Selama 2018, ada banyak sekali ponsel android baru yang diluncurkan ke pasaran smartphone.

Masing-masing vendor tentu punya produk andalan atau flagship. Ada yang dibanderol dengan harga tinggi, ada juga yang cukup terjangkau dengan kompromi pada beberapa fiturnya.

Banyaknya pilihan smartphone saat ini kadang bikin kita bingung mau beli yang mana. Sebagian mungkin akan langsung pilih yang paling mahal, sebagian lainnya mencari yang terbaik.

Dari GSMArena sebagai salah satu media review ponsel terkemuka di dunia, berikut adalah 7 smartphone yang masuk dalam daftar smartphone terbaik mereka selama 2018.

gak ada smartphone ini loh…

Kenapa kok tidak langsung dipilih satu saja smartphone terbaik? Karena memang untuk masing-masing pengguna, impresi mengoperasikan smartphone akan relatif berbeda-beda. Setiap orang punya kriteria sendiri untuk sebuah smartphone terbaik.

Menimbang kita tak kenal mereka para penulis di sana, langsung saja kita bikin poin smartphone terbaik bagi masing-masing penulis GSMArena.

Smartphone Terbaik 2018-2019

Huawei Mate 20 Pro
Mate 20 Pro

1. Huawei Mate 20 Pro & Google Pixel 3 + Xiaomi Pocophone F1: Penulis nomor 1 ini sebenarnya hampir memilih Pocophone F1 karena harganya yang sangat terjangkau dan punya spesifikasi kelas flagship, namun mungkin kriterianya belum cukup. Sehingga pilihan terbaik jatuh pada Huawei Mate 20 Pro. Kombinasi sempurna untuk berbagai kebutuhan dalam smartphone. Runner Up, dijatuhkan pada Google Pixel 3 yang gak neko-neko tapi punya hasil kamera yang superb serta kemudahan pada fitur lainnya.

Google Pixel 3
Pixel 3

2. Google Pixel 3; Berbeda dari penulis no 1 yang hanya menjadikan Pixel 3 sebagai Runner Up, penulis no 2 ini memang benar-benar mengagumi sebuah smartphone Google Pixel 3 yang punya body relatif compact, gak neko-neko, tapi tangguh dan fitur kameranya, sekali lagi, superb!

OnePlus 6T
OnePlus 6T

3. OnePlus 6T & Samsung Galaxy Note9; Oneplus jadi juara bagi penulis no 3. Harga terjangkau dengan fitur dan spesifikasi flagship killer bisa menjadi alasannya. Sedangkan Runner Up, jatuh pada Galaxy Note9 yang punya segudang kelengkapan fitur serta masih ada bonus S-Pen yang menunjang produktivitas.

Xiaomi Pocophone F1
Pocophone F1

4. Xiaomi Pocophone F1; Nah, betul kan bahwa Pocophone F1 memang menjadi favorit banyak reviewer. Bahkan penulis no 4 menjadikan smartphone ini sebagai yang terbaik. Harganya memang keterlaluan murah untuk sebuah smartphone tangguh yang cukup lengkap fiturnya.

5. Huawei Mate 20 Pro; Huawei mulai mengguncang dunia. Produk2 mereka sukses menarik perhatian. Mate 20 Pro menjadi favorit saat ini dengan fitur kamera kelas atas serta spesifikasi yang juga tangguh.

Samsung Galaxy Note 9
Galaxy Note 9

6. Samsung Galaxy Note9 & Google Pixel 3: Akhirnya Galaxy Note9 menjadi yang terbaik bagi penulis no 6 ini. Paket lengkap dalam sebuah ponsel memang bikin Note9 dijadikan must buying list. Sedangkan Runner Up, jatuh pada Pixel 3, alasannya tentu mirip seperti penulis2 sebelumnya yang memfavoritkan ponsel keluaran Google ini. Jujur saja, melihat hasil kamera Pixel 3, elmuha juga amat sangat takjub, tajam banget men bagai silet.

Asus ROG Phone
ROG Phone

7. Samsung Galaxy Note9 & Asus ROG Phone; Ahh, sekali lagi Galaxy Note 9 jadi yang terbaik. Penulis ini suka dengan kelengkapan paket pada Note9. Ya sih, elmuha juga ngidam satu belum kesampaian. Asus ROG juga masuk pertimbangan meski belum sampai menjadi Runner Up, mungkin lebih sebagai ponsel yang patut mendapat perhatian kali ya.

Samsung Galaxy S9
Galaxy S9

8. Samsung Galaxy S9 & Samsung Galaxy Note 9; Penulis no 8 ini wanita, dia suka desain kompak S9 yang punya spek kelas atas tentunya. Paket sempurna untuk ponsel harian. Sedangkan jika ingin layar lebih besar dan fitur lebih lengkap, dia merekomendasikan Note9, ya of course

9. OnePlus 6T; Sekali lagi ada penulis yang menjadikan OnePlus 6T sebagai smartphone terbaik. Memang, Oneplus selalu berhasil menggaet hati banyak Tech Enthusiast bahkan dari generasi pertama. Sayang, Indonesia seringnya gak kebagian unit garansi resmi ya.

Oke, demikian, smartphone terbaik bagi 9 penulis GSMArena… Jika kita akumulasi, berikut score poin masing2.

Kategori terbaik akan kita beri poin 1, sedangkan Runner Up/ favorit/ rekomendasi, kita beri poin 0.5 ya. Here we go..

  • Samsung Galaxy Note 9 : 3
  • Huawei Mate 20 Pro : 2
  • OnePlus 6T : 2
  • Google Pixel 3 : 2
  • Xiaomi Pocophone F1 : 1.5
  • Samsung Galaxy S9 : 1
  • Asus ROG Phone : 0.5

Ternyata, secara keseluruhan Samsung Galaxy Note 9 jadi yang paling banyak poin, diikuti 3 smartphone yang poinnya sama yakni Mate 20 Pro, OnePlus 6T, dan Pixel 3. Dan diikuti 3 smartphone lainnya.

Jikalau elmuha disuruh memilih 2 ponsel dari daftar smartphone terbaik di atas, jelasnya juga akan ambil Galaxy Note9 dan Pixel 3. Sedangkan jika budget lebih terbatas, mungkin pilihannya menjadi Galaxy Note9 dan Pocophone F1 😀

Samsung memang semakin “gak main-main” di bidang teknologi. Bukan hanya smartphone, mereka juga punya produk lain yang super keren. Misalnya, mereka punya Kulkas canggih, Mesin Cuci yang gak ngerusak baju, AC, hingga TV yang bisa dijadiin tembok; “The Wall”. Tapi harganya juga “gak main-main,” simak nih; Kenapa Harga TV Samsung lebih Mahal?

Alright… kembali soal smartphone. Dari pilihan ponsel terbaik di atas, sayangnya hanya Pocophone F1 yang bukan ponsel kelas flagship, lainnya punya harga tinggi semua.

Xiaomi Mi A2
Xiaomi Mi A2

Padahal kadang kebimbangan itu muncul akibat budget terbatas, jadi milihnya juga ya ponsel terjangkau. Misalnya seperti ponsel di atas ini, Mi A2 yang punya spek kelas menengah, harga masih cukup terjangkau untuk berbagai kalangan, dan punya fitur kamera yang juga cukup oke, bahkan terbaik di kelasnya. Mungkin perlu elmuha buat kali ya daftar smartphone terbaik untuk rentang harga tertentu…. stay tuned deh di blog ini, mudah2an segera terbit artikelnya.

LEAVE A REPLY