Diulik oleh wak haji Taufik, kini kita bisa tahu jelas seperti apa kira-kira desain the All New Yamaha R25, atau mungkin masbro lebih suka menyebutnya…. sekedar facelift?

Meski ada gembar-gembor berdasarkan foto spyshot saat R25 terbaru dites di jalanan, bahwa buritan gak beda dengan the current R25, elmuha memutuskan untuk tidak langsung percaya. Karena… ya kurang masuk akal aja, ketika semua seri menggunakan desain buritan ala R1, mosok iyo R25 yang kelasnya bukan paling bawah, gak ikutan pakai desain tsb?!

Tapi, harapan elmuha sepertinya pupus… Meskipun.. Jujur saja, tidak terlalu kecewa juga sih, karena… menurut saya, desain buritan R25 yang meluncur sejak 2014, itu gak jelek.

Nah, mari sejenak kita pelototin gambar asli dari paten R25 yang didaftarin di luar negeri sono…

Yamaha R25 terbaru facelift all new 2019Bagaimana pendapat saya?

Emang penting?! Sapa juga yang mau denger pendapat gw ya kan, hahaha….

Oke, ini suara hati saya saat melihat foto paten R25 2019 di atas…

Uhm…. Gak jelek yang jelas… Semakin terlihat seperti motor sport sejati, alias desainnya semakin matang, garis patah-patah bikin keren dan modern, desain simpel di tameng depan juga tampak elegan, udah sih itu aja…

Lalu dibuatlah renderannya oleh para pahlawan kita.. salah satunya oleh Julak SenDie, mari kita tengok..

Render Yamaha R25 2019 oleh Julak sendie

Ahh… ini sama sekali gak jelek sih..

Ya memang, desain buritan, knalpot, crankcase, bahkan sampai velg dan itu apa namanya yang di footrest, hampir 100% sama ama yang current R25, tapi tetep aja, seperti saya katakan tadi, semakin kelihatan serius sebagai seekor motor sport.

Padat, ramping, dan mudah-mudahan lebih bertenaga mesinnya dibanding current R25, syukr2 bisa melebihi rivalnya, maka ini bisa menjadi motor dengan kombinasi sempurna?!

“Loh, tapi kan ada CBR250RR yang lebih lengkap fiturnya, dan lebih ganteng?!” kata fbh,

Iya emang, tapi desain itu soal selera, elmuha sendiri belum bisa 100% demen ama CBR250RR, makanya gak gw beli sampe sekarang…

Padahal kaga ada duitnya….

Saya pribadi condong untuk lebih menyukai desain R25 2019 di atas dibanding Ninja 250 All New kemarin.. Sedangkan dibanding CBR250RR, well… keren sih ni motor, yang warna abu gitu terutama, tapi apa ya… ada yang ngeganjel dengan motor ini..

Bagaimana dengan gosip bahwa ini R25 2019 yang bakal segera meluncur (mudah2an) hanyalah facelift semata, dan akan ada All New di 2019/2020?

Untuk yang ini, elmuha kurang sependapat ya…

Karena, siklus R25 itu memang sudah saatnya diganti baru, All New.. Meskipun sayangnya, ya bukan All New kalau melihat desain paten R25 2019 di atas.

Bagaimana jika ternyata hanya kamuflase?

Ini, elmuha agak berharap sih..

Terutama untuk beberapa hal ini;

  • Upside down fork, itu di foto paten terlihat kecil, mudah-mudahan nanti aslinya yang meluncur, lebih gede, aamiin.
  • Buritan ala YZF-R? Itu terserah dah… Tapi kalau iya, ya saya suka juga sih.
  • Mesin, setidaknya gak kalah dibanding All New Ninja 250 dan CBR250RR.

Udah itu aja…

Intinya, yang masih kurang dari R25 berdasarkan spyshot dan desain paten, hanyalah USD fork, dan buritan. Mesin meskipun crankcase sama, tapi elmuha yakin sih naik lah ya powernya.. Jangan malu2in nama YZF-R dong ah…

Soal Upside down fork… dari pinggir di foto paten, memang terlihat kecil, tapi coba lihat ini…

Desain Yamaha R25 2019 patenWow! itu besar saudara-saudara! Upside down fork-nya.

Sekali lagi saya katakan, desain R25 ini gak jelek sama sekali. Lebih ke… apa ya… matang.. simpel sporty elegan. Yang jelas sih lebih kalem dibanding current R25 yang terkesan gahar…

Meskipun sayangnya, kalau dari belakang, bagai melihat R25 tahun 2014…

Gosipnya R25 terbaru akan meluncur di IMOS 2018, akhir October sampai awal November 218 para pemirsaa.. Tapi… ada new MX dan next Xabre yang belum juga diluncurin, bisa jadi R25 bakal dirilisnya awal 2019 nanti :p

LEAVE A REPLY