DJI Osmo Action resmi diluncurkan dan mungkin inilah action cam paling canggih dan komplit saat ini. Harus dua-duanya ya; canggih dan komplit.

Keunggulan DJI Osmo Action dibanding GoPro Hero

GoPro selama bertahun-tahun tetap menjadi penguasa Action Cam meskipun banyak pesaing baru bermunculan. Satu pesaing yang sudah sangat diperhitungkan adalah Yi 4K karena banderolnya jauh lebih murah namun dibekali fitur kompetitif.

Namun baik GoPro atau Yi 4K keluaran terbaru pun masih belum punya satu fitur yang akan membuat siapapun tergoda; layar depan. Dan DJI Osmo Action punya fitur ini.

Jika menilik ke belakang, GoPro memang tidak selalu paling cepat dalam mengeluarkan kelengkapan fitur yang kekinian, namun ketika GoPro membuatnya; maka dia jadi yang terbaik.

Begitupun layar depan, elmuha yakin hanya menunggu waktu saja hingga GoPro akan membuatnya, mungkin untuk GoPro Hero 8.

Harga DJI Osmo Action

Bagaimanapun, DJI Osmo Action adalah Action Cam yang sangat menggoda saat ini. Bukan hanya karena layar depannya yang akan sangat membantu para vlogger, namun juga karena hasil dan kualitas video dari DJI Osmo Action sudah terbukti sangat-sangat menakjubkan.

Stabilization system ternyata tergolong smooth dan melihat review DJI Osmo Action oleh Adorama, sepertinya sekelas dengan GoPro Hero 7 atau setidaknya mendekati. Seperti kita tau bagaimana GoPro Hero 7 memang punya sistem penstabil video digital yang amat sangat menakjubkan. Sebrutal apapun kita memegang Hero 7, hasilnya tetap smooth.

Namun, DJI Osmo Action punya tawaran lengkap. DJI RockSteady electronic image stabilization system yang dibawanya masih bisa bekerja bahkan untuk resolusi 4K 60fps.

Seperti apa fitur-fitur dan spesifikasi DJI Osmo Action lainnya?

Fitur DJI Osmo Action

Simak daftarnya berikut;

  • 1.4 inch (300 ppi) full color display di depan, sangat memudahkan untuk mengambil foto atau video portrait dan aktivitas vlogging.
  • 2.25 inch (325 ppi) touchscreen display, mudah digunakan dan fungsional. Tap 2x maka layar yang aktif pindah ke depan, tap 2x lagi maka akan kembali ke layar utama.
  • Sensor 1/2.3″ 12 MP CMOS. Bisa merekam pada resolusi 4K 60 fps dan 100 Mbps bitrate, atau dalam mode HDR bisa hingga 30 fps.
  • Lensa dengan FOV 145° f/2.8.
  • ISO range: 100-3200 (photo dan video)
  • Tersedia juga 240 fps Slow motion dalam resolusi 720p ataupun 1080p.
  • DJI new RockSteady electronic image stabilization, bekerja untuk semua pilihan resolusi.

Spesifikasi DJI Osmo Action

  • DJI Osmo Action juga Waterproof hingga kedalaman 11 meter.
  • Tersedia WiFi dan Bluetooth serta dapat dikontrol melalui DJI mobile app.
  • Tersedia optional accessories seperti camera frame kit, adhesive mounts, waterproof case, mic adapter, dan filters termasuk ND, polarizer, dan underwater filters.
  • Dimensinya 65×42×35 mm dengan bobot 124 gram. (GoPro Hero 7 Black; 62.3×44.9×33 mm).
  • Storage; microSD card up to 256 GB.
  • Baterai kapasitas 1300 mAh dengan daya tahan dalam sekali charge mencapai 135 menit untuk rekam 1080p 30fps dan RockSteady off. Atau hingga 63 menit untuk rekam 4K 60fps dan RockSteady on. Pengisian baterai membutuhkan waktu 90 menit.

Berapa harga DJI Osmo Action?

Kelebihan DJI Osmo Action

Harga DJI Osmo Action sudah diumumkan dan ternyata berbanderol $349, atau jika dirupiahkan sekitar 5 juta rupiah.

Jika dibandingkan dengan rival terkuatnya; GoPro Hero 7, maka kita harus membandingkan dengan versi Black sebagai versi termahal dan terlengkap yang punya fitur setara Osmo Action ini.

Harga global GoPro Hero 7 Black adalah $399.99 atau $50 dolar lebih mahal dari DJI Osmo Action. Namun di Amazon, Hero 7 Black dijual dengan harga $369 namun ada potongan sekitar $17, jadi harganya persis sama dengan DJI Osmo Action yakni $349.

DJI Osmo Action vs GoPro

Di Indonesia, GoPro Hero 7 Black dijual dengan harga resmi Rp 6,999 juta namun ada potongan sehingga banderolnya menjadi Rp 6,199 juta. Di luar toko-toko besar, banyak juga yang menjual GoPro Hero 7 Black lebih murah bahkan ada yang di bawah 5 juta rupiah.

Sedangkan GoPro versi White dan Silver tentu saja lebih murah dan dijual mulai 3 jutaan rupiah.

DJI Osmo Action untuk MotoVlog?

Action Cam ini masih baru, beluma ada satupun yang menggunakannya untuk motovlogging kecuali untuk shooting adverts. Namun tertera jelas sekali bahwa DJI Osmo Action punya optional accessories Mic Adapter, bentuknya USB Type-C ke Audio Jack 3.5mm. Jadi bisa sangat mudah digunakan sebagai Action Cam untuk motovlog.

DJI Osmo Action untuk motovlog

Apakah bisa pakai adapter mic merk lain? Belum ada yang mencobanya hingga detik ini. Biasanya gak bisa kalau menilik Action Cam lainnya termasuk Yi 4K, kecuali dengan sedikit mods.

Elmuhanet berharap bahwa harga DJI Osmo Action ini tidak jadi lebih mahal ketika masuk Indonesia. Seperti GoPro Hero 7 Black yang ternyata lebih murah di luar walaupun tak sedikit penjual di Indonesia yang membanderol dengan harga lebih murah.

5 Juta rupiah untuk sebuah Action Cam?

Worth it untuk yang bener-bener niat dan sangat membutuhkan Action Cam terbaik. Kalau saya sih kayaknya pakai Yi 4K harga 2 jutaan saja cukup dah yaaa 😀 Kecuali kalau dah punya 100 ribu subs mungkin boleh deh punya DJI Osmo Action, atau GoPro Hero 8.

Ref specs: Officially here.

LEAVE A REPLY