Ngikutin beberapa blogger motor, saya sering takjub melihat betapa konsistennya beliau2 merawat dan ngupdate blognya. Konsisten posting beberapa kali dalam sehari.

Bukannya saya belum pernah bisa, faktanya saya juga dulu konsisten update blog setiap hari. Namun kebosanan akhirnya datang dan saya stuck gak bisa konsisten lagi. Nah, blogger2 yang konsisten selama bertahun-tahun, tentu saja bikin saya terusik. Apa sih rahasianya?

Salah satu blogger motor paling dikenal adalah IWB, IwanBanaran.com.

Saat ini peringkat blog IWB menurut Alexa adalah urutan 326 di Indonesia dan 21 ribuan global. Tentu saja untuk sebuah blog, peringkat tsb sangat-sangat baik. Angka terkecil yang pernah saya raih hanya 600 ribuan global, itupun sudah seneng banget.

Pengen dong ngikutin IWB?

Karena itulah saya hari ini coba ulik tips ngeblog dari IWB.

Pada 2012, kang Iwan Banaran pernah nulis tentang alasan beliau ngeblog, dan di situ juga ada tips-tips untuk sukses ngeblog, tentu bukan hanya untuk topik motor. Apapun topiknya bisa sukses asalkan ada kemauan.

Kang IWB dari IwanBanaran.com

Pada awalnya, IWB hanyalah pembaca rutin beberapa blog motor, sampai akhirnya punya keinginan memuncak untuk berbagi informasi lewat tulisan, lalu lahirlah blog IwanBanaran.

Kang IWB memulai dengan pengetahuan nol tentang blog, lalu perlahan belajar sedikit demi sedikit tentang wordpress dan segala tentang blogging. Sempat bingung mau nulis apa, akhirnya nulis sembarang yang ada di kepala ya ditulis.

Blog IWB beranjak naik dari 600 visitor, lalu 5rb hits perhari, dan terus naik.

Manfaat yang IWB dapatkan melalui blog adalah sharing melalui komentator2 yang zaman dulu masih agak adem dibandingkan sekarang. Pertemanan pun didapat melalui blog.. sungguh ngeblog yang berfaedah.. 😀

Lalu ada satu komentar dari bro Taufik TMCBlog yang menanyakan tentang Indomotoblog. Blog IWB pun nangkring di situ, dari mulai posisi paling bawah, beranjak ke posisi paling atas, mungkin dipindah karena popularitas yang naik juga.

Elmuha sendiri mengenal TMCBlog sejak 2009, waktu itu zamannya Ninja 250r, nama motor impian anak muda ini juga yang dipakai sebagai nama blognya kang Taufik waktu itu. Blog lain yang elmuha ikuti adalah Triatmono dan DucatiMonster (sekarang Indobikermags). Tentu ada beberapa blog lain yang sering saya ikuti juga. Blog IWB baru elmuha kenal sekitar tahun 2012-2013 mungkin ya..

Dari semua blog motor waktu itu, mungkin blognya Mbah Dukun Satar adalah yang paling sering saya kunjungi sejak 2010an hingga 2015an.. Tiap hari wajib buka, mungkin karena isinya sering ngebahas motor gede alias Moge yang tentu bikin ngiler. Dulu ngimpi banget punya Ducati 848, arghh…

Balik ke topik, setelah blog IWB “diakui” sebagai blog motor, kang Iwan tetap KONSISTEN menulis.

Dalam tulisannya juga dikatakan; IWB ngeblog adalah untuk sharing informasi, tidak lebih. Jika ada faktor lain seperti mulai dikenal ATPM, tambah relasi, dan lain-lainnya adalah sesuatu yang tidak direncanakan oleh IWB. Tujuan utama IWB adalah berbagi berita dan informasi bagi para pembaca.

IWB juga berpegang pada prinsip bahwa blogger hanyalah manusia biasa yang punya keterbatasan. Tak ada yang sempurna di dunia ini. Blogger tidak lebih pintar dari pembaca, sebuah blog yang populer juga tidak tentu lebih berkualitas dibanding blog lain. Hanya pembaca yang berhak menilai. Karena itulah kang IWB pantang untuk mengkritik, menyalahkan yang lain, mengamati dan mencari kelemahan blog lain lalu membuat artikel tandingan dengan tujuan nyindir, memojokkan, serta membangun opini bahwa kita yang paling benar.

Menurut IWB, saling mengingatkan itu perlu namun dilakukan secara kekeluargaan. Jagad blogsphere akan indah bila saling merangkul, bahu-membahu, dan menjunjung tinggi persahabatan, serta menjaga perasaan masing-masing individu.

Jika ada yang kurang berkenan, komunikasikan dengan tatap muka, diskusi secara dewasa, bukan lewat artikel yang bisa menghasut, memunculkan kesan negatif, melukai rekan lain, yang malah memberikan kesan buruk bagi pembaca.

Pengunjung warung tulen tidak akan menyukai ajang perseteruan sebuah blog, sebab hanya informasi motor yang dicari. Karena itulah menurut IWB, mari gali informasi sama-sama, bergandengan tangan, demi memuaskan dahaga berita untuk kita semua.

Lanjut menurut kang IWB, tidak ada blogger papan atas atau bawah karena semua adalah sama. Hanya keberuntungan dan lokasi yang menjadi kelebihan. Jika kesempatan datang pada blogger daerah, bahasan bisa saja lebih tajam dibanding IWB dan blogger yang tinggal di kota.

Di atas langit masih ada langit, prinsip ini dipegang teguh IWB.

Pesan terakhir kang Iwan, KONSISTENLAH menulis tanpa diiringi maksud dan tujuan lain, karena jika perasaan itu hadir dalam benak kita semua, saat itu pula ketidaknyamanan akan menyerang. Keep brotherhood dan hidup roda dua tanah air, tutup IWB pada tulisan beliau 7 tahun lalu.

Tips Sukses Ngeblog dari IwanBanaran.com

Dari ucapan kang Iwan, bisa kita ambil tips mutlak agak bisa ngeblog secara tentram dan insyaAllah sukses yaitu;

  • KONSISTEN.
  • HUMBLE/ Rendah Hati.
  • Tujuan murni untuk sharing informasi.
  • Menjaga hubungan baik dengan rekan blogger.
  • HUMBLE.

Tambahan yang lebih praktikal;

  • Jangan mikirin penghasilan blog dulu.
  • Ngeblog sesuai passion dan hobi, lakukan dengan cinta dan fun.
  • Cari bahan artikel yang diinginkan pembaca.
  • Gunakan bahasa yang ringan seperti ngobrol dengan teman.
  • Optimalkan Social Media.
  • Pelajari SEO untuk dapat trafik dari Search Engine. (dari SemarMotoBlog.com)

Dalam tulisan itu juga, kang Iwan bertanya. “Untuk apa kalian ngeblog?”

Dalam tulisan ini, sekalian elmuha ikutan jawab.

Saya ngeblog awalnya karena nemu buku “Menjadi jutawan melalui internet!” Karena itulah sejak tahun 2008, impian saya sukses ngeblog adalah biar dapat UANG!

Zaman itu masih SMA, tentu impian yang paling memuncak adalah pengen punya motor Ninja 😀

Impian itu gak kesampaian, tapi saya dibeliin motor Vixion tahun 2010. Jadi ya lumayan banget lah untuk kalangan SMA. haha…

Niat saya untuk ngeblog agar dapat uang sempat berubah di tahun 2009. Elmuha akhirnya ngeblog supaya bisa sharing pengetahuan, blog pertama dan kedua saya adalah nb-hp.blogspot.com dan satu lagi blog Islamy.

Saat kuliah, ambisi elmuha ngeblog balik lagi agar dapat UANG! Walaupun diselingi dengan ngeblog agar bisa sharing info. Intinya, elmuha ngeblog dengan dua tujuan, punya beberapa blog dengan tujuan berbeda.

Blog Elmuha ini juga termasuk yang diawali dengan niat sharing informasi dan pendapat pribadi. Karena itulah mungkin hasilnya lebih kelihatan dibanding blog elmuha lainnya yang dibuat pure karena pengen dapet duit dari internet.

Kalau ngikutin seperti perkataan kang IWB, jelas sekali bahwa kesuksesan ngeblog adalah diawali dengan keinginan untuk berbagi informasi, itu tok!

Meski elmuha punya dua tujuan, faktanya yang selalu sukses adalah yang diniati bukan untuk dapat uang. Lebih tahan dari gempuran rasa malas. Meskipun jujur saja saya belum bisa konsisten seperti dulu kala. Zaman 2012 saya masih bisa rajin, membangun blog baru hitungan 3 bulan bisa dapat ribuan visitor per hari, sekarang sulit sekali seperti itu.

Well.. jika kalian (dan saya) ingin sukses, kembalilah dan bertaubat. Bahwa ngeblog itu untuk sharing informasi. Sekaligus untuk menjalin hubungan dengan rekan, menambah pertemanan (yang ini paling susah buat saya 😀 ), lalu yang lain pasti mengikuti. Gimana bro, setuju?

LEAVE A REPLY