Anda tau kan; kekecewaan adalah produk hasil dari harapan?!

Jadi, biar gak kecewa, jangan berharap berlebihan untuk generasi terbaru Avanza dan Xenia 2019 yang sepertinya hanya facelift saja. Padahal generasi ini pertama lahir adalah pada 2012, alias sudah 6 tahun loh, cmiiw.

Terlalu dah kalau ternyata memang hanya minor facelift.

Ya berandai-andai sih boleh lah ya, bisa jadi Astra memberikan penyegaran pada interior Xenia-Avanza 2019, suspensi lebih nyaman namun tetap tangguh, serta fitur kemudahan dan keselamatan yang lebih lengkap. Itu harapan saya yang sebenernya cuma ngomong doang gak ada niatan beli juga sih 😀

At least, desain eksteriornya berubah.. Lebih modern, ini kalau berdasarkan bocoran yang sudah tersebar di dunia maya. Kalau dibilang cakep atau enggak, elmuha jujur saja lebih menyukai desain Veloz 2012, itu ideal banget desainnya. Facelift Veloz yang pakai nama Grand saja saya tidak begitu suka kok.. Namun desain 2019 ini sebenernya lumayan cantik sih, turunan dari Voxy atau Vellfire.

UPDATE: Muncul bocoran lagi, kali ini untuk interior Avanza-Xenia 2019.

Interior Avanza Xenia 2019

Terlihat di foto, desainnya sedikit berubah, lebih tepatnya ada aksen tambahan yang lebih modern, dan juga nampak penggunaan AC digital, meski kami belum tau apakah ini untuk trim teratas saja atau untuk semua varian. Setir masih mirip desainnya dengan yang lama, namun sudah dilapis kulit.. Ada tombol-tombol juga. Yang membuat saya yakin, ini untuk trim atas.

Sedangkan desain eksterior di belakang, melihat foto bocoran; bukan selera saya. Kalau bahasa para bullier; desain maksa banget 😀

Saya gak pengen ikutan ngebully, karena itu, lebih tepat saya katakan, bukan selera saya. Saya yakin akan banyak yang suka, buktinya Avanza-Xenia generasi pre-facelift juga laku buanget kan.

Jadi, seperti biasa, kalau belum diluncurkan resmi, sebaiknya kita diam saja dulu.. Barangkali ada kejutan-kejutan menarik untuk Xenia-Avanza facelift 2019. Asalkan jangan berharap ketinggian, nanti kemungkinan kecewanya juga naik.

Yang jelas, kalau tak suka desain Avanza-Xenia terbaru, toh ada Rush-Terios yang jelas-jelas punya desain yang sudah diterima masyarakat kita dengan baik. Meski digolongkan ke SUV, tapi bagi saya, Rush-Ter itu MPV ala-ala SUV, atau… SUV ala-ala MPV?

Sedangkan alternatif yang sudah agak beda kelas karena pakai FWD, tentu saja jagoan baru yang sampai detik ini belum ada diskon akibat masih laris terus; Xpander!

Kalau melihat berita-berita kemungkinan mobil baru 2019, belum ada yang menyebutkan Mobilio ya, padahal elmuha berharap sih Honda memperbarui jagoan MPV entry-level mereka ini.

Yang patut ditunggu juga adalah Nissan Livina terbaru yang konon basisnya menggunakan basis yang sama dengan Xpander. Jika Xpander saja sudah nyaman, elmuha berani pegang Nissan untuk kenyamanan yang bahkan bisa lebih baik.

Jalanan Indonesia yang sudah semakin mulus akibat pembangunan jalan yang masif di era saat ini, membuat mobil FWD dan sasis pure Monocoque semakin tak perlu khawatir kaki-kaki dan sasis cepat menurun kondisinya. Kecuali kalau mau dipakai sering keluar daerah yang banyak tanjakan dan jalanan rusak, saya tetap pegang Avanza-Xenia dan Rush-Terios untuk ketangguhan mereka, di kelas harga 200 jutaan pastinya.

Alasan itulah yang membuat dua kembaran mobil ini masih diminati oleh masyarakat Tanah Air.. Tak perlu bully-bully “ah itu kan karena merk-nya Toyota” karena… merk memang jadi alasan major untuk membeli barang apapun, bonus; juga karena memang mobil2 Toyota dibuat untuk kebutuhan mendasar orang Indonesia.

Sepertinya render saja ini…

Saya memang tergolong fans-boy Toyota, dan juga Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Mazda, BMW, dll… I love almost all car brands in this world 😀 Except Ferrari maybe.. karena pernah ngidam namun gak kelakon sampai akhirnya gak suka lagi.

Alright.. sekian corat-coret yang mengerucut pada bocoran Avanza-Xenia facelift 2019, mobil yang gak keren-keren amat tapi pasti bakal laku keras.

LEAVE A REPLY