Ngomongin motor akhir2 ini agak boring ya. Untungnya, berita soal MotoGP, WSBK, WSSP300, cukup ramai sehingga para pecinta roda dua gak kehabisan hiburan.

Galang dengan Yamaha R3

Jujur saja saya bingung juga mau update apa dong di elmuha.net. Berhubung saya gak terlalu hobi nulisin semua yang terjadi, alias cuma pilih yang saya suka saja, maka hari ini izinkan saya nulis tentang; CARA bikin motor jadi terasa enak lagi, bahkan jadi seperti motor baru.

Tapi Warning ya!! Artikel ini adalah tentang idealisme, kalau kalian ingin protes, liat dulu tagline blog elmuha.net; Indonesian Motorcycle and Idealism Blog. 😀 Terus gimana dong cara bikin motor kita jadi enak?

Gampang…

Pertama; kita ngomongin teknis dulu yakk..

Dari pengalaman saya, bagian motor yang paling mempengaruhi enak atau enggak, adalah bukan mesin.

Mesin Honda Win
Mesin rusak? gak kenal gw…. (by Ledeng Motor Bandung)

Yes, mesin super duper penting malah bisa jadi bagian terpenting. Tapi kita tau bagaimana ketahanan motor-motor zaman sekarang sudah sangat baik. Motor 10 tahun kalau dirawat (bahkan ngerawat agak asal2an), ya masih cukup oke mesinnya.

Nah terus apa dong kalau bukan mesin?

Kaki-kaki bro.. Pasti kalian udah ngerti lah ya 😀

Syarat motor enak menurut saya adalah; Ban gak gundul tentu saja… Komstir gak oblak, Bush arm kokoh, Rantai gak kendor, Mata Gear masih tebel, Velg masih bundar tanpa peyang, Shock gak mati, Serta; stangnya lurus bro…

punya CBR150R old ngidam R15 v3
Keren mana? (by Jualo)

Tambahan; ya Seat alias jok motor masih agak empuk, dan perlengkapan printilan masih ada semua; termasuk Sein, Stop lamp, Headlights, Panel meter, dan yang ngaruh banget juga; Starter dinamo masih jalan alias gak perlu ngengkol. Kalau mati di jalan sepi sih mending.. lah ini mati di tengah macet2  atau lampu merah, ya ribet juga bro kalau ngengkol terus gak idup2 pulak 😀

Saya bisa jamin jika checklist di atas semuanya dipenuhi, maka motor kita pasti nyaman meski sudah berumur. Namun jika ternyata masih dirasa motor kita udah doyok banget alias kita pengen ganti motor tapi kere gak punya duit, atau punya duit tapi gak dibolehin istri ganti motor, maka inilah caranya biar motor kita terasa enak lagi, enak BANGET.

Langkah pertama;

Carilah teman, saudara, tetangga, atau siapa saja yang penting masih kita percaya.

punya Thunder 125 ngidam CB150R
Gagah mana? (By OLX & Kaskus)

Syarat; motor mereka lebih parah kondisinya dari motor kita.

Langkah kedua;

Ya ajak tukeran bro.. Seminggu aja, atau lebih mantap lagi; sebulan!!

Lalu rasakanlah betapa nikmatnya saat kembali pakai motor kita sendiri yang kondisinya lebih layak, atau mungkin sederhana saja; mesinnya lebih kenceng.

Kadang, kita itu cuma bosan saja dan lupa bersyukr dengan yang kita miliki saat ini. Padahal yang kita punya itu masih lebih bagus dibanding kebanyakan orang lain; namun gara2 kita ngelihatnya ke ataaaaas mulu, kita lupa bahwa motor kita juga aslinya lumayan bagus.

punya Sonic pengen Satria F150
Bagus mana? (by OLX)

So, gitu kalau menurutku.. nikmati motor yang kita punya. Jika memungkinkan; ya beli motor baru atau naik kelas misalnya. Tapi bukan berarti jika belum kesampaian lalu kita lupa untuk menikmati apa yang bisa kita nikmati hari ini; punya kita sendiri.

Dan cara ini bisa diaplikasikan untuk bidang apa saja, jenis barang apa saja. Prinsipnya sih satu; kita gak akan bisa menikmati APAPUN jika kita tak bisa mensyukuri hal-hal yang sudah ada di depan kita, punya kita, yang kita pegang saat ini.

Gitu aja bro.. semoga omongan saya yang sok pinter ini gak bikin kalian tersinggung. Niatnya hanya untuk berbagi semangat saja, dan berbagi kenikmatan yang kadang kita sama-sama lupakan. Wassalam…

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY