Saat awal diluncurkan, harga Xiaomi Mi5 dibanderol di kisaran 5 jutaan. Kini, dengan uang tak sampai 2 juta pun kita bisa bawa pulang ponsel flagship Xiaomi ini.

Ya memang, ini flagship jadul. Alias sudah ada 2 generasi setelahnya, setidaknya ada Mi6 dan Mi8 yang menjadi flagship penerus.

Namun Xiaomi Mi5 ini bisa menjadi pilihan HP Android terbaik harga 1 jutaan, kok bisa?

Alasan pertama, tentu saja karena chipset yang masih powerful.

Snapdragon 820 yang digunakan, masih punya power di atas chipset menengah saat ini, misalnya SD636 atau SD660. Benchmark AnTuTu untuk Xiaomi Mi5 Snapdragon 820 ada di kisaran 135 ribuan. Sedangkan SD636 masih di kisaran 116 ribuan. Tentu chipset terbaru membawa beberapa fitur lebih up-to-date, namun yang dimiliki SD820 juga lebih dari cukup.

Alasan kedua, fitur kamera superb. Tentu jika dibandingkan smartphone harga 1-2 jutaan saat ini. Bahkan dibanding smartphone harga 4 jutaan, saya kok rasanya akan ngejagoin punya Mi5 ya, OIS juga nempel di situ.

Ketiga, build quality! Ponsel flagship tentu ngebikinnya gak main-main. Material kelas atas dengan desain cukup keren. Meskipun harus diakui, ratio layar jadul sudah tidak kekinian yang ala-ala fullview. Well, saya tak butuh ratio fullview, so there is no problem.

Xiaomi Mi5 2018 HP Android terbaik harga 1 jutaan dibawah 2 juta

Keempat, Komponen fitur juga kelas kakap. Misalnya specs WiFi, atau contoh simpell; kualitas layarnya, dan berbagai komponen di dalamnya, sudah seharusnya masih lebih baik dari ponsel harga 3 jutaan saat ini sekalipun.

Lima, daya tahan! tahan banting maksudnya. Tapi saya tidak bisa menggaransi ini. Namun dari pengalaman saya, ponsel seri flagship dari Xiaomi punya durability sangat baik. Tentu bisa rusak, namun relatif lebih tangguh dibanding seri di bawahnya, meski harganya sudah setara.

Meski mungkin banyak yang ingin saya katakan, namun inti dari ponsel flagship (mantan) bagi saya adalah performa yang masih bertenaga, fitur berkualitas, namun dengan harga yang sudah sangat terjangkau!

Jika saya butuh ponsel android keren dengan budget 1 jutaan atau dibawah 2 juta, saya yakin sekali akan ambil Xiaomi Mi5.

Berapa harga Xiaomi Mi5 di tahun 2018 ini?

Ngecek harga Xiaomi Mi5, ternyata ada di kisaran Rp 1.65 jt sampai 1.8 jutaan, itu untuk versi 32GB/3GB. Seperti gen sebelumnya, mantan flagship Xiaomi yang masih dijual itu biasanya versi terendah.

Xiaomi Mi5 2018 layakkah dibeli

Dan kekurangan Xiaomi Mi5 ini antara lain; Tidak punya slot microSD untuk ekspansi kapasitas penyimpanan. Mungkin ini bisa menjadi faktor penurun minat anda, namun sebenarnya ada solusi praktis, yakni pakai USB OTG untuk back up.

Kekurangan berikutnya adalah tidak punya dual-camera yang bisa bikin foto dengan efek-efek ngeblur. Berita baiknya, aperture Mi5 yang cukup lebar sebenarnya masih memungkinkan untuk dapat blur di background, namun biasanya hanya ketika foto makro.

Kekurangan lagi dari Xiaomi Mi5 di 2018 ini, yang gak penting banget, adalah layar belum ratio fullview, masih 9:16. Tapi selain hanya untuk estetika desain, saya tak begitu menangkap manfaat perubahan ratio layar smartphone.

Oke, cukup. Seperti apa spesifikasi Mi5? Untuk mengingatkan mari kita ungkap lagi.

  • LAYAR IPS LCD 5.15 inch 1080 x 1920 piksel dengan Corning Gorilla Glass 4.
  • MATERIAL kaca depan belakang dengan frame metal.
  • OS Android Marshmallow, upgradable to Andoid 8 Oreo.
  • CPU Qualcomm Snapdragon 820 (14nm), Quad-core, 2x 1.8 GHz & 2x 1.36 Ghz.
  • GPU Adreno 530
  • MEMORY RAM 3GB, ROM 32GB (Standard)
  • KAMERA belakang 16 MP f/2.0, 4-axis OIS, PDAF, 2160p@30fps video.
  • KAMERA depan 4 MP f/2.0, 1080p video.
  • CONNECTIVITY: WiFi a/b/g/n/ac Dual-band, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, NFC, Infrared, USB Type-C port
  • FEATURES: Fingerprint sensor, LTE
  • BATERAI 3000mAh, Quick Charge 3.0.

Gimana? Menarik sekali bukan? Dengan harga 1 jutaan bisa dapet specs kelas flagship meskipun mantan.

Jadi, kesimpulannya; jangan beli Xiaomi Mi5, biar saya saja yang beli. 😀 HP murah berkualitas ini!

LEAVE A REPLY