Yamaha LEXi belum lama ini mendapat penghargaan sebagai Motorcycle of the year 2018 oleh salah satu media otomotif terkemuka di Tanah Air.

Sebuah penghargaan yang patut dihormati di kalangan pecinta roda dua.

Namun, apakah layak seekor Yamaha LEXi ini mendapat award tersebut? Apa saja kelebihan Yamaha LEXi dibanding para rivalnya sehingga menjadi motor terbaik secara keseluruhan di tahun ini?

Jika ada satu kata yang pantas saya sematkan untuk Yamaha LEXi, maka IDEAL adalah yang paling tepat.

Namun, makna ideal sendiri akan berbeda untuk masing-masing orang. Mungkin Yamaha LEXi berhasil menggabungkan berbagai kelebihan dari beberapa jenis motor matik sehingga tercipta sebuah karya yang IDEAL ini?

Lets check that out!

lexi dari samping

#DESAIN LEXi

Kalau melihat di foto, saya kira banyak orang akan mengatakan; ANEH. Termasuk saya.

Namun ketika bertemu aslinya, kesan aneh langsung sirna seketika, berubah menjadi; ELEGANT.

Ya, dimensi Yamaha LEXi memang tidak sekecil rivalnya, agak besar namun tidak sebesar kakaknya. Sangat pas untuk menggabungkan antara kepraktisan dengan kemewahan sebuah motor matic. Ergonomi juga mirip kakaknya, nyaman untuk jarak jauh sekalipun.

Lexi S dengan shock tabung

Jangan ditanya soal kualitas body, Yamaha LEXi ini jempolan kalau soal ini. Tersedia 5 varian warna untuk dua tipe LEXi. Yamaha LEXi standar ada warna merah doff, abu2 doff, dan putih. Sedangkan untuk LEXi S tersedia warna biru doff, bronze, dan abu2 doff.

#FITUR LEXi

Berbagai fitur ala motor matic ada di motor ini, sangat banyak. Mari coba kita buat daftarnya;

  • Ergonomi kaki bisa selonjoran, dek rata
  • Electric power socket untuk charging gadget
  • Bagasi 12.8 l, bisa muat helm bawaan LEXi
  • Hazard lamp untuk kondisi emergency
  • Stops Start System (SSS) untuk efisiensi
  • Smart lock agar motor tidak mundur saat parkir di kondisi tidak rata
  • Stand side switch, tak ada cerita “bang standarnya bang!!!”
  • Mesin Blue core 125 cc dengan VVA (variable valve)
  • Smart Motor Generator, start motor halus gak berisik
  • Speedometer digital
  • LED headlights, terang dan efisien
  • Ban tubeless, lebih aman
  • Suspensi belakang dengan tabung (sub-tank) untuk LEXi tipe S, nyaman dan stabil.
  • Smart Key system untuk LEXi S

Mengulik fitur-fitur unggulan Yamaha LEXi, jelas bahwa motor ini adalah perwujudan antara kemewahan sebuah Maxi Scooter dengan kompromi kepraktisan yang dipertahankan, seperti dek rata, serta dimensi lebih compact dan ringan.

Untuk sebuah matic harian, fitur LEXi sudah sangat lengkap tanpa kekurangan berarti.

#SPESIFIKASI LEXi

Yang perlu digarisbawahi antara lain; power mesin yang mencapai 8.75 kW pada 8000 rpm, serta torsi 11.3 Nm pada 7000 rpm. Power tsb berasal dari mesin 124.7 cc SOHC yang juga dibekali VVA, nendang di putaran menengah-atas. Putaran bawah juga kencang sesuai standar 125cc.

LEXi memiliki dimensi panjang 1970 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1135 mm. Jarak sumbu rodanya 1350 mm sehingga masih cukup lincah dan jelas lebih stabil untuk high speed dibanding rivalnya. Jarak terendah ke tanah 133 mm, tergolong standar matic. Bobot LEXi ini juga hanya 112 kg, identik dengan Vario 150.

Tinggi tempat duduknya 785 mm, tidak terlalu rendah sehingga yang tinggi badan di bawah 165 cm kemungkinan masih akan jinjit. Tak perlu masalah karena bobot LEXi tergolong ringan.

Dikarenakan pakai dek rata, tangki bensin ada di bawah jok, tidak di depan seperti MAXi lainnya, kapasitas 4.2 l tergolong standar saja.

Komponen pengereman yang digunakan LEXi adalah cakram di depan dan tromol di belakang. Dengan komponen tsb, LEXi bisa sangat mudah diberhentikan, apalagi seperti khasnya sebuah motor Yamaha; remnya pakem. Ban yang digunakan juga cukup lebar, 90/90 di depan, 100/90 di belakang. Keduanya pakai ring 14 inch.

Soal specs, tidak ada kekurangan signifikan pada Yamaha LEXi. Semuanya ideal dan lengkap sesuai standar minimum yang kekinian.

Seperti konsepnya, Yamaha LEXi adalah MAXi matic yang paling kecil di keluarganya. Desain luar mewah, fitur-fitur MAXi sebagian masuk ke LEXi, namun keunggulan matic kecil juga masih diadopsi motor ini. Kombinasi yang hampir sempurna untuk sebuah motor harian yang elegan dan berwibawa berkat konsep desain yang cukup mewah di kelasnya.

Dari semua kelebihan yang dimiliki Yamaha LEXi, sepertinya kita harus setuju untuk menjadikan motor ini sebagai Motorcycle of the year, tidak ada rivalnya yang menyamai apa yang ditawarkan LEXi.

Harga OTR LEXi saat ini; Rp 19.950.000 (std), Rp 22.800.000 (LEXi S)

Meskipun kalau saya disuruh memilih motor mana yang paling favorit di 2018, saya akan vote untuk Yamaha MT-15, sayang… motor ini belum dirilis di Tanah Air hingga detik ini 🙂 Peace out!

LEAVE A REPLY