas ini. Elmuha pribadi lebih mengunggulkan Yamaha FreeGo misalnya, punya bagasi super luas dan tangki bensin serta lubang pengisian di bagian depan, sangat praktis!

Spesifikasi Honda Genio

Tapi desain FreeGo tak seindah Genio. Bahkan Honda Genio ini menurut elmuha malah lebih cantik dari Honda Scoopy yang punya model retro lucu gitu.

Sebagian orang ternyata menyangsikan kehadiran Honda Genio, bahkan dimirip2kan nasibnya dengan Honda Spacy. Tapi saya punya prediksi, Honda Genio ini bakal jauh lebih sukses dari Spacy, bahkan mungkin suatu saat bisa mengalahkan Honda BeAT Scoopy.

Harga Honda Genio 2019 (Jakarta dan sekitarnya)

  • Harga Honda Genio CBS : Rp 17.200.000
  • Harga Honda Genio CBS ISS : Rp 17.700.000

Pilihan warna Honda Genio khusus versi CBS:

*Click to enlarge!

Dengan harga Rp 17.2 juta, cicilan 3 tahun dengan DP 1 jutaan akan berada di kisaran 700 hingga 800 ribuan rupiah per bulan. Mirip seperti cicilan Honda Vario 110.

Apa saja fitur unggulan Honda Genio?

Pertama; adalah adanya port Power Charger untuk mengisi daya gadget kita. Letaknya ada di dalam bagasi jadi lebih aman dari tangan usil.

Kapasitas Bagasi Honda Genio

Kedua; kapasitas bagasinya lebih besar dari BeAT meski belum melebihi bagasi Scoopy. Kapasitas bagasi Honda Genio ini 14 liter, cukup oke untuk membawa baju ganti atau sepatu misalnya.

Ketiga; LED Headlights. Yakk, lampu utamanya sudah jenis LED. Lampu-lampu lainnya masih jenis bohlam biasa.

Keunggulan Honda Genio

Lainnya; Ada dua laci di depan yang cukup besar kapasitasnya, bisa buat nyimpen botol minuman atau glove, kacamata, serta masker. Speedometer juga sudah digital. Sistem penguncian masih menggunakan Key Shutter namun sudah dibekali Seat Opener. ACG starter alias ngidupin motor tanpa berisik tentu dimiliki juga oleh Genio.

Laci depan Honda Genio

Adapun soal keunggulan di sektor mesin serta sasis; seperti disebutkan, Genio punya mesin baru, juga sasis baru yang lebih smart, ringan, lincah, dan nyaman.

Shutter Key dan Seat Opener Honda Genio

Mesinnya punya tenaga lebih besar, serta torsi maksimum yang bisa dicapai di RPM lebih rendah. Efeknya, konsumsi bahan bakar diklaim bisa mencapai 59 Km/liter menurut pengujian mereka dengan mengaktifkan fitur ISS.

SPESIFIKASI MESIN HONDA GENIO

Kekurangan Honda Genio

Tipe Mesin: 4 – Langkah, SOHC, eSP
Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah: 47,0 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi: Automatic, V-Matic
Rasio Kompresi: 10,0 : 1
Daya Maksimum: 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum: 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
Tipe Starter: Elektrik dan Kick Starter

Memiliki kompresi mesin yang lebih tinggi dari mesin BeAT, Scoopy, dan Vario 110 saat ini, membuat tenaga mesin Honda Genio lebih tinggi, begitu juga torsinya. Namun Genio ini sangat over stroke, tarikan awal NJENGAT namun setelah speed 50an km per jam, naik laginya akan biasa banget. Cocok untuk stop and Go di kota.

SPESIFIKASI RANGKA DAN KAKI-KAKI HONDA GENIO

Spesifikasi Honda Genio 2019

Tipe Rangka: Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Tipe Suspensi Depan: Telescopic
Tipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan: 80/9014 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang: 90/9014 M/C Tubeless
Rem Depan: Cakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem Belakang: Tromol
Sistem Pengereman: Combi Brake System

Sasis barunya Genio diberi nama eSAF, Enhanced Smart, udah lebih pinter dari sasis model lamanya matic murah Honda. Ukuran roda pakai standar BeAT yakni 14 inch. Bannya cukup tebal meski masih jauh dari Scoopy. Rem depan pasti cakram, belakang masih tromol. Seperti motor matic ala Honda, ada sistem CBS-nya.

SPESIFIKASI DIMENSI & KAPASITAS HONDA GENIO

Panjang x Lebar x Tinggi: 1869 x 692 x 1061 mm
Tinggi Tempat Duduk: 740 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah: 147 mm
Curb Weight: 89 kg (Tipe CBS), 90 kg (Tipe CBS – ISS)

Ini adalah kelebihan Honda Genio lainnya; selain bobot yang relatif ringan, tinggi tempat duduknya hanya 740 mm. Bagi yang tingginya 160an Cm, masih sangat aman. Yang di kisaran 150an Cm juga harusnya masih nyaman. Dan satu lagi, ground clearance alias jarak terendah ke tanah mencapai 147 mm, ini cukup tinggi untuk menerjang polisi tidur LIAR yang gak kira-kira tingginya di kompleks2 itu.

Honda Genio Smart Silver CBS

Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 4,2 L
Kapasitas Minyak Pelumas: 0,65 L (Penggantian Periodik)

Tangkinya sedikit lebih besar. Anggaplah konsumsi BBMnya 50 Km per liter, maka dalam sekali pengisian bisa menempuh 200 Km lebih. Hmm… lumayan!!

Speedometer Honda Genio

Demikian sekilas info tentang Honda Genio yang baru saja diluncurkan oleh AHM. Elmuha jujur saja kepincut desainnya.. Namun bagasinya masih kurang besar untuk standar saya (lihat; motor matic dengan bagasi besar dan muat helm), gak bisa muat helm, dan sejak ada FreeGo, elmuha berharap Honda mau ngikut bikin motor dengan tangki di depan juga. Let’s see….

LEAVE A REPLY