Mobil double cabin atau lebih enak kita sebut D-cab truck, adalah jenis kendaraan yang menurut elmuha paling cakep!

Di Ausie, ini mobil disebut Ute, berarti Utilities, karena memang praktis banget. Bagasinya gede brur, d-cab punya ruang 1,5 meter persegi untuk baknya. haha.

Di Indonesia, karena ada perbedaan pajak untuk jenis kendaraan 4×4, maka seperti diduga, mobil ini kurang laku. Tapi sebenernya bukan hanya karena itu sih, karena kalau soal harga, sebenarnya orang Indonesia masih mampu banget.

Menurut saya, alasan mobil ini kurang laku adalah karena dimensinya yang panjang, serta diwajibkan ikut KIR!

Pernah lihat ada D-Cab masuk gang di daerah Bekasi, beuh… GEDE banget ternyata brur, haha.. Kalau di jalan raya sih tentunya biasa aja, banyak yang lebih gede soalnya.

Kalau saya perhatikan, di Riau itu surganya D-Cab, Ford Ranger dan Triton di mana-mana, banyak dah macam di Thailand.

D-Cab Terlaris Indonesia Triton
Off-road ready Triton HD-X D-Cab di Riau

Mungkin di Kalimantan juga banyak, tapi saya belum pernah menyaksikan secara langsung.

Alright,

Pernah penasaran gak sih seberapa besar penjualan D-Cab truck di Indonesia?

Ternyata gak banyak dibanding fans-nya.

Ya, fans D-Cab sih bejibun, tapi yang beli cuma secuil. Ya emang sih, harganya juga gak murah. Harga terendah untuk seekor D-Cab ada di kisaran 360 jutaan. Paling mahal di Indonesia ada Kolor si Ado, eh maksudnya Colorado, harganya 520 jutaan rupiah.

Colorado High Country Indonesia
Colorado High Country

Setelah menunggu bertahun-tahun, elmuha dapatkan datanya di media otomotif yang kalian pasti udah tau; berikut D-Cab terlaris dalam kurun Januari-Juli 2018. *Berdasarkan sumber dari Gaikindo.

Total penjualan selama 7 bulan: 9.414 unit

  1. 5.377 unit : Mitsubishi Triton
  2. 3.140 unit : Toyota Hilux (intip Hilux Orange)
  3. 586 unit : Nissan Navara
  4. 311 unit : Isuzu D-Max
D-Cab terlaris Indonesia Triton athlete white
Triton Athlete,

Ya, sangat tidak mengejutkan, posisi pertama, ada Triton yang menjadi D-Cab terlaris di Indonesia. Tanpa lihat data, saya yakin kalian semua sudah tau juga. D-Cab paling banyak berseliweran di Tanah Air, ya terutama di daerah yang ada perusahaan tambang, perkebunan, dsb.

D-cab terlaris Hilux D-Cab TRD White
Hilux TRD

Posisi dua, ada Hilux. Agak terkejut kalau yang ini… Karena ternyata perbedaan dengan Triton tidak sampai 2x lipatnya. Kirain tidak selaris itu 😀

D-cab terlaris Nissan Navara White
Navara Special Edition

Posisi 3, ternyata Navara. D-Cab paling kencang ini, setelah Colorado High Country. Penggunaan suspensi belakang yang pakai Coil Spring bikin Navara nyaman tapi gak tangguh untuk bawa beban berat.

D-cab terlaris Isuzu D-Max Special Edition
D-Max Beast

Posisi 4, ada D-Max dari Isuzu. Saya suka sih, tapi harganya relatif tinggi juga ya. Ini D-Cab pakai Chain Belt, katanya sangat-sangat awet dibanding Timing Belt.

Dari empat++ pilihan D-Cab di atas, yang paling elmuha impikan adalah, hmm… keempat-empatnya, haha.. malah plus 2 (Colorado and Ranger).

Tapi kalau dipaksa pilih satu, maka…. masih bingung juga. Triton atau Hilux ya…

Ah, dua-duanya deh. Satu buat di Sumatra, satu di Jawa, yooooi broooooo… aamiin dah!

Kalau Saat elmuha kaya banget, saya lebih pengen punya empat D-Cab di atas dibanding misalnya satu ekor mobil BMW Sport M series.

LEAVE A REPLY