Indonesia adalah pasar untuk industri otomotif yang sangat potensial, terutama untuk kendaraan roda dua. Hampir setiap tahun selalu ada motor baru yang dirilis oleh pabrikan ke pasar. Harga motor dari waktu ke waktu pun selalu berada di angka yang cukup tinggi. Namun siapa sangka, di balik prospek cerah industri otomotif roda dua ini ternyata membuka peluang usaha baru. Usaha ini adalah jual beli motor bekas dan aksesorisnya.

Membeli sepeda motor second adalah alternatif bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan namun terbatas pada budget. Bekas bukan berarti tidak berkualitas, sebab tidak sedikit orang yang memilih untuk membeli motor bekas namun relatif masih baru (usia kendaraan di bawah lima tahun). Ada juga yang memilih motor bekas karena ingin mencoba kendaraan jenis tertentu, seperti motor sport, namun dengan harga yang miring. Dari beberapa alasan yang sudah disebutkan tadi, berikut ini beberapa hal yang menjadikan usaha jual beli motor bekas menjadi pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh.

Pasar

Pasar jual beli kendaraan bermotor, khususnya roda dua, bisa dibilang merupakan pasar yang tidak pernah lesu. Meskipun harga-harga kebutuhan pokok terus meningkat namun sebagian orang tetap berusaha menyisihkan pendapatannya agar bisa memiliki sepeda motor. Bagi mereka yang mampu, membeli sepeda motor baru adalah pilihan utama. Sedangkan bagi yang terbatas dana, membeli motor bekas untuk menunjang aktivitas sehari-hari sering kali menjadi pilihan. Pasar pembeli yang menggemari segmen ini pun cukup ramai. Selain membeli untuk aktivitas sehari-hari, ada juga yang membeli untuk keperluan modifikasi atau untuk mencoba kendaraan roda dua jenis tertentu.

Margin Harga

Di antara keuntungan dari menjalankan usaha jual beli motor kondisi bekas ada pada margin harga. Pada motor-motor baru, margin harga yang ditetapkan sangatlah terbatas karena antar pabrikan produsen sepeda motor yang saling bersaing ketat dalam menawarkan produknya. Hal ini berbeda dengan motor bekas, di mana margin harga bisa sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor. Penjual yang memiliki pengetahuan mendalam tentang sepeda motor ditambah dengan skill jualan yang bagus bisa meyakinkan pembeli untuk membeli motor bekas walaupun dengan harga yang agak tinggi. Sekali lagi karena bekas bukan berarti tidak berkualitas. Bahkan dengan menambahkan sedikit aksesoris motor pada kendaraan, bisa menaikkan harga jual daripada kendaraan yang dibiarkan dalam kondisi standar.

Aksesoris Nmax dan PCX keren

Modal

Di era digital seperti sekarang, alternatif bagi calon pengusaha yang memiliki keterbatasan dana sudah jauh lebih banyak dibandingkan dengan zaman dahulu. Termasuk untuk pengusaha yang ingin memulai usaha jual beli motor bekas. Dahulu, orang yang ingin membuka usaha ini harus memiliki modal yang cukup untuk bisa membuka dealer. Minimal dia harus menyiapkan lokasi untuk showroom dan membeli beberapa buah kendaraan untuk dipajang. Semakin bagus showroom yang disediakan dan semakin lengkap koleksi sepeda motor yang dimiliki maka akan semakin besar peluangnya untuk mendapatkan pembeli. Namun ini bukan berarti tanpa resiko, karena modal besar dan cara menjual secara konvensional belum tentu bisa menghasilkan dalam waktu singkat.

Hari ini, kita bisa memanfaatkan internet sebagai showroom digital. Dengan modal yang relatif lebih sedikit kita bisa mengakses potensi pasar yang sama atau bahkan jauh lebih luas dibandingkan dengan pengusaha yang memiliki dealer. Sedangkan untuk koleksi kendaraan yang akan dijual, selain menyediakan sendiri, kita juga bisa menjadi makelar motor bekas yang mampu menyediakan berbagai jenis kendaraan yang diinginkan oleh calon pembeli.

Diantara cara paling mudah untuk memulai usaha ini adalah dengan memanfaatkan Bukalapak sebagai tempat untuk melakukan aktivitas jual beli. Di Bukalapak tersedia banyak motor bekas berkualitas dan juga aksesoris motor yang bisa kita beli untuk dijual kembali atau menjadi perantara bagi calon pembeli yang sedang mencari kendaraan bermotor. Manfaatkan internet hari ini untuk aktivitas jual beli motor bekas yang menguntungkan hanya di Bukalapak.

LEAVE A REPLY