Tidak seperti di negara lain, mobil-mobil yang beredar di Indonesia tergolong biasa-biasa saja ukurannya.

MPV keluarga paling besar; hanya ada Hyundai H1 bukan?!  Hiace yang lega itu juga lebih cocok untuk menjadi mobil travel dibanding mobil keluarga.

Saya kira salah satu penyebab hal ini adalah karena ukuran badan orang kita yang compact juga, tidak besar seperti orang Ausie atau Amrik.

Nah, untuk implementasi ide terpendam saya, maka yang dibutuhkan adalah mobil selega-leganya, seboxy-boxynya. Ada apa aja sih mobil lega di Tanah Air?

Coba kita listing sederhana dulu;

  1. Daihatsu Grand Max Mini bus
  2. Daihatsu Luxio
  3. Suzuki APV Mini bus
  4. Toyota NAV1
  5. Toyota Voxy
  6. Toyota Alphard/ Vellfire
  7. Toyota Hiace
  8. Toyota Sienta (Small boxy)
  9. Honda Freed (Small boxy)
  10. Isuzu Elf
  11. Mitsubishi L300 Mini bus
  12. Mitsubishi Delica
  13. Nissan Elgrand
  14. Nissan Serena
  15. Nissan Evalia (Small boxy)
  16. Hyundai H1
  17. VW Combi
  18. VW Transporter
  19. KIA Pregio
  20. Mercedes-Benz V-Class
  21. Mazda Biante
  22. Ada yang mau menambahkan?

Oke, dari semua pilihan di atas, ada 5 yang lolos sertifikasi, macam guru saja yah…

Toyota Alphard/ Vellfire: Harga bekas untuk generasi yang sebelum sekarang mulai 300 jutaan untuk tahun-tahun 2008-2011. Kekurangan mungkin ground clearance yang relatif rendah, gak aman untuk luar kota keluar toll. Generasi pertama di Indo, harganya sudah 100 jutaan, oke juga sih. Paling harus keluar dana lebih untuk penggantian spare part yang aus.

Daihatsu Luxio: Harga bekas yang matic kisaran 120an juta rupiah tahun-tahun 2012an. Mobil ini jelas boxy, lega, banyak dipakai jadi armada perusahaan ekspedisi, yang Grand Max maksudnya. Kekurangan mungkin ketebalan body yang “hemat” serta suspensi yang keras pake banget.

Mitsubishi Delica: Harga bekas sekitar 250 jutaan tahun 2012. MPV paling tangguh sekaligus agak sporty. Kekurangan mungkin pada mesin yang kurang besar tapi katanya performa sih cukup.

Nissan Serena: Mobil nyaman yang harganya terjangkau, bekas maksudnya. Mulai 100 jutaan bisa dapat tahun2 2010an.. Palingan ganti kaki-kaki saja karena suspensi nyaman biasanya jadi cepet minta ganti juga sih.

Hyundai H1: MPV keluarga paling gede tapi katanya masih kurang gede buat mobil travel. Elf dan Hiace mungkin jadi pilihan lebih menarik bagi mereka. Kekurangan H1 apa ya, gede doang si, cuma gede kan bisa jadi kelebihan juga ya. Mesin yang bensin jelas boros membawa body segede itu. Yang diesel gak irit-irit amat tapi bisa pakai Solar kan jadi irit banget sih. Harga bekas H1 yang bensin mulai 120an juta udah ada loh, generasi 10 tahun lalu. Sedangkan versi diesel, mulai 160an juta untuk tahun yang sama. Tahun 2010an harganya kisaran 200 juta, Diesel.

5 Mobil yang saya pilih itu alasannya karena lebih apa ya… lebih pantes aja gitu..

Tentu pilihan selain 5 ini mungkin jauh lebih menarik dan lebih cocok untuk anda. Intinya sih, pilih mobil mah yang sesuai selera ya gak?

Lalu, kok itu ngebahas harganya cuma yang bekas-bekas?

Ya karena yang baru muahal rek 😀 Cuma Luxio aja yang masih 200an juta. Yang lain minimal sudah di atas 400 juta, bahkan lebih dari 1M, itu yang mobilnya para artis. Sekian semoga berguna.

LEAVE A REPLY