Tren bagasi besar pada motor kian ngetren. Fitur unggulan ini tadinya hanya ada di motor-motor matic premium, intip saja motor-motor yang dijual untuk dataran Eropa, meskipun motornya cuilik.. tapi bagasinya tetap lumayan.

Nah, tren bagasi gede ini semakin populer di Indonesia. Apa sih gunanya punya bagasi motor yang lega?

Jelas, bagasi yang luas bisa bikin punggung kita anti-pegal karena gak perlu bawa tas berisi barang-barang bawaan, gak bikin motor jadi lebih panjang atau lebar karena tak perlu bawa Pannier atau box. Semua barang bawaan bisa masuk jleb ke bagasi. Uenak!

Selain XMax dan Forza yang jelas banget punya bagasi jumbo bahkan bisa muat 2 helm, ada motor matic apa lagi sih yang berbagasi besar?.

Mari coba kita listing satu-persatu sekaligus ulik berapa harganya.

Motor Matic dengan bagasi LUAS, muat helm

Parameter minimal adalah muat satu helm half-face, kapasitasnya pasti sudah setara tas backpack ukuran sedang.

Urutan motor muat helm di bawah ini diurutkan dari harga termurah sampai termahal.

1. Suzuki Address: Harga 15.3 juta rupiah

Motor matic kecil bagasi besar Suzuki Address FI

Address bisa memuat helm full-face berkat kapasitas bagasi 20.6 liter. Ini adalah salah satu motor matic termurah yang bagasinya muat helm. Superb. Selain helm, masih ada tersisa sedikit ruang untuk glove dan jas hujan.

20 liter itu kalau dibandingkan dengan tas backpack, sudah setara yang size besar bahkan beberapa tas gunung juga masih kapasitas 20 liter. cmiiw.

Bagasi matic Suzuki Address FI

Kalau minggat dari rumah misalnya, kita bisa pura-pura cuma jalan bentar pakai helm, jaket, dan sepatu. Padahal semua pakaian ada di dalam bagasi, hahaha.. Kidding ya jangan ditiru.

2. Honda Spacy: Rp 14.5 juta

Honda spacy bagasi besar

Pesaing Address dari Honda mungkin ini; Spacy. Sayangnya gak begitu laku di Indonesia, bahkan sepertinya sudah discontinue (ternyata sejak Mei 2018). Spacy ini bisa muat helm full-face loh. Kapasitas bagasinya 18 liter, yes lebih kecil dari Address.

Ya mungkin bisa cari bekasnya saja. Harga baru padahal cuma 14 jutaan, kenapa gak laku? Mungkin karena desainnya kurang bagus, menurut saya sih lebih bagus dari BeAT. Selain bagasi besar, tangki BBM juga seperti Address, 5 liter lebih.

3. Yamaha Soul GT: Rp 17.3 juta

Motor matic bagasi muat helm ALL NEW SOUL GT AKS

At least helm half-face bisa masuk ke Soul GT. Yang tanpa Visor ya, atau Spoiler, atau apa sih namanya. Visor pada helm itu kan kacanya, tapi arti Visor secara umum itu semacam topinya. Saya kira kebanyakan motor helm-in memang gak support helm begituan, yang ada topinya, Spoiler depan.

Bagasi matic Yamaha ALL NEW SOUL GT AKS

Kapasitas bagasi Yamaha Soul GT itu 14 liter. Ketika helm masuk, di sisi-sisinya masih bisa lah diselipin glove atau bahkan jaket hujan yang tipis. Tapi kalau susah ya tinggal masukin ke helm aja barang2 lainnya, cukup lega seluas volume kepala kita ๐Ÿ˜€

4. Yamaha FreeGo: Harga 18.5 juta rupiah

Jujur saja, ini motor favorit elmuha saat ini untuk kategori matic compact. Perfecto, ya walau masih ada sih 1-2 kekurangan. Namanya juga buatan manusia tiada yang sempurnaaa….

Motor matik kecil bagasi besar Yamaha

Sedikit bocoran; FreeGo tadinya saya tempatkan di nomor 6, harga yang saya ingat hampir 20 juta. Padahal FreeGo std version harga termurah mulai 18.5 juta saja. Value banget ini, ckck.

Kapasitas bagasi FreeGo 25 liter, ah ini sih udah kelasnya Maxi Scooter. Rata2 Helm full-face model biasa bisa masuk ke bagasi FreeGo dengan masih menyisakan ruang penyimpanan cukup luas. Dan satu hal yang saya suka banget dan gak ada di pesaing sekelas adalah tempat pengisian bensin di depan, tapi dek tetap rata.

Bagasi Matic besar Yamaha FreeGo

Saya agak gimanaaa gitu kalau ada barang di bagasi bawah jok, lalu harus dilihat oleh petugas SPBU, ya bisa sih ditutupin tapi ngerti lah ya maksud saya.

5. Honda Scoopy: Rp 18.8 juta

Bagasi Scoopy kapasitasnya 15.4 liter, sedikit lebih besar dari Soul GT tapi helm yang bisa masuk tetap yang ukuran biasa saja, bahkan mungkin hanya yang seukuran helm bawaan, half-face pastinya.

3 fitur unggulan all new Honda Scoopy 2017

Meski banyak klaim bagasi Scoopy terbaru bisa muat helm, namun tak terlalu didengung2kan. Karena memang bagasinya luas tapi tak terlalu luas. Setidaknya kalau mau minggat bawa beberapa pasang baju sih bisa laah.. nah loh kok ngomongin minggat mulu.

Maksudnya ke kampus bawa baju ganti itu bisa banget ditaro di bagasi Scoopy. ๐Ÿ˜€

6. Honda Vario: Rp 19.2 juta (125) | 23.4 juta (150)

All New Honda VARIO

Fokus ke Vario 2018, bagasinya ternyata juga bisa muat helm. Dan ternyata nih gaes, muat helm full-face loh klaimnya. Karena kapasitasnya mencapai 18 liter. Tentu gak semua jenis helm full-face bisa masuk. Wah keren juga nih, gak perlu lah beli Spacy, Vario aja cukup.

Bagasi matik besar Honda Vario terbaru

Eh, kebalik, Vario lebih mahal ding ya…..

Secara kepraktisan, Vario 125 dan 150 itu almost perfect. Harga 19 jutaan udah bisa minggat bawa baju puluhan di bagasi motor kan enak cuy. Cuma masih punya kekurangan sih… yang lalu ditutupi oleh motor nomor 4……….

7. Yamaha Aerox 155: Rp 23.3 juta

Motor matic bagasi lega Aerox

Kalau menginginkan kepraktisan seperti FreeGo, tapi butuh mesin yang lebih kencang, desain lebih cuakep, dan beberapa lebih-lebih yang lain, ya ini dia; Areox 155 VVA.

Bagasinya 25 liter. Luas banget sih menurut saya. Helm full-face masih bisa masuk. Sekilas memang identik seperti FreeGo.

Bagasi Matic Yamaha Aerox

Sayang tangki bensin biasa saja seperti matic-matic kecil. At least ngisi bensin bisa lebih praktis, bahkan gak perlu turun saat mengisi (kecuali di SPBU Shell). Tapi bawa galon agak susah, bawa tabung gas sih masih gampang lah ya dijepit paha, aduh kok bahasanya jepit-menjepit gini sih.

8. Yamaha NMax: 26.9 juta rupiah

Motor matic bagasi luas NMax

NMax merupakan pilihan ideal untuk motor matic, gak aneh kalau penjualannya laris di kelas maxi.

Desain elegan, cocok untuk wanita atau pria, praktis, cukup kencang, dan bawa NMax itu udah “keliatan” deh di jalan, karena kelasnya sudah Maxi scooter. Perjalanan jauh juga gak cepet cape karena ergonomi riding yang bisa selonjoran.

Bagasi Matic besar Yamaha NMax

Kapasitas bagasi NMax 23 liter, helm full-face bisa masuk dengan posisi dibalik. Sebaiknya diberi alas kain lah ya kalau helm-nya mahal. Tapi kalau gak masukin helm, kapasitas 23 liter bisa masukin banyak barang termasuk alat tempur saat minggat.

9. Honda PCX150 (Lokal): Rp 27.8 juta

Nah ini sebagai rival NMax hadir belakangan, tentu dengan fitur yang menyaingi juga.

Honda PCX 150

Kapasitas bagasi PCX 150 mencapai 28 liter, muat helm full-face tapi gak semua jenis. Helm yang size luarnya besar dan dimensinya agak meninggi, itu jok gak bisa ditutup bro, berdasar pengetesan IWB.

Bagasi Luas Honda PCX 150

Tapi bagasi 28 liter sih surga banget ya, meski hanya 3 liter lebih besar dari FreeGo. Kalau minggat bisa lebih banyak bawa bajunya. Dan satu kelebihan lagi adalah kapasitas tangki bensin 8 liter, sedikit lebih besar dari NMax. Ah, buruan Yamaha keluarin NMax terbaruuuu.

10. Yamaha XMax: 57.8 juta rupiah

Motor matic bagasi terbesar Yamaha XMax

Menimbang NMax dan PCX semakin pasaran, mungkin kalian yang punya budget lebih bisa ambil ini.

Berdasar pengetasan, kenyamanan juga lebih nyaman signifikan masbro. XMAX ini nyuaman pol untuk touring jarak jauh. Mesin juga ngisi terus, ya iyalah 250cc mau gimana juga torsinya nampol macam gamparan sang mantan.

Bagasi matik terbesar Yamaha XMax

Kapasitas bagasi XMax guede bro. Bisa muat 2 helm full-face hingga ukuran XL. Bahkan ketika dua helm full-face masuk, masih ada tersisa ruangan untuk jaket, glove, dan lainnya. Konon kapasitas XMax 250 mencapai 45 liter. Bisa bikin kolam ikan lele ini mah.

Gak perlu gelap2an juga kalau malam2 akses bagasi, ada lampunya… Dengan harga masih angka 50 jutaan, gak aneh kalau motor ini lebih dipilih dibanding motor sport 2-cylinders 250cc.

11. Honda Forza 250 : Rp 76.5 juta

Motor matic bagasi terbesar Honda Forza

Honda tentunya tak mau kalah. Meski secara harga tidak head-to-head dengan XMax, namun fitur2 unggulannya khas big scooter, Matic gede!

Bagasi luas seperti layaknya big scooter, dan tentu bisa masuk juga dua helm full-face. Jika kapasitas tangki bensin si XMax unggul dikit, maka kapasitas bagasi Forza ini lebih gede dikit, 3 liter lebih besar. Jika benar XMax 45 liter, maka Forza ini ya 48 liter.

Bagasi matic terbesar Honda Forza

Kalau punya budget mencapai 70 jutaan, bisa banget nih meminang Forza. Meski secara Value saya lebih “megang” XMax, lebih murah dengan fitur unggulan yang 11-12. Masing-masing punya kelebihan-kekurangan, namun ada perbedaan harga hampir 20 juta di situ.

12. Vespa &ย Piaggio: Harga mulai 30 jutaan

Vespa Primavera punya bagasi besar

Gak sedikit ya pilihan motor skutik yang stylist bergaya retro modern dari Vespa atau Piaggio, dua nama yang tak bisa dipisahkan karena Vespa diproduksi oleh Piaggio.

Bagasinya juga gede-gede untuk dimensi motor yang biasa saja. Begitu juga kapasitas tangkinya.ย Vespa Primavera misalnya yang dibanderol 39.5 juta, itu bisa memuat helm full-face, gede bro. Tangkinya saja 8.5 liter.

Piaggio Medley motor matic kecil bagasi luas

Piaggio Medley lebih keren lagi bagasinya. Scooter harga 42 juta rupiah ini bisa muat dua helm half-face di bagasi bawah joknya yang berkapasitas 36 liter.

Bagasi Piaggio Medley

Edyan gak tuh. Padahal dimensi motor matic ini biasa-biasa saja. Orang Eropa pinter-pinter emang ya kalau soal designing! Italy tak ada lawan soal ini.

14. Honda SH150i: Rp 39.9 juta

Motor matic bagasi luas SH

Kapasitas bagasi motor matic “mahal” Honda ini bisa muat helm full-face, namun melihat fotonya, tidak ada sisa ruang lagi. Matic premium ini masuk Indonesia buat gaya-gayaan aja mungkin, tapi laku juga kok, dikit.

Bagasi matic Honda mahal

Peruntukan SH150i untuk dataran Eropa, gak aneh kalau fitur-fitur matic ini juga mewah-mewah, termasuk tangki BBM yang juga besar dibanding dimensinya.

Tapi di area ini sepertinya orang akan lebih pilih Vespa/Piaggio yang punya harga serupa namun “image” yang lebih terasa.

15. Yamaha TMax: Rp 319 juta

Motor matic bagasi besar TMAX

Oke, ini adalah Moge versi Matic, jadi harganya juga Moge banget. Pakai Upside down fork masbrooo… Mesinnya 530cc. Pakai ini di Jakarta pada minggir dah pasukan matic kecil.

Bagasi Yamaha TMax

Soal bagasi, sepertinya malah gedean XMax ya, tapi muat sih dua helm. Tapi tak ada sisa ruang luas lagi, tidak seperti adiknya. Saya bahkan tak yakin helm full-face bisa muat dua juga.


Itu dia 15+++ (belum bahas Vespa/Piaggio satu persatu) pilihan motor matic dengan bagasi luas, besar, gede, lega… Muat setidaknya satu helm half-face, sebagian satu helm full-face, dan bahkan dua helm full-face.

Motor Matic bagasi besar lega luas gede muat helm
Lama-lama saya naksir beud…

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis helm yang sama-sama half-face, atau sama-sama full-face akan pasti masuk ke bagasi motor-motor di atas ya. Karena semua tergantung model helmnya. Jadi, kalau mau beli motor yang bisa memuat helm kesayangan kalian, bawa saja helm-nya ke dealer, test dulu ๐Ÿ˜€

Atau, ya kalau mau beli helm, ukur dulu masuk apa enggak ke bagasi motor matic berbagasi besar milik kalian.

Baiklah semoga bisa membantu dan selamat berburu…

LEAVE A REPLY