Meski W800 dan CB650R tidak berada dalam satu kelas, tetap saja, harga keduanya mirip di Tanah Air.

Ya, kita belum tau harga CB650R berapa, tapi motor ini konon berbasis CB650F meski desainnya hampir berubah total, kini CB650R menggunakan bahasa desain retro terbarunya Honda, Cuakep pake Buanget.

Harga CB650F di Indonesia saat ini di angka Rp 235 jutaan. Sedangkan W800 yang lama harganya Rp 250 jutaan.

Baik CB650R ataupun W800 terbaru mungkin akan dibanderol lebih mahal dari harga sekarang, namun jika ternyata harganya tak jauh berbeda antar keduanya, mana yang kalian pilih bro?

Saya yakin sudah pada tau kalau W800 punya mesin SOHC dua silinder berpendingin udara. Kompresinya rendah banget, tenaga maksimal hanya 47 PS dengan torsi maksimum 60 Nm.

Honda CB650R 2019 vs Kawasaki W800 2019
CB650R vs W800 2019

Sedangkan CB650F (dan mungkin CB650R) pakai mesin 4 silinder DOHC, Liquid-cooled, mengeluarkan tenaga 67 kW atau sekitar 91 ps, dengan torsi 64 Nm.

Kenapa dengan perbedaan tenaga begitu jauh, tapi torsinya hampir sama? Itu karena kapasitas mesin W800 mencapai 773 cc sedangkan CB650F kapasitas mesinnya 649 cc.

Dan hebatnya mesin W800, torsi maksimal didapat di rpm 2500 saja, bandingkan dengan CB650F yang harus diplintir hingga 8000 rpm baru dapat torsi maksimum tsb. Kebayang kan betapa nikmatnya ngebawa W800 buat touring? 😀

Tapi ada satu kelebihan CB650F dan CB650R yang tak dimiliki W800; suara mesin 4 cyl mau gimana-gimana juga lebih gahar sih buat telinga elmuha. Halus memang, tapi tetap saja, it’s 4 cyl.

Honda CB650R 2019

Jadi gimana bro, pilih mana nih?!

Kalau saya, well… dua motor yang berbeda, satu enak buat cruising, satunya enak buat bawa kenceng. Jadi target dua motor ini jelas berbeda. Sayang… harganya gak beda jauh. Jadi kalau saya suruh milih satu aja, hmmm…. saya mesti sholat istikhoroh dulu bro 😀

Dua motor ganteng yang ngebawa konsep retro, bedanya, satu retro beneran klasik, satunya retro modern.

Kawasaki W800 Cafe 2019

W800 2019 yang Cafe bener-bener menggoda iman, sementara CB650R, mungkin sekarang memang cuakep, tapi entah dengan satu tahun berikutnya.

Jadi kalau harganya sama, sepertinya W800 lebih menggoda untuk dipinang dengan Bismillah.. Lebih awet beauty-nya. Piye, setuju ora bro??

LEAVE A REPLY