Kawasaki Ninja 250SL kini cuma sedikit lebih mahal dari Yamaha R15 dan CBR150R. Lantas apakah Ninja 250SL bisa memikat calon konsumen motor sport entry level ini?

Jawabannya tergantung bro.. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan membeli antara R15/CBR150R/GSX-R150 atau Ninja 250SL.

Jadi, pilih mana nih?

Kira-kira gini, kalau misal baru banget naik kelas dari motor bebek atau matic entry-level, saya kira gak ada salahnya kalau lari ke motor sport fairing 150cc walaupun ada pilihan motor sport 250cc yang tak jauh lebih mahal.

Pilih Kawasaki Ninja 250SL atau CBR150R

Tenaga motor 150cc sudah cukup kencang dan tentu relatif lebih aman digunakan sehari-hari. Apalagi kalau sudah ngitung konsumsi BBM, tentu yang mesin kecil tetap lebih irit. Beda cerita kalau sudah sering pakai motor 150cc dan terasa kurang powerful.

Lalu, membandingkan desain dan fitur-fitur unggulan, meskipun R15 cuma 150cc, desainnya lebih ganteng dan sudah pakai Upside Down fork dibanding Ninja 250SL yang biasa saja. Keren memang, tapi kesan spesialnya kurang, entah kenapa… ini selera saja mungkin.

Kawasaki Ninja 250SL vs CBR150R vs R15 v3 vs GSX-R150 small

Sedangkan dibanding CBR150R yang belum pakai USD, mungkin bagi sebagian orang akan memilih langsung ke motor sport 250cc termurah meski cuma pakai 1 cylinder yakni Ninja 250SL. GSXR150 yang punya harga paling murah dan desain ngalir cantik bisa unggul di sektor itu.

Kita intip lagi harga Honda CBR150R kini termurahnya Rp 33.855.000, sedangkan termahal mencapai Rp 38.755.000 versi ABS Repsol. Sedangkan harga R15 kini berada di angka Rp 35.300.000

Harga Kawasaki Ninja 250SL untuk versi terbaru; hanya Rp 36.800.000

Kawasaki Ninja 250SL vs motor sport 150cc

Jelas sekali, kalau cari motor kencang tapi murah, sepertinya inilah pilihan satu-satunya yang terbaik saat ini, Ninja 250SL!

Ninja 250SL punya power mencapai 28 PS dengan torsi maksimum 22.6 Nm. Itu jauh di atas CBR150R yang pakai mesin bertenaga 17.1 PS dan torsi max 14.4 Nm. Ya, kapasitas mesin gak bakalan boong, kecuali kalau compression Ratio-nya jauh. Sedangkan power Yamaha R15 mencapai 19.3 PS dan torsi maksimum 14.7 Nm.

Bagaimana performa akselerasi dan kecepatan Kawasaki Ninja 250SL?

Ninja RR Mono/ 250SL
0-60 km/jam 2,37 detik
0-201 m 8 detik

Mari bandingkan dengan perolehan data akselerasi tiga motor sport 150cc 30 jutaan; (Semua data bersumber dari GridOto)

Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R vs Yamaha R15 2017

GSX-R150
0-60 km/jam: 4,2 detik
0-201 m: 11.2 detik (99.3 kph)

CBR150R
0-60 km/jam: 4,3 detik
0-201 m: 11.3 detik (97.9 kph)

R15 v3
0-60 km/jam: 4 detik
0-201 m: 11 detik (102.5 kph)

*Lihat lebih komparasi R15 vs CBR150R vs GSXR150

Ya, bedanya jauh brur! Jarak 0-201m, rata-rata motor sport 150cc menempuh 11 detik, 3 detik lebih lambat dari Ninja 250SL.

Jadi, jelas ya, performa mesin gak bakalan boong.

Jadi, sisanya tinggal faktor lainnya, selain mesin.

Misalnya;

DESAIN, Keempatnya keren; GSXR150 aduhai, CBR150R ganteng simpel, R15 ganteng perkasa, Ninja 250SL sporty…

Kelebihan Kawasaki Ninja 250SL

Jujur saja, yang paling keren dari keempatnya untuk selera elmuha adalah GSX-R150 dan R15. CBR150R terlalu compact, Ninja 250SL sudah agak boring. Ini kembali ke selera.

Soal jaringan service; Honda AHM jelas juaranya, Yamaha kedua, diikuti Suzuki dan Kawasaki, ya gak terlalu masalah sih, dealer Kawasaki di kota besar pasti ada biasanya.

Soal Ergonomi; Nah ini, alasan kenapa CBR150R laris meskipun tenaganya kalah cukup signifikan dibanding GSXR150 dan Yamaha R15 adalah karena lebih nyaman dikit (oke oke, dan karena merk Honda). Sebenernya R15 juga saya pakai berjam-jam gak bikin pegel banget kok enjoy aja.. Tapi CBR150R sedikit lebih tegak, jadi lebih rileks.

Ninja Mono by 7Leopold7 sporty
Regis (tinggi 156cm) on Ninja Mono by 7leopold7.com…

Dan… Ninja 250SL ini tergolong sporty, gak santai macam saudaranya yang dua silinder.  Wis pokoknya Sporty ergonominya. Pegel atau enggak ya tergantung yang naik, sering olahraga apa enggak 😀

Dan tergantung tinggi badan juga, panjang tangan mempengaruhi kan.

Tapi kalau dibandingin R15 atau GSXR150 sih gak jauh-jauh amat kok bedanya. Jadi ya… sama aja sih sebenernya, mirip2, sporty brur.

Desain Kawasaki Ninja 250SL

Saya kira, itu dia faktor-faktor untuk memilih antara Ninja 250SL atau CBR150R atau R15 v3 atau GSX-R150..

Mesin bukan segalanya, malah kalau masih pemula, baiknya yang biasa-biasa aja lah powernya.. 150cc itu udah kuenceng kok brur. Tapi kalau udah biasa bawa 150cc dan pengen naik kelas tapi budget ngepas, ya boleh banget lah mempertimbangkan Ninja 250SL ini. Saya termasuk yang akan memilih Ninja 250SL yang cuma 1,5 juta rupiah lebih mahal dari motor sport 150cc, karena sudah terlalu biasa dengan motor sport 150cc 😀

LEAVE A REPLY